Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Menghitung kode pada Induktor

Ujian Nasional semakin dekat maka persiapan demi persiapan sudah dilakukan pastinya. Diharapkan Soal Ujian Nasional khususnya uji kompetensi bagi siswa SMK nantinya dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya sehingga akan mendapat nilai diatas nilai kelulusan yang dicanangkan pemerintah.

Untuk melakukan persiapan tersebut, kembali admin bjgp-rizal mengupas tuntas mengenai materi seputar Ujian Nasional kejuruan teknik audio video yang sering muncul setiap tahunnya. Setelah kita bahas cara menghitung kode kapasitor beberapa waktu yang lalu, kali ini kita akan membahas mengenai nilai Induktor melalui kode yang tertera di body Induktor tersebut. Sekedar untuk diketahui sebenarnya induktor adalah sebuah lilitan dengan jumlah tertentu dengan satuan Henry. Jika dari pabrikan, sebuah induktor sudah dikemas dengan apik sehingga menyerupai sebuah kapasitor, biasanya induktor berwarna hijau. Bagaimana cara menghitung nilai induktor melalui kode ?!

Caranya sama seperti menghitung nilai kapasitor, tetapi kode ke 3 biasanya menandakan banyaknya jumlah koma nol. Apa maksudnya Koma Nol ? langsung aja lihat contoh berikut ini :

Maka besar nilai induktor tersebut adalah :

  • Tulis langsung digit pertama dan kedua sesuai dengan kode yang tertera yaitu 32
  • Selanjutnya digit ke tiga menandakan banyaknya jumlah koma nol, kode 3 berarti ditulis 0,001

  • Selanjutnya dikalikanĀ  : 32 x 0,001 maka hasilnya 0,032 Henry, untuk mengubah menjadi satuan miliHenry kamu harys melakukan perkalian dengan 1000 maka hasilnya menjadi 32 mH.

Gampang bukan, Cara Menghitung kode Induktor ?!

Sekedar untuk latihan coba kerjakan soal tentang menghitung Induktor dengan kode jika kode yang tertera pada body sebagai berikut :
a. 303
b. 432
c. 444
Jawab di kotak komentar …

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme