Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Ramadhanku : Diklat PLPG di Padang

Inilah kisah Ramadhanku, aku tinggal di Sumatera Utara, Tanjungbalai tepatnya di pinggiran laut, seorang guru SMK teknik elektro Tanjungbalai disalah satu sekolah di Tanjungbalai. Kebiasaan di Tanjungbalai ini selama ramadhan berlangsung kegiatan belajar mengajar disekolah full kosong atau dengan kata lain libur total.

Ramadhan yang lalu aku hanya melakukan rutinitas biasa, sahur dan berbuka dengan keluarga, sholat taraweh dimalam hari, tadarussan dengan ahli mesjid yang lain dan pada sepuluh ramadhan terakhir melakukan i’tikaf dengan amalan agama dimesjid sekitar rumah.

Ramadhanku berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena aku mendapat jatah diklat sertifikasi guru tahun ini pada angkatan ke 8 rayon 106 di UNP Padang. Apa boleh dibuat, jadwal kegiatan yang menentukan adalah panitia rayon. Diklat sertifikasi guru yang dikenal dengan nama Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). PLPG dilaksaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Jumlah peserta PLPG angkatan 8 khusus jurusan teknik elektronika industri, teknik audio video, teknik mekatronika adalah sebanyak 17 guru, sedangkan jumlah keseluruhan peserta diklat angkatan 8 rayon 106 berjumlah sekitar 825 guru.

Diklat dimulai pada tanggal 4 agustus dan berakhir pada tanggal 13 agustus 2012. Walaupun dalam keadaan Ramadhan, pelatihan tetap dilakukan seperti biasa. Jadwal kegiatan dimulai jam 07.30 WIB s/d 17.30 WIB dengan diselingi break dan istirahat pada pukul 12.30 WIB s/d 14.00WIB.

Mengenai Blog, Ternyata ada di Materi PLPG

Kami di inapkan di Hotel Prima Jl. Ulak karang di Padang. Kegiatan diklat dilakukan di aula hotel tersebut selama 7 hari sedangkan 2 hari terakhir kami praktik di Universitas Negeri Padang (UNP) 15 menit dari hotel dengan angkutan umum. Instruktur yang bertugas membimbing dan memberikan materi adalah asesor yang telah memiliki NIA dan memiliki kompetensi sebagai instruktur.

Berbeda dengan istriku, ia PLPG di Universitas Negeri Medan, tidak perlu keluar propinsi untuk diklat. Tetapi untuk jurusan teknik elektro dan sejenisnya PLPG dilakukan di Universitas Negeri Padang. Ramadhan tahun ini, aku dipisahkan oleh Jarak antar propinsi SUMUT dan SUMBAR. Walaupun demikian kerinduan dengan keluarga bisa teratasi, menggunakan HP kita selalu bisa berhubungan, untuk sudah kenal Pojok Pulsa kita bisa order dengan rupiah yang ringan sehingga walaupun jauh aku tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di waktu-waktu yang luang.

Hari demi hari kita lalui, peserta diklat yang berasal dari berbagai daerah seperti Padang, Batam, Dumai, Aceh, Palembang dan Pekan Baru berbaur menjadi satu. Memiliki tekad yang kuat untuk sukses dengan nilai terbaik sehingga dengan pengorbanan kami yang telah meninggalkan keluarga di bulan ramadhan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tidak sia-sia. Sehingga dengan diklat yang kami peroleh kami dapat menerapkannya dalam lingkungan kerja kami di daerah masing-masing.

Hari-hari terakhir semakin melelahkan karena kami harus menyelesaikan berbagai tugas perangkat pembelajaran, bahkan untuk menyelesaikan tugas tersebut dihari-hari terakhir kami begadang sampai larut untuk menampilkan presentasi pembelajaran kami. Mudah-mudahan di pengumuman di bulan september kami mendapat hasil yang memuaskan, lulus dengan baik tidak ada kegagalan, amiin.

Aku pulang dihari H-5 lebaran, ke Medan dengan menggunakan pesawat melalui Bandara Internasional Minangkabau menuju Bandara Polonia Medan. Walaupun terjadi perubahan jadwal penerbangan yang awalnya berangkat jam 18.00 WIB delay sampai jam 20.30 WIB akhirnya aku sampai ke Medan sekitar jam 22.00 WIB.  Mudah-mudahan diklatku dibulan ramadhan ini menjadikan aku guru yang lebih professional.


BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme