Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Layout PCB dan Tata Letak Komponen Rangkaian Inverter Sederhana

Rangkaian Elektronik – Kali ini kita akan berbagi bagaimana membuat sebuah inverter sederhana. Untuk mempermudah praktiknya saya sudah lengkapi dengan Layout PCB dan Tata Letak Komponen sehingga akan mempermudah bagi kamu yang ingin praktik. Sebenarnya rangkaian ini sudah saya ramu dalam sebuah buku kriya elektronik. Bagi kamu yang berminat bisa langsung menghubungi saya atau berkomentar di artikel ini.

Apa sebenarnya rangkaian Inverter itu ?

Skema Rangkaian Inverter adalah rangkaian pengubah tegangan DC (Directing Current) menjadi tegangan AC (Alternating Current). Walaupun hanya dapat menyalakan lampu maksimal 30 Watt tetapi rangkaian ini merupakan rangkaian pionir  dalam memanfaatkan tenaga listrik dengan menggunakan sebuah energi baterai basah atau accu.

Rangkaian Inverter yang paling umum adalah 12V ke 220V inverter. Mungkin hal itu karena baterai umumnya memiliki tegangan 12V. Rangkaian inverter ini biasanya menarik arus dari baterai 12 DC. Baterai ini harus dapat memberikan aliran arus yang cukup besar. Arus ini kemudian diubah menjadi 220 VAC alternatif berbentuk gelombang persegi sehingga kita bisa meggunakan peralatan listrik yang bekerja pada 220V dari sumber 12V.

Rangkaian Inverter
Skema Rangkaian Inverter

Dalam perakitan ini yang perlu diperhatikan adalah besar trafo CT yang digunakan, semakin besar trafo yang digunakan semakin baik daya yang dikeluarkan. Begitu pula baterai yang digunakan, semakin besar energi baterai maka semakin maksimal daya yang dikeluarkan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini saya lengkapi dengan gambar tata letak komponen dan lay out PCB untuk mempermudah bagi kamu elektronik pemula.

tata letak komponen inverter
Tata Letak Komponen rangkaian Inverter
layout pcb inverter
Lay Out PCB rangkaian Inverter

Nah, mudah-mudahan artikel khusus rangkaian elektronik Layout PCB dan Tata Letak Komponen Rangkaian Inverter kali ini bisa memberikan semangat bagi kamu yang doyan dengan praktik elektronika pemula khususnya bagi siswa-siswi SMK kejuruan teknik elektro di Indonesia terkhusus bagi siswa saya di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme