Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Makin asik Belajar dengan Kartu Biner Penebak Tanggal Lahir

Prinsip Belajar dengan Kartu Biner

Konversi bilangan biner ke bilangan desimal adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa khusunya siswa yang duduk di SMK Kejuruan teknik audio video. Materi ini berkutat pada bilangan NOL dan SATU untuk menghasilkan angka desimal. Pada penerapannya di rangkaian digital misalnya ada 3 buah saklar, yang masing-masing diposisikan NOL, SATU, NOL (catatan : Nol, saklar posisi off dan SATU, saklar posisi on) maka akan menghasilkan tampilan angka 2.

secara matematika ditulis :
0 0 1 = 1
0 1 0 = 2
0 1 1 = 3 dst.

Materi teori diatas merupakan contoh pembelajaran konversi bilangan biner ke bilangan desimal. Karena hubungannya dengan hitungan dan angka-angka kadang merumitkan siswa dan mereka merasa kurang tertarik. Padahal mereka harus menguasai konsep ini sebelum membuat counter digital sederhana nantinya. Aplikasinya nanti di elektronika seperti gambar berikut ini :

Konsep biner to desimal : display angka 3
Counter Binet to Desimal
alat peraga konversi biner ke desimal guru ngeblog

Dengan melakukan inovasi sebuah permainan Matematika, pembelajaran konversi bilangan semakin menarik dengan adanya Kartu Biner Penebak Tanggal lahir. Bukan hanya bisa menebak tanggal lahir, kartu biner juga bisa menebak bulan lahir.

Sebelum pembelajaran dimulai, saya melakukan demonstrasi untuk menebak tanggal lahir beberapa siswa dengan menggunakan kartu biner. Siswa mulai penasaran karena saya bisa menebak tanggal lahir mereka. Keingintahuan ini merupakan moment terbaik saya untuk menyampaikan materi konversi bilangan biner karena sesungguhnya saya bukan peramal apalagi dukun tetapi seorang Guru Elektronik yang menggunakan prinsip konversi bilangan biner dalam menebak tanggal lahir mereka.

Dengan menguasai materi konversi bilangan biner ini, mereka akan mampu membuat kartu penebak tanggal lahir sendiri sesuai dengan kreasinya masing-masing. Sehingga ketika diberi soal tentang  biner siswa akan mampu menyelesaikannya. Memang ketika kita melakukan gamification kelas akan riuh karena semuanya beraktifitas mandiri.

Cara membuat kartunya baca artikel disini : Cara membuat Kartu Biner

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme