Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Mudah Membuat Blog untuk Pembelajaran Online

Dengan memanfaatkan blog gratisan seorang guru dapat melaksanakan pembelajaran berbasis online. Dalam artikel ini admin BJGP-Rizal akan memanfaatkan blogspot sebagai media penyimpanan bahan ajar guru sehingga dapat diakses oleh seluruh siswa maupun guru. Artikel Mengelola Blog Sebagai Media Pembelajaran Online ini adalah seri Guru Go Blog.

Cara Membuat Blog untuk Pembelajaran atau Cara Membuat Website Mini untuk Pembelajaran Dengan adanya Metode Pembelajaran berbasis Online bagi para guru professional, yang akan datang saya yakin akan semakin banyak guru-guru membutuhkan pengetahuan dan akan tertarik untuk membuat blog, yang tujuannya sebagai media pembelajaran guru atau share tentang berbagai informasi seperti tentang dunia Pendidikan.

Ada banyak penyedia layanan blog gratis yang paling terkenal adalag blogger.com dan wordpress.com, karena saya pake blogger maka kita bahas Cara Membuat Blog untuk Pembelajaran atau Cara Membuat Website Mini untuk Pembelajaran dengan blogger.

Cara membuat blog langkah pertama

Silahkan kLIK blogger.com untuk masuk kemudian anda, anda akan melihat tampilan sebagai berikut :

Klik tombol buat blog atau Get Started, selanjutnya anda akan melanjutkanya pada langkah kedua ;

 

Cara membuat blog kedua

Setelah anda mengklik tombol buat blog anda akan menemukan form yang harus anda isi seluruhnya tampilanya sebagai berikut :

Ingat isi seluruh form diatas dengan lengkap sesuai permintaan. yang perlu anda perhatikan adalah sebelum anda membuat blog anda harus mempunyai email, anda bisa membuat email di yahoo atau gmail. Setelah selesai anda isi seluruhnya klik tombol lanjutkan.

Cara membuat blog ketiga

Pada langkah ini anda akan diminta memasukan judul blog anda dan alamat blog anda, tampilanya sebagai berikut :

Pada kolom judul blog isi judul blog yang anda inginkan misalnya Guru SMK Negeri 2 Tanjungbalai, kemudian pada kolom alamat blog isikan alamat blog anda misalnya belajarjadiguruprofessional sehingga alamat blog anda menjadi http://belajarjadiguruprofessional.blogspot.com, namun sebelum anda lanjutkan pada langkah berikutnya klik cek ketersediaan untuk mengetahui apakah alamat yang anda inginkan sudah dipakai orang lain atau belum, jika sudah dipakai anda harus mencari alamat lain. Jika alamat blog anda tersedia klik lanjutkan.

Cara membuat blog keempat

Pada step ini anda tinggal memilih theme atau templete untuk blog anda tampilanya sebagai berikut :

Pilih 1 templete yang anda suka, setelah itu klik lanjutnya, selesai blog anda siap anda gunakan, anda tinggal membuat tulisan atau posting di blog anda. Cara membuat posting di blog anda tidak sulit klik tombol dashboard di pojok kanan atas kemudian klik tombol new post dan anda siap menulis apapun di blog anda. Jika ada yang perlu anda tanyakan, tulis saja komentar di postingan saya.

Materi Cara membuat Blog untuk pembelajaran ini telah admin bjgp-rizal ramu dalam sebuah buku  yang bertitleMengelola Blog Sebagai Media Pembelajaran Online

 

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme