Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Hummingbird Penyebab Drop Blog BJGP-Rizal

Hummingbird Penyebab Drop Pengunjung Blog ?!

Beberapa minggu yang lalu blog BJGP-Rizal mengalami penurunan traffik secara drastis, bayangin dari 2000-an pengunjung drop turun menjadi 300-an. Ternyata setelah ditilik di blognya mas Ricky Google memperkenalkan algoritma terbaru yang disebut sebagai hummingbird. Ini adalah perubahan algoritma yang sangat besar karena mempengaruhi hingga 90% dari hasil pencarian. Ini admin rasakan sendiri dengan adanya perubahan yang sangat besar pada blog Guru Elektronik ini.

hummingbird algoritma

Di dalam sistem Google ada istilah yang namanya algoritma. Nah algoritma ini yang dipasang untuk mengolah data dari setiap halaman web. Ada yang memproses nama domain, memproses link, memproses onpage, memproses konten, ada yang memproses popularitas, dan lain sebagainya.
Saat ini kita sudah mengenal beberapa nama Algoritma dari Google, seperti caffeine, algoritma EMD, Algoritma Panda, Algoritma Penguin, dan yang terbaru ditahun 2013 ini dikenal dengan nama Hummingbird. Algoritma inilah nantinya yang akan memberikan peringkat blog kita di google searching. Google memberi nama algoritma ini sebagai hummingbird karena menganggap algoritma ini cepat dan tepat seperti hummingbird. Jadi sangat banyak posisi pencarian yang dibanting oleh Hummingbird algoritma terbaru Google ini.

Kapan Algoritma Hummingbird ini diluncurkan ?!

Kalau melihat dari perubahan keadaan blog bjgp-rizal ini mungkin hummingbird diluncurkan pada awal September 2013. Kalau mau melihat hasil pageview dari banyak blogger lain, maka kemungkinannya algoritma ini mulai diluncurkan online pada tanggal 20-24 Agustus yang lalu. Soalnya pada tanggal itu ada beberapa blog yang grafiknya naik dan turun.
Buat kamu yang grafiknya mengalami penurunan selama sebulan terakhir, maka kemungkinan sudah kena tusukan dari si hummingbird. Sedangkan yang trafiknya meningkat maka kemungkinan burung kolibri ini menyukai blog kamu dan kamu selamat melewati tusukan-tusukannya yang mematikan hheheh…..

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Trafik Berkurang Karena Update Algoritma Terbaru Google ini ?!

Berikut ini yang harus kamu lakukan jika terkena dampak negatif Hummingbird :

  1. Berusahalah bermain  dengan aman dan tidak melanggar Google Quality Guideline, terutama bagi pengguna blogspot.
  2. Membuat LAMAN-LAMAN statis pengganti LABEL, kalau tidak maka sangat sulit mengalirkan poin dari homepage (yang jadi tempatnya mas memfokuskan backlink) ke artikel-artikel lama,
  3. Memasang link sitemap pada header, dan popular post widget pada sidebar biar trafik lebih stabil,
  4. Berburu backlink lagi dengan sehat

Apakah SEO sudah akan mati !? tentu saja SEO belum mati, hanya saja kita perlu melihat apa saja yang perlu disesuaikan…. Inilah seni dari SEO di mana kita harus bisa mengikuti naik turunnya ombak algoritma yang dibuat oleh Google…. Buktinya dua artikel kontes seo bjgp-rizal kembali muncul setelah ‘demam’ beberapa minggu seperti : Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan dan  Faktor Anak Susah Makan dan Solusi Cara Menangani dengan Laperma Platinum Untuk blog kecil ini sendiri, sepertinya ‘demam’ akibat patukan hummingbird  sudah dapat terlewati, tapi tidak tahu selanjutnya. Terima kasih buat mas Ricky Pratama atas pencerahannya APA ITU HUMMINGBIRD-ALGORITMA TERBARU DARI GOOGLE.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme