Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Contoh LJK UN 2014 dengan Barcode

UN 2013 Menggunakan Barcode

Setidaknya UJian berbasis komputer yang menggunakan kertas berbarcode dimulai sejak tahun 2013. Tahun ini 2014 kembali siswa setingkat SMA/SMK/Aliyah ujian nasional dengan menggunakan kertas dan soal bercode untuk menghindari kecurangan dalam ujian saat berlangsung.

Ujian Nasional 2014 ini tidak jauh beda dengan Ujian Nasional 2013, tetap menggunakan LJK Komputer. Hanya saja pada tahun 2014 ini soal ujian dengan LJK komputer telah menjadi satu yaitu terintegrasi di bagian belakang soal. LJK komputer di sobek dari belakang soal. Variasi soalnya juga lebih banyak dari tahun lalu, yaitu memiliki variasi soal sebanyak 20 soal yang berbeda. Sehingga masing-masing siswa memiliki soal yang berbeda-beda.

Dengan terjadinya perubahan Ujian Nasional 2014 ini banyak kalangan yang berprediksi UN tahun ini kemungkinan banyak siswa yang mengalami kegagalan atau tidak lulus. Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh
pemerintah untuk mengurangi tindak kecurangan selama UN berlangsung. Misalnya, dengan paket soal dan LJK UN yang dijadikan satu dengan sistem Barcode kemungkinan kecurangan akan dapat di minimalisir karena kode soalnya dalam bentuk Barcode. Sistem Barcode hanya dapat dibaca oleh alat khusus sehingga peserta UN tidak mengetahui kode soalnya sendiri kecuali oleh pemindai komputer.

Dengan metode soal ujian nasional dan lembar jawaban komputer yang terpadu menjadi satu ditambah lagi kode soal dalam bentuk barcode atau garis-garis maka siswa tidak lagi dapat berlaku curang dalam ujian nasional tahun 2014 ini.Sehingga apabila siswa tidak bekerja dengan prosedur kerja yang dianjurkan, besar kemungkinan belum lagi menjawab soal ujian, LJK UNnya sudah tidak valid karena kesalahan mengisi data.

Oleh karena itu siswa harus memahami betul bagaimana cara mengisi LJK UN sesuai dengan prosedur. Ujian Nasional memang merupakan dilema Pendidikan di Negeri ini.
Tetapi, walaupun demikian pepatah mengatakan : sepandai-pandai tuan rumah, sang pencuri lebih tahu lagi cara untuk masuk. minimal kecurangan UN 2014 dapat berkurang dibanding tahun sebelumnya. Kita lihat saja nanti bagaimana kejadiannya, hehehehe..

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme