Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

10 Cara Menjadi Guru yang Menyenangkan ala BJGP-Rizal

guru idealGuru Profesional – Menjadi guru yang menyenangkan bukan perkara mudah tapi juga tidak sulit, apalagi untuk siswa yang telah mulai beranjak dewasa selevel SMK ditambah lagi mata pelajaran yang diampu praktik seperti teknik audio video. Banyak cara tergantung guru dalam menguasai kelas. Jika tidak memiliki improvisasi dengan siswa maka kita bisa jadi seperti pepatah : anjing menggonggong kafilah berlalu. Dianggap oleh siswa sebagai ocehan yang tak berguna.

Tidak semua hari atau pertemuan bisa kita lakukan menyenangkan jika wejangannya itu-itu saja. Ibarat nasi goreng memang enak tapi jika setiap hari makannya nasi goreng bisa ke blinger. Saya juga selalu berusaha untuk tampil menyenangkan siswa walaupun tidak bisa setiap saat. Semangat dalam belajar, selalu berimprovisasi dengan siswa, mengembangkan diri dan tetap berinovasi.

Berikut ini 10 Cara Menjadi Guru yang Menyenangkan versi Guru Elektronik, mungkin bisa kamu mulai yaitu :

  1. Hindari NATO (No Action Talk Only). Siswa SMK cendrung tidak menyukai guru yang terlalu banyak teori, karena sifat siswa biasanya ingin bereksperimen langsung. Jadi berusahalah menjadi guru yang bisa memberi keingintahuan siswa dengan baik, caranya guru harus menguasai materi praktik terlebih dahulu.
  2. Buktikan kamu guru  yang memiliki skill sehingga harapan siswa untuk belajar dengan kamu semakin kuat.
  3. Hindari bahasa merendahkan siswa.
  4. Apresiasi, hargai setiap aktivitas siswa, beri point sebagai penambahan nilai.
  5. Jangan pelit dengan SMILE,
  6. Memotivasi siswa dengan cara yang baik dan bukan menyindir.
  7. Menggunakan humor pada tempat dan saat yang tepat.
  8. Mudah diajak berteman dalam berkomunikasi namun tetap dengan cara yang
    profesional.
  9. Penyabar dan berprasangka baik serta menganggap semua siswa sedang berproses. Hindari cap jelek yang sudah diterima oleh siswa tertentu.
  10. Dapatkan informasi yang sedang trend dikalangan siswa agar kamu tidak di kategorikan guru yang gaptek.

Itulah 10 tips dari saya sebagai guru elektronik yang sudah mengajar sejak tahun 2004 di pendidikan formal baik SMP, SMA maupun SMK. Mungkin dari rekan guru ada pengalaman lain bagaimana cara menjadi guru yang menyenangkan, boleh berbagi disini.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme