Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Dasar-dasar Suara Surround

Salah satu materi dari home theater adalah seputar audio. Lanjutan pembelajaran sinyal dasar audio merupakam Hal utama yang menentukan kualitas sebuah bioskop rumah adalah dari pengaturan televisi surround sound. Untuk mencapai sistem suara surround, dibutuhkan dua sampai tiga speaker ditempatkan di depan dan dua sampai tiga speaker ditempatkan di samping atau di belakang penonton. Sinyal audio dipisahkan menjadi multi-channel suara dari speaker sehingga informasi bervariasi dan berbeda. Suara-suara yang paling menonjol dari speaker depan. Ketika seseorang atau sesuatu untuk membuat kebisingan di sisi kiri layar, yang terdengar lebih dari speaker yang berada di sisi kiri layar. Ketika sesuatu terjadi di sisi kanan, akan terdengar lebih baik dari speaker yang berada di sisi kanan layar.

Speaker ketiga ditempatkan di bawah tengah atau di atas layar. Speaker flashlight sangat penting karena didukung suara dari speaker kiri dan kanan, ketika dimainkan semua dialog dan efek suara surround datang berasal dari layar televisi sehingga agak lebih baik daripada di samping.

Speaker yang akan bertemu di belakang memberikan variasi suara film seperti anjing menggonggong, gemericik air, suara pesawat terbang di atas. Speaker depan juga memberikan sensasi gerakan suara, mulai dari depan dan pindah ke belakang. Tapi bagaimana semua suara ini dipisahkan, ini adalah pekerjaan dari audio receiver / video, yang merupakan jantung dari bioskop rumah.

Untuk lebih lanjut mengenai suara surround akan dibahas mengenai :

  1. Konfigurasi  5.1 / 5 speaker + subwoofer
  2. Konfigurasi  6.1 / 6 speaker + subwoofer 
  3. Konfigurasi  7.1 / 7 speaker + subwoofer

Dalam melakukan konfigurasi hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas speaker surround yang digunakan. Semakin bagik spesifikasi speaker biasanya harganya juga lebih mahal. Sehingga speaker yang digunakan bukan hanya speaker biasa dengan besar tertentu tetapi tidak memenuhi syarat speaker. Dengan menggunakan dan memilih speaker subwoofer maka kualitas bioskop rumah kita semakin lebih berkualitas.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme