Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Manfaatkan Blog sebagai Bahan Belajar Berbasis Online

Workshop Go BlogMateri ini sebenarnya merupakan kutipan dari Bundel Modul PLPG tahun 2011 khusus Kompetensi Pedagogik dengan jumlah halaman sebanyak 509 lembar ternyata mengenai Blog ada di materi PLPG. Pada BAB VIII menjelaskan seputar PEMBUATAN BAHAN BELAJAR BERBASIS ONLINE. Bahan belajar berbasis online yang dimaksud pada modul ini adalah bagaimana seorang guru dapat memberikan konstribusi dalam menyebarkan bahan belajar Berbasis Online melalui blog.

baca juga :

Blog memberikan dampak yang sangat luas, terutama dalam hal penyampaian informasi berbasis internet yang dapat mendukung berbagai macam media seperti teks, gambar, animasi, suara maupun video. Internet bukan hanya untuk mencari informasi, membuat email, mencari pertemanan, maupun hanya sekedar mencari aplikasi yang gratis semata. Banyak manfaat yang dapat diambil dari perkembangan internet, salah satunya adalah pemanfaatan Blog sebagai media pembelajaran online.

Mengingat banyak kelebihan blog ini, sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Apalagi untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara umum. Manfaat Blog seharusnya bisa dimanfaatkan oleh seorang guru sebagai penyimpanan bahan belajar berbasis online yang dapat diakses oleh semua kalangan baik guru, siswa, masyarakat umum ataupun blogger sekalipun. Pada Artikel terdahulu admin bjgp-rizal telah menuliskan setidaknya ada 10 Manfaat Blog bagi Guru Pembelajar

Untuk membangun sebuah blog tidak serumit yang kita bayangkan. Dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu membuat blog pada aplikasi yang telah tersedia misalnya blogger.com, multiply.com, wordpress.com dan lain-lain yang semuanya gratis alias tidak pakai bayar. Walaupun kita belum mengetahui sama sekali tentang kode HTML dengan memanfaatkan layanan aplikasi pembuat blog diatas seorang guru semestinya telah mampu memiliki blog sendiri dengan materi sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya disekolah.

Setelah blog terbentuk, hal yang paling penting adalah mengelola blog tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh siswa khususnya dan masyarakat Digital Natives umumnya. Salah satunya adalah membuat artikel pembelajaran yang menarik, mengatur permalink dengan memperhatikan konsep SEO agar terdeteksi di halaman Google. Menampilkan berbagai Gadget untuk Blogger hingga mempromosikan blog melalui berbagai media internet seperti facebook dan twitter maupun konvensional seperti stiker. Kunci utama manfaat blog adalah ketika blog dikenal oleh banyak masyarakat dengan indikator banyaknya pengunjung blog seorang guru.

Guru Indonesia Ayo manfaatkan Blog Sebagai Bahan Belajar Berbasis Online, Guru Go Blog

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme