Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Harga dan Prinsip Kerja Project Board atau BreadBoard

Project Board atau yang sering disebut sebagai BreadBoard adalah dasar konstruksi sebuah sirkuit elektronik dan merupakan prototipe dari suatu rangkaian elektronik. Di zaman modern istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada jenis tertentu dari papan tempat merangkai komponen, dimana papan ini tidak memerlukan proses menyolder (langsung tancap).

Dengan memanfaatkan breadboard, komponen-komponen elektronik yang dipakai tidak akan rusak dan dapat digunakan kembali untuk membuat rangkaian yang lain. Sehingga keuntungan menggunakan breadboard sebelum merakit adalah bisa uji coba rangkaian dan bongkar kembali komponen yang sudah diuji coba karena model colok cabut.

 

Fungsi dan Prinsip Kerja Papan Breadboard

Karena papan ini solderless alias tidak memerlukan solder sehingga dapat digunakan kembali, dan dengan demikian dapat digunakan untuk prototipe sementara serta membantu dalam bereksperimen desain sirkuit elektronika misalnya Rangkaian Flip-Flop, Rangkaian Lampu Disko. Berbagai sistem elektronik dapat di prototipekan dengan menggunakan breadboard, mulai dari sirkuit analog dan digital kecil sampai membuat unit pengolahan terpusat (CPU).
Secara umum Project Board memiliki jalur seperti berikut ini :

prinsip kerja project board

Penjelasan prinsip kerja bread board:

  • 2 Pasang jalur Atas dan bawah terhubung secara horisontal sampai ke bagian tengah dari breadboard. Biasanya jalur ini digunakan sebagai jalur power atau jalur sinyal yg umum digunakan seperti clock atau jalur komunikasi.
  • 5 lobang komponen di tengah merupakan tempat merangkai komponen. Jalur ke 5 lobang ini terhubung vertikal sampai bagian tengah dari breadboard.
  • Pembatas tengah breadboard biasanya digunakan sebagai tempat menancapkan komponen IC

Harga Papan Breadboard berdasarkan Jenis Breadboard

  • Solderless PCB Bread Board / Project Board GL12 dengan harga Rp. 30.000
    175 x 67 x 8 mm. Type ini yang sering digunakan di sekolah kejuruan dan sekolah saya di SMK Negeri 2 Tanjungbalai menggunakan breadboard ini. Masukkan komponen ke posisi yang anda inginkan secara vertikal, tanpa disolder. Dapat digunakan untuk transistor, diode, LED, resistor, capacitor dan bermacam-macam komponen lain. Memiliki hook untuk digabungkan dengan Project Board lain.

breadboard-840-points-solderless

  • Breadboard Hitam 47x35x8.5mm Black Bread Board 170 Pin Project Board Prototype di bandrol sebesar Rp. 12.300 rupiah. Breadboard Hitam 47x35x8.5mm 170 Pin. Memiliki konduktor dari tembaga sehingga kualitas konduktornya sangat baik & tidak mudah kendor. Sangat cocok untuk mecoba modul sebelum di integrasikan. Dapat dengan mudah dipasang pada Panel ataupun diatas robot sebagai modul tambahan. Untuk model breadboard ini banyak variannya berdasarkan warna seperti putih, merah dan hijau.

Black Bread Board 170 Pin

  • Breadboard SYB 130 760 pin dengan harga Rp. 16.500. Breadboard type ini dengan dimensi 12×65 baris adalah board yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara dengan tujuan uji coba atau prototipe TANPA HARUS MENYOLDER (fungsinya mirip dengan papan PCB). Spesifikasi Tipe: SYB-130 Ukuran: 188x46x8.5mm. Jumlah titik lobang: 760 (12 x 65 baris) SYB-130 Bread Board

Harga breadboard diatas mungkin bisa berubah berdasarkan daerah tempa tinggal kita. Sehingga semakin jauh dari kota harga biasanya juga semakin mahal.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme