Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Gerbang Logika NOT

Gerbang Logika NOT (Gate Logic) merupakan dasar pembentuk sistem digital. Semua sistem digital disusun hanya menggunakan tiga gerbang Logika yaitu: NOT, AND dan OR. Gerbang logika beroperasi pada bilangan biner 1 dan 0 dan banyak digunakan dalam berbagai rangkaian Elektronik dengan sistem digital. Berkaitan dengan tegangan yang digunakan maka tegangan tinggi (High) berarti 1 dan tegangan rendah (Low) adalah 0. kondisi-kondisi ini telah diterangkan pada modul sistem bilangan sebelumnya.

Pada dasarnya semua sistem digital disusun hanya menggunakan tiga gerbang yaitu: NOT, AND dan OR. Tetapi jika dikombinasi antar gerbang tersebut akan menjadi beberapa gerbang lain yaitu NAND, NOR, Ex-OR, dan Ex-NOR.

baca juga : Gerbang Not dengan Sifat Orang Munafik

Gerbang NOT

Fungsi Gerbang NOT dapat diilustrasikan seperti rangkaian Elektronik berikut ini, Jika saklar dibuka maka berlogika 0 atau Lampu Off, jika saklar ditutup maka   berlogika 1 atau Lampu On.

Illustrasi Gate Logic Kesimpulannya, berdasakan tabel kebenaran dibawah ini : Tabel Kebenaran Gerbang Not

Sifatnya : Jika input berlogika 1 maka output akan berlogika 0 dan sebaliknya. IC yang digunakan untuk prinsip gerbang NOT ini bertype 7404 untuk jenis TTL dan 4069 untuk jenis CMOS. Berikut ini diagram penampang IC SN7404 yang didalamnya mengandung prinsip gerbang NOT. CMOS  :  Complementary  Metal Oxide Semikonductor  dikenal sejak tahun 1968 dengan seri 40XX Tegangan supplynya bisa mencapai 15 volt. Tetapi CMOS mempunyai kecepatan kerja yang lebih rendah daripada TTL dan tingkat derau yang rendah TTL : Transistor Transistor Logic yang terkenal dengan seri 74XX  bekerja dengan tegangan supply 5 volt.

IC Gerbang Not

IC TTL SN 7404

 

Contoh Soal :
Sinyal melewati  sebuah gerbang logika NOT dengan sinyal masuk berupa pulsa 0 1 0 1 1, Tentukan Sinyal output yang keluar melalui gerbang NOT tersebut :
Jawab : Lihat gambar

Contoh soal Gerbang Not

Penanaman Karakteristik Religius pada materi Gerbang NOT ini :

Sifat Gerbang Not ini layaknya seperti Sifat orang munafik. Lain yang diucapkan lain yang diperbuat. Setiap perilaku yang bertolak belakang dengan ucapan sesungguhnya. Seolah baik padahal dibelakang culas. Oleh karena itu jangan mau bersifat Gerbang NOT heheh..

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme