Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Konfigurasi 7.1 / 7 speaker + subwoofer

Konfigurasi 7.1 / 7 speaker + subwoofer

Dolby Pro Logic IIx memiliki pemisah kanal untuk speaker belakang kanan dan kiri, lebih baik dari pemisahan satu kanal dan pengarahan ke dua speakers smurround. Sound system sebenarnya bagaimana membuat suatu home teater lengkap, namun pertama kali duduk di depan teater yang mungkin terkesan adalah televisi. Pada pembahasan berikutnya akan dibahas bagaimana televisi yang tepat untuk home teater.
Untuk lebih lanjut maka bisa kita lihat Konfigurasi  7.1 / 7 speaker + subwoofer melalui gambar ilustrasi dibawah ini :

Konfigurasi  7.1 / 7 speaker + subwoofer

6.1 Surround Sound

2x front stereo speakers 2x surround speakers

2x rear speakers 1x center speaker 1x subwoofer

also read : Dasar-dasar Suara Surround

Untuk movie freaks atau penggemar film layar lebar, menonton film keluaran terbaru di bioskop merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Bagaimana tidak? Sensasi suara dengan teknologi cinematic surround sound memberikan sebuah pengalaman menikmati film yang pastinya berbeda dengan saat menonton televisi di dalam rumah.
Untuk mendapatkan pengalaman yang serupa, tidak jarang pemilik rumah lalu membuat ruangan khusus di rumah sebagai home theatre. Selain layar yang lebih lebar, tentunya pemasangan sound system yang tepat juga semakin bisa memberikan sensasi menonton layaknya di bioskop yang canggih.

Salah satu merek penyedia sound system (sistem audio) untuk home theatre paling terkenal adalah Dolby. Brand ini boleh dibilang cukup juara dan tidak pernah berhenti dalam meluncurkan teknologi terbaru khusus untuk kualitas suara yang semakin memuaskan pemakainya.

Terlepas dari merek sound system (sistem audio) di home theatre di rumah Anda, ada 3 konfigurasi speaker atau pengeras suara yang umumnya sering kita dengar antara lain 5.1, 7.1 dan 9.1. Anda tidak perlu bingung dengan nomor- nomor tersebut, karena sebenarnya sangat gampang untuk mencari tahu arti di balik angka sound system tersebut.

Angka pertama adalah total jumlah pengeras suara yang ada sedangkan angka kedua ada jumlah subwoofer atau komponen frekuensi suara rendah (bass) yang akan digunakan di home theatre tersebut. Contohnya untuk angka Dolby 5.1, ini berarti ada total 5 speaker dan 1 subwoofer, dan selanjutnya.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme