Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Hati-Hati, Ternyata Kontes SEO Melanggar TOS Google Adsense

seo
Sebelum kita membahas mengapa Kontes SEO Melanggar TOS Google Adsense, berikut ini kita akan kupas Apa Itu TOS dan SEO terlebih dahulu, Siapa tahu ada yang belum tahu. Mengingat banyaknya kontes SEO di akhir tahun 2012 dari hadiah yang kecil-kecilan berupa pulsa sampai hadiah yang jutaan rupiah sehingga menggiurkan para pemilik blog.

Ternyata tanpa disadari para blogger telah terjebak, apalagi blogger yang telah memiliki account google adsense yang sulit untuk di terima menjadi publisher, kan sayang ketika adsensenya di banned tanpa diketahui sebab musabanya. Semoga artikel berikut memberi pencerahan bagi kita semua.

  • Term of Services (TOS), adalah aturan-aturan yang disediakan oleh suatu program atau services sebuah layanan atau perusahaan untuk menggunakan layanan yang disediakan. Lalu, untukdapat menggunakan suatu layanan yang disediakan, anda harus menaati/mematuhi peraturan-peraturan yang telah disediakan
  • Misalnya anda ingin membuat sebuah account Google Adsense, Pasti pada saat sudah diterima anda harus menyutujui aturan-aturan yang harus dipatuhi (Term of Services). Jika anda melanggar aturan-aturan yang telah disediakan oleh pihak Google, anda akan ditolak untuk  mendapatkan account Google Adsense oleh Google.
  • Term of Services ini biasa terdapat pada layanan-layanan yang telah disediakan oleh sebuah perusahaan atau koorporasi atau bisa juga untuk bisa membuat sebuah account sebuah layanan. Tapi, anda harus berhati-hati dalam menyetujui Term of Services pada sebuah layanan. Bisa-bisa anda terjebak dalam peraturan yang bisa merugikan anda. Karena tidak semua layanan ada yang gratis dan tidak semua layanan berbuat baik terhadap pelanggannya.

SEO adalah Mengoptimalkan sebuah blog dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu agar dibanjiri pengunjung yang datang dari search engine.

Jenis kontes adalah kontroversial karena sering menyebabkan sejumlah besar spamming link sebagai peserta mencoba untuk meningkatkan peringkat halaman mereka dengan cara apapun yang tersedia

Jadi berhati-hatilah dalam mengikuti Kontes SEO yang sedang marak-maraknya pada akhir tahun 2012 ini. Terutama bagi website yang memiliki akun adsense karena berdasarkan pengamatan Kaspar Szymanski seorang anggota Team WebSpam Google di account Google Plus miliknya, berikut ini petikannya :

Sejak beberapa waktu yang lalu #Google #Search Quality telah mengamati kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) [http://goo.gl/7tTe6]. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para #webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi

Selain itu juga,menurut Kaspar yg membuat kontes SEO memiliki kecenderungan untuk melanggar TOS Google Adsense adalah karena penyelenggara kontes SEO kebanyakan cenderung mencari backlink, Review Alexa, melalui program yang diselenggarakannya untuk tujuan mendapatkan PageRank yang jelas-jelas melanggar Google Guidelines. SEO (Search Engine Optimization) pada awalnya ditujukan untuk meningkatkan online visibility dari sebuah website/weblog dengan kata kunci tertentu. Mesin pencari dalam hal ini google adalah sasarannya karena hampir semua orang menggunakan google untuk mencari informasi tertentu bahkan informasi yang amat spesifik sekalipun.

Nah dalam perkembangannya kemudian SEO ini diperlombakan. Tadinya untuk mencari tahu siapa webmaster yang paling jago mengoptimasi kata kunci tertentu. Kata kunci yang digunakan adalah kata kunci non riil alias tidak ada kaitannya dengan dunia nyata seperti: ”Sulumits Retsambew”, “redscowl bluesingsky“, “Oes Tsetnoc”, “loquine glupe“,  “Gogo2011 Kobamusaji”. Namun kontes SEO juga berkembang guna memasarkan produk atau jasa tertentu. Penyelenggara kontes menawarkan hadiah yang lumayan menggiurkan sebagai hadiah. Sebagai penyelenggara, mereka mendapatkan publisitas gratis, backlink dari mana-mana dan tentu saja hasil pencarian yang baik di mesin pencari.

Di lain pihak, peserta kontes SEO berupaya mati-matian mengoptimasi kata kunci yang diberikan penyelenggara. Kata kuncinya tidak jauh-jauh dari produk atau jasa yang ditawarkan si pembuat kontes. Tidak jarang cara-cara spam dan black hat digunakan untuk kegiatan ini. Google mengatakan jika kontes SEO dengan kata kunci riil seperti: “Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan” melanggar TOS Google Webmaster. Kata kunci riil adalah kata kunci yang dipergunakan sehari-hari oleh pengguna umum dalam kehidupan nyata.

Mengapa Kata kunci riil tidak diperbolehkan dalam kontes SEO ? Karena kata kunci tersebut berpotensi besar menyesatkan para pencari informasi yang tidak ada hubungannya dengan kontes tersebut. Ambil contoh kata kunci “Fortuner SUV Terbaik Penjelajah Tangguh”. Jika Pak Rizal ingin membeli sebuah sepeda motor dan mencari di google dengan kata kunci “Fortuner SUV Terbaik” maka hasil pencariannya tetap akan dipengaruhi oleh kata kunci dari kontes SEO tersebut, mengingat peserta yang mengoptimasi kata kuncinya ada ribuan orang. Gak percaya? Coba saja anda googling dengan kata kunci ini ”Toyota Fortuner Terbaik”, maka hasil penelusuran tersebut tidak akan jauh dari hasil kata kunci “Fortuner SUV Terbaik si Penjelajah Tangguh” betul bukan? itulah kenapa kontes SEO bisa mengganggu hasil pencarian di google.

Coba sekarang anda bayangkan jika hasil pencarian ini mendominasi dari halaman 1 – 10 yang semuanya bercerita tentang kehebatan sebuah motor merek tertentu saja, bagaimana mindset konsumen bisa dipengaruhi hanya gara-gara kata kunci tersebut.

Nah google gak mau yang seperti ini mendominasi hasil pencarian di laman mereka.

Saran Google adalah:

  • Hindari kontes SEO yang melanggar TOS Google Webmaster Guidelines
  • Penyelenggara kontes SEO tidak boleh menggunakan kata kunci riil
  • Gunakan teknik-teknik white hat SEO untuk optimasi
  • Tidak menggunakan segala cara terutama yang diharamkan Google (webspamming)
  • Selengkapnya tentang Google Webmaster Guidelines, klik disini

Bagaimana jika kita sudah terlanjur ikut? Apakah kita harus menghapus semua artikel Kontes SEO yang pernah kita ikuti? Menurut Kaspar, “Seharusnya tidak ada masalah jika Anda nofollow semua outlink yang ada di dalam post kontes SEO anda. Silakan lihat langsung disini ”. Oleh karena itu lewat artikel kali ini kita ingin memberikan masukan kepada para Adsenser, ada baiknya apabila ingin main adsense lebih baik pakai blog yang betul-betul masih orisinil alias belum pernah dipasang program penghasil uang lainnya. Agar posisi situs Adsense bisa lebih aman, Atau kalau mau ikut Kontes SEO buat blog baru yang tidak ada iklan account adsensenya, itu Tips kalau tetap mau ikut kontes.

Jadi apakah kontes SEO di Indonesia dilarang? Saya pikir tidak juga. Kontes-kontes SEO di masa depan tetap diperbolehkan asal ada pada jalur yang diinginkan oleh Google. Namun pasti ada saja penyelenggara yang coba-coba melanggar TOS ini. Karena itu perhatikan baik-baik kontes SEO apa yang anda ikuti jika tidak ingin ada masalah sama Google. Jangan sampai kita para Blogger diperbudak oleh kontes SEO jika kita tidak menang kita hanya mempromosikan produk mereka tanpa mendapat imbalan, dan bisa-bisa blog kita mendapat teguran dari google. Semoga artikel Hati-Hati, Ternyata Kontes SEO Melanggar TOS Google Adsense bemanfaat. 

Save

Save

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme