Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

I’m Blogger : Bangga jadi Guru Blogger

Saya adalah Seorang Guru dan Seorang Blogger

Sebagai seorang guru yang aktif di dunia blogger yang ber kostume blogspot. Aktifitas ngeblog membuat profesi saya sebagai guru menjadi lebih elegan dimana tempat tugas saya, guru ngeblog masih suatu kejadian fenomental. Kalau dikota-kota besar istilah guru nge-blog mungkin sudah biasa di dengar oleh para netizen.

Belajar ngeblog saya mulai ketika tahun 2010 dengan belajar otodidak akibat terinspirasi dari blog rekan sesama guru di Tanjungbalai. Inspirator BJGP-Rizal dalam Nge-blog. Saat itu keinginan awal untuk ngeblog adalah bagaimana memiliki sebuah rumah maya dengan konten tentang pengalaman hidup dan teknik menghias blogger.

Belum lagi bendera guru nge-blog di kibarkan para guru blogger, dunia pendidikan mengistilahkan dengan media penyimpanan online. Wah, ternyata Nge-blog ada di materi Diklat Sertifikasi PLPG 2011. Saya sudah gila ngeblog walaupun konten artikel yang saya tulis tidak melulu tentang pendidikan. Blog saya pertama sekali adalah menggunakan domain gratisan yaitu blogspot.com sempat mendapat Page Rank 2 di google walaupun akhirnya turun kembali ke Page Rank 1 sampai sekarang (Saat ini PR sudah tidak berfungsi lagi). Hal ini karena saya telah memiliki blog yang baru dengan title BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik dengan domain berbayar yaitu www.bjgp-rizal.com.

Berbagai event tantang blogger saya rela ikuti untuk mengeksiskan blog saya di dunia perblogggeran tanah air. Sebut saja salah satunya adalah  adalah dalam event Blogilicious roadblog yang diadakan oleh idblognetwork di 7 kota besar di Indonesia di sepanjang tahun 2012 diantara 7 kota tersebut ada jadwal roadblog ke Medan. Nah, event ini yang saya tunggu-tunggu dari dulu karena kegiatan blogger untuk area Sumatera Utara minim sekali. Beruntung saya bisa hadir pada tanggal 22 – 23 September 2012.

Blogilicious adalah sebuah event seminar + workshop di 7 kota Indonesia  dengan target 200 blogger yang bertujuan untuk mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” yang nantinya akan menjadi ujung tombak pewarta positif (positive netizen) dalam dunia digital. Bebas konten porno, SARA dan negative lainnya seperti .

I’m Blogger : Bangga jadi Guru Blogger

Saya Bangga Jadi Blogger Berkat ngeblog ini berbagai prestasi telah saya rasakan. Puncak prestasi saya di dunia ngeblog untuk pembelajaran adalah di nobatkannya blog ini BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik ini sebagai Guraru Award 2012 salah satu event terbesar yang dipersembahkan ACER melalui situs resmi mereka di http://guraru.org yang biasanya dilaksanakan akhir tahun. Manfaat nge-blog memang luar biasa.

Pandangan orang yang menyatakan apa gunanya ngeblog sekarang bisa saya tepis dengan berbagai hal yang saya dapatkan melalui ngeblog ini. Ditambah lagi dengan ikutnya saya diberbagai ajang khusus blogger di event  Blogilicious tahun 2012 merupakan tempat berkumpulnya blogger dari berbagai daerah memberikan saya semangat untuk ngeblog bukan hanya untuk pembelajaran tetapi bagaimana ngeblog berpenghasilan jutaan rupiah.

Sejatinya, memang Ngeblog tidak untuk sebuah populeritas tetapi jika ditekuni hal itu akan datang dengan sendirinya dan ketika blog kamu telah diatas angin berbagai perusahaan akan mampir dan memberikan job sebagai penghasilan online tambahan kamu sebagai guru. Ditambah lagi jika kamu memiliki skill SEO (Search Engine Optimization) layaknya para master SEO maka seperti menangkap rezeki durian runtuh.

Tahun 2014 ini, Spirit guru ngeblog kembali bergaung dengan dikobarkannya Workshop Guru Ngeblog di berbagai daerah yang diprakarsai KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog). Berbagi dan menularkan virus blogger kepada sesama guru menjadi target dari komunitas ini. I’m Blogger : Bangga jadi Guru Blogger.

Dirilis ulang pada artikel sebelumnya dengan judul I’m a Teacher and I’m a Blogger mengenai kegiatan saya ikut di event Blogilicious roadblog 2012. Berikut ini artikel aslinya.

Semangat Blogilicious diangkat untuk menunjukkan Fun-nya nge-blog, Pentingnya nge-blog berkualitas sekaligus Delicious-nya hasil Nge-blog; Penuh dengan hadiah, dengan Rp. 20000,- mendapatkan sajian makan siang plus snack selama 2 hari di Amaliun Convention Hall Medan. Pulang diberi Souvenir, Baju Kaos plus Sertifikat lagi.

Topik menarik yang dibahas : Seminar  (Hari Pertama)

  1. Etika Blogging
  2. SEO (Search Engine Optimization) & Google Penguin Trend
  3. Sesi Edukasi  by Sponsor
  4. Mobile Blogging
  5. Socialmedia & Buzzing
  6. Blog Preneur
  7. Blog Monetizing

Workshop (Hari Kedua)

  • Writing : menulis positif dan berkualitas (dilakukan lomba review UseeTV)
  • Sesi PRODUCT KNOWLEDGE /AKTIVITAS by Sponsor
  • Design /Template Blog
  • Security : menghindari hacking, carding dan phreaking

Sebagai seorang Guru event ini saya rasakan sangat bermanfaat karena selain ajang silaturahmi juga menjadi bekal para guru untuk melek IT. Pembelajaran berbasis online yang digembor-gemborkan Pemerintah akan berhasil jika guru sudah memanfaatkan IT sebagai media pembelajaran. I’m Teacher, I’m Blogger

Foto bareng Blogger Binjai

Foto bareng Mas Kukuh TW dedengkot idblognetwork


Mas sponsor UseeTV


Bareng ma Panitia plus Host (heheh)

Foto bareng Blogger guru juga dari Parapat

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme