Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Pendidikan ala Rasulullah SAW

pendidikan ala rasulullah saw
Pendidikan sangat penting ditanamkan kepada generasi muda saat ini. Dengan Pendidikan diharapkan generasi muda memiliki skill dalam menjalani kehidupannya. Bagaimana cara Mendidik anak secara Sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ?!, Hadits berikut mungkin bisa menjadi pegangan bagi kita untuk mendidik selaku orang tua ataupun guru.
Sebuah hadits menyatakan “ Ajarilah anakkmu dengan bermain sampai umur 7 tahun, ajarilah mereka dengan disiplin dari umur 7 tahun sampai dengan 14 tahun, ajarilah mereka dengan berdialog dan jadikan teman dari umur 14 tahun sampai dengan 21 tahun “
Pakar Pendidikan memberikan 4 fase dalam mendidik anak :
  • 8 tahun sampai dengan 14 tahun anak di didik dengan disiplin
  • 15 tahun sampai dengan 21 tahun anak di didik dengan berteman
  • 21 tahun sampai ketas anak di didik dengan memberi kebebasan.
Pakar pendidikan mengemukakan metode ini dalam kurun waktu baru-baru ini. Tetapi metode ini telah disampaikan oleh Rasulullah SAW. jauh pada saat orang belum sibuk memikirkan metode dalam mendidik anak.
Dalam hal ini, yang perlu kita pahami adalah bagaimana cara mendidik anak dalam keluarga, ketika anak sudah baligh kita sudah wajib memerintahkan anak mengerjakan sholat. Jika tidak mau maka orang tua harus mengajar dengan disiplin seperti memberi hukuman kepada si anak. Oleh karena itu ketika anak sudah berusia 10 tahun anak belum mau sholat maka “pukul” anak dengan rotan sebagai niat untuk mendidik dan mendisiplinkan anak. Rasulullah juga bersabda :
dirahmatillah orang tua yang didalam rumahnya ada rotan untuk mendidik keluarga.  
Mudah-mudahan kita dapat meneladani kehidupan Rasulullah SAW. dalam setiap aspek kehidupan, sehingga kita tidak terjerumus dengan Paradigma ‘membiarkan’ anak ketika anak berbuat salah karena isu HAM. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amiin..

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme