Keselamatan di Tempat Kerja

Selasa, Oktober 01, 2013
Keselamatan di Tempat Kerja adalah upaya untuk menghindarkan cara kerja yang tidak nyaman merupakan tanggung jawab semua pekerja yang bekerja di ruang kerja. Sebaliknya sikap yang tidak bertanggung jawab merupakan suatu tindakan yang merugikan baik bagi dirinya maupun bagi orang lain, Oleh karena itu di dalam bekerja setiap pekerja diwajibkan mengikuti persyaratan kerja yang telah ditetapkan.

Keselamatan Kerja adalah proses mawas diri / kehati-hatian dalam bekerja. Dalam keselamatan kerja yang perlu diperhatikan bukan hanya si pekerja saja yang harus terhindar dari kecelakaan tetapi meliputi : Orang yang bekerja, alat yang digunaka untuk bekerja, lingkungan disekitar kerja termasuk alam sekitar perlu di tanggulangi kebersihannya.

Misalnya dalam Keselamatan Kerja elektronika, ketika seseorang melakukan perbaikan atau perakitan maka dia harus memperhatikan keselamatan dirinya dari panas solder, uap solder, tegangan tinggi dan lainnya. Selain itu dalam bekerja dia juga harus memperhatikan alat yang digunakan untuk bekerja, jangan sampai alat meledak, terbakar/hangus karena kesalahan dalam proses perakitan/perbaikan. Keselamatan atas lingkungan kerja bisa mengamankan alat yang dapat membahayakan orang lain disekitar misalnya, stop kontak yang terbuka, solder yang terbengkalai, atau pelarut FeCl dibuang sesuka hati dapat menimbulkan kerusakan pada alam nantinya.  
Nekerja Sesuai Persayaratan kerja
Gambar . Pekerja yang Bekerja sesuai dengan Persyaratan Kerja
Tempat Kerja atau lingkungan kerja fisik menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya memaksimalkan terciptanya keselamatan yang tinggi.  Lingkungan yang bersih, sehat, teratur dan rapi merupakan syarat yang sangat menetukan keberhasilan kerja secara maksimal pula.
Lingkungan Kerja Bersih
Gambar . Lingkungan yang Bersih merupakan Persyaratan Kerja
Bersihnya lingkungan/tempat kerja, teratur dan tertib penataan peralatan/barang merupakan tanggung jawab setiap pekerja di bawah pengawasan petugas yang berwenang untuk itu, seperti pimpinan regu atau kelompok.
Penataan Alat Kerja
Gambar . Penataan Peralatan / barang  yang tertib dan teratur  merupakan
persyaratan kerja

Persyaratan Keselamatan Kerja dengan alat tangan 

Agar pekerjaan dengan alat-alat tangan memberikan tingkat Keselamatan kerja yang tinggi, maka persyaratan kerja harus diikuti, seperti:
  • Alat-alat tangan hanya boleh dipakai sesuai dengan pembuatannya (pakailah alat sesuai peruntukkannya).
  • Peralatan harus dibuat dari bahan berkualitas baik dan memenuhi keperluan pekerjaan yang memerlukannya.
Keselamatan kerja dengan tangan

  • Lampu atau penerangan tempat kerja merupakan persyaratan kerja yang tidak bisa diabaikan atau dianggap remeh baik oleh pimpinan perusahaan maupun pekerja. Penerangan yang memadai atau mecukupi akan menjadikan suasana kerja yang nyaman.  Dengan demikian kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja dapat dihindari.
Penerangan Lampu Kerja
Gambar . Lampu Penerangan yang Memadai dan Mendukung   merupakan
Persyaratan Kerja
Sumber : http://m-edukasi.net/online/
Cekgu Rizal
Judul: Keselamatan di Tempat Kerja
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yusrizal Rizal Pembelajaran Online Guru Elektronik
Anda sedang membaca artikel Keselamatan di Tempat Kerja. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://www.bjgp-rizal.com/2012/02/keselamatan-di-tempat-kerja.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih untuk meninggalkan komentar yang sesuai dengan topik artikel dan kamu telah mendapatkan backlink otomatis, manfaatkan untuk meningkatkan traffik blog kamu karena blog ini memiliki PR 2 dan Alexa yang ramping. Sedang Review : Cipto Junaedy Agen Bola, Metland Rumah Idaman Investasi Masa Depan, Video Terima Kasih Guru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...