Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Bagaimana Menerapkan Metode Flipped Classroom, Bisakah ? 

Flipped Classroom

Metode ‘membalik kelas’ Filpped Classroom sebenarnya dari dahulu guru-guru sudah pernah melaksanakannya. Hanya saja istilah flipped classroom ini belum dikenal. Sebagai seorang guru Elektronik metode ini akan sangat membantu sekali dalam proses pembalajaran dikelas.

Model Pembelajaran Inovatif bagi guru yang selalu belajar jadi guru profesional, heheh.. Flipped artinya membalik dan classroom artinya ruangan kelas. Maksudnya bukan kelas kita balik heheh.. Tetapi Metode pembelajaran yang dlaksanakan kita ubah ‘sebaliknya’. Belajar yang biasanya dilakukan oleh siswa secara maksimal diruang kelas sekarang dilakukan di  Rumah sendiri. Lho ? apa bisa belajar sendiri tanpa guru ?

baca juga :

Menerapkan Konsep Montessori di Sekolah Umum

Nah pertanyaan yang menarik, pada metode Penerapan Filpped Classroom siswa di bekali dengan bahan-bahan pembelajaran yang akan disampaikan guru berupa ebook, video animasi, perangkat multimedia ataupun media online yang bisa diakses oleh siswa dimana saja bisa berupa blog guru atau blog yang direkomendasikan oleh guru supaya dipelajari.

Nah dengan bekal tersebut siswa aktif belajar ‘active learning’ dirumahnya sendiri dan ketika materi pembelajaran dikelas disampaikan guru hanya sekedar berdiskusi mengenai hal-hal yang belum diketahui untuk dibahas selanjutnya. Metode Filpped Classroom ini kalau zaman saya dahulu ketika masih sekolah, guru memberikan sebuah buku pegangan dan kumpulan soal.

Maksud guru tersebut adalah bagaimana sebelum materi pelajaran disampaikan dikelas siswa telah terlebih dahulu mempelajari sehingga ketika belajar mandiri dirumah tersebut mengalami kendala atau belum dimengerti maka guru bisa lebih detail menjelaskan materi kesulitan siswa tersebut. Berkat berkembangnya teknologi maka ‘buku pegangan siswa‘ bukan hanya melulu buku teks tetapi lebih berbau multi media dan animasi.
Kendala metode ini diterapkan menurut admin adalah :

  1. Budaya baca yang memerlukan persiapan karena mental membaca siswa kita masih kurang
  2. Membutuhkan persiapan ekstra untuk bisa mengactive learningkan siswa, apalagi siswa di daerah pedalaman seperti admin bjgp-rizal
  3. Persiapan guru dengan media pembelajarannya yaitu : Buku, Modul, Video pembelajaran dan blog pembelajaran yang bisa diakses siswa kapan pun. Ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang tidak sedikit. Selain skill guru belum mumpuni untuk membuat video animasi juga guru masih tabu dengan istilah online
  4. Membutuhkan jaringan internet yang lumayan besar bagi siswa di perumahan ataupun guru disekolah

Terlepas dari itu semua, metode ini perlu dikembangkan. Guru Indonesia marilah bangkit menuju Generasi Emas Indonesia. Dimulai dari diri sendiri dari yang kecil. Penerapan Flipped Classroom adalah salah satu metode memudahkan guru sebagai fasilitator tetapi sebelum itu seorang guru harus sudah mempersiapkan perangkat yang dibutuhkan dalam penerapan flipped classroom. Oleh karena itu mari kita coba pembelajaran dengan “membalik kelas” kita … heheh..

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme