Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

12 Cara Membuat Blog Jadi Penghasilan Online

Awalnya artikel ini hanya 10 cara agar mendapatkan uang dari blog. Tetapi setelah melanglang buana di dunia blogger ternyata masih banyak cara untuk menghasilkan pendapatan online dari internet setidaknya ada 12 cara yang telah terbukti blog jadi penghasilan tambahan, simak artikel spesial pilihan Guru Online ini. Mau Blog jadi Duit ? Wajib baca artikel berikut ini.

12 Cara Membuat Blog Jadi penghasilan Tambahan

Banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Berikut ini akan kita kupas tuntas 12 Cara Membuat Blog Jadi penghasilan Tambahan. Sebelumnya saya sudah menulis dalam artikel Cara Meningkatkan Penjualan Online Blog yang sudah terbukti dan kerap digunakan Blogger Indonesia untuk online earning mereka. Kita dapat menghasilkan uang dari blog dengan Cara langsung dan tak langsung. Cara langsung adalah Anda mendapatkan uang melalui atau dari blog. Cara tak langsung Anda mendapat uang karena aktivitas ngeblog. Untuk lebih jelasnya dapat Anda artikel cara menjadikan blog sebagai penghasilan tambahan.
make-money-at-home

# Cara langsung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang langsung dari blog. Beberapa yang sudah terbukti dan kerap digunakan blogger Indonesia adalah:

#1. Menjual produk milik sendiri

Dengan cara ini Anda menjadikan blog sebagai toko online dan menjual produk milik sendiri. Produk yang dijual bisa yang nyata (buku, kaos, cenderamata, kue dsb) atau produk digital (ebook, video, program komputer dsb).

#2. Menulis review

Anda menulis review tentang produk atau layanan tertentu, dan mendapatkan imbalan. Untuk bisa menulis review Anda sebaiknya bergabung dengan situs tertentu yang bisa memberikan order. Ada beberapa situs luar dan dalam negeri yang bisa dijadikan pilihan. Untuk dalam negeri harga sebuah review berkisar pada 500 ribu hingga jutaan rupiah. Lumayan untuk sebuah tulisan.

#3 Memasang iklan

Ini termasuk cara termudah untuk mendapatkan uang. Anda hanya perlu memasang iklan di blog, dan jika pengunjung mengklik iklan yang dipasang Anda akan mendapatkan uang. Layanan yang paling terkenal adalah Google Adsense. Di Indonesia ada juga beberapa layanan serupa dengan harga sekali klik yang bervariasi.
Berikut ini penyedia layanan iklan selain Google Adsense berasal dari  Indonesia dan Luar Negeri :

  • Adsense camp daftar di adsense camp (tidak saya rekomendasikan, lama)
  • Idblognetwork daftar di Idblognetwork (tidak saya rekomendasikan, lama)
  • Kumpul blogger di http://kumpulblogger.co
  •  Sitti di http://www.sitti.co.id/ (tidak saya rekomendasikan SCAM/Penipu)
  • Aditz di http://adhitz.com  (tidak saya rekomendasikan, lama)
  • RevenueHits daftar di Revenue Hits (saya  rekomendasikan karena bagus)

#4. Monetize links

Ini termasuk cara termudah juga untuk mendapatkan uang diblog. Anda hanya perlu memasang script diblog maka link Anda akan di perpendek. Seperti di adf.ly. Sehingga 5 USD/10000 view. Untuk mengetahui apa itu adf.ly Anda bisa baca tentang Adf.ly disini.

Khusus tentang monetize links ini sudah saya buktikan pembayarannya. Artikel mengenai bukti pembayaran dari adfly adalah pengalaman saya memasang iklan dengan sebagai publisher di akun adfly.

Selain adfly ada juga adfocus prinsipnya sama dengan adfly.

  • Adfly daftar disini adfly ( saya rekomendasikan, gampang dan membayar cepat)
  • Adfocus di http://adfoc.us/?refid=1

#5. Jadi makelar

Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menjadi makelar atau calo. Jangan berprasangka jelek dulu kalau dengar istilah CALO, heheh… Jadi Anda merekomendasikan produk atau layanan tertentu, dan jika ada pembaca yang membeli produk yang direkomendasikan, Anda akan mendapatkan komisi. Untuk produk nyata, Anda bisa menjadi calo dengan menjajakan produk yang dijual di amazon.com. Besarnya komisi untuk setiap transaksi di Amazon adalah 4 hingga 14 %. Untul produk digital, Anda bisa menjajakan produk dengan bergabung pada clickbank.com. Besarnya komisi berkisar pada 50 hingga 75%. Jadi jika Anda menjual sebuah produk digital seharga $45 dengan komisi 75%, Anda akan mendapatkan uang sebesar $33,75. Menjadi makelar dengan mempromosikan produk milik pihak lain (istilah kerennya affiliate marketing) disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk menjadi kaya melalui blog.

#6. Mengikuti kontes

Anda bisa mendapatkan uang jika mengikuti kontes. Apakah itu blog contest ataupun Kontes SEO jika Anda jadi pemenang maka uang akan Anda dapatkan. Apa itu Kontes SEO ? bisa Anda baca di artikel sebelumnya. Umumnya kontes akan memberikan hadiah uang tunai juga ada sebagian kontes juga memberikan pulsa gratis. Untuk Kontes SEO yang memberikan pulsa gratis bagi pesertanya bisa baca Kontes SEO dengan hadiah Pulsa Gratis. Anda bisa mencoba mengikuti kontes untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Untuk info mengenai lomba ini baca artikel saya di Kontes SEO terbaru 2015. Nah jadi jika menang dalam kontes nantinya Anda akan mendapat uang tunai sebagai hadiahnya.

Saya sendiri sekarang sedang mengikuti beberapa kontes dengan kata kunci penjurian PT NCS Jasa Pengiriman Barang dan Dokumen untuk Online Shop, Jual Blog Zombei Murah dan Game Minecraft. Posisi sementara beberapa artikel lomba tersebut di SERP google.co.id sudah masuk di halaman satu. Mudah-mudahan bisa bertahan. 🙂

# Cara tak langsung

Anda bisa mendapatkan uang secara tak langsung karena aktivitas ngeblog. Beberapa ‘sumber uang’ antara lain :

#7. Menulis buku

Anda bisa menulis buku terkait aktivitas ngeblog. Ada dua cara. Pertama Anda memilih tulisan terbaik yang dibuat di blog dan dijadikan buku. Kedua, Anda menulis hal-hal yang terkait, baik langsung maupun tak langsung, dengan aktivitas ngeblog. Buku bisa diterbitkan sendiri (self publishing) atau menyerahkan ke penerbit terkemuka.

Buku yang telah berhasil saya terbitkan adalah mengelola blog sebagai media pembelajaran online dan buku kriya elektronika. Artikel yang ada dalam buku karya saya tersebut adalah kumpulan dari blog sederhana ini yang bertahun-tahun ngeblog. Akhirnya dengan editan sedikit demi sedikit jadilah ramuan tersebut dalam sebuah buku.

#8. Pembicara Seminar

Jika sudah dikenal sebagai blogger, terutama untuk bidang tertentu, Anda bisa menjadi narasumber di sejumlah seminar, workshop dan sejenisnya. Tentu Anda bisa mendapatkan uang dari kegiatan itu.

#9. Jadi narasumber media massa

Anda juga bisa menjadi narasumber untuk media massa, baik lokal maupun nasional,  media cetak atau elektronik. Tentu, sama seperti pembicara seminar, Anda hanya bisa menjadi narasumber jika dianggap kredibel. Kredibilitas hanya muncul jika Anda sudah ngeblog untuk jangka waktu yang lumayan lama dan konsisten membahas bidang tertentu. Memang umumnya media massa tidak membayar seseorang yang dijadikan narasumber. Tapi jika Anda rutin muncul sebagai sumber berita, itu sangat positif untuk pencitraan. ‘Nilai tawar’ untuk menjadi pembicara juga menjadi semakin besar.

#10. Juri kontes

Jika sudah dikenal sebagai blogger, Anda bisa diundang menjadi juri kontes ngeblog. Jika penyelenggara kontes ngeblog itu swasta atau instansi  tertentu, Anda bisa mendapatkan uang. Pengalaman saya sebagai blogger pernah diundang ke Jakarta sebagai juri untuk memilih GURARU Award 2013 tahun kemaren.

#11. Jasa SEO

Untuk Jasa SEO sebenarnya Anda harus memiliki skill khusus tentang seluk beluk SEO. Setidaknya anda harus menjadi master SEO  sehingga pemilik perusahaan akan memilih jasa anda untuk mempromosikan produk mereka. Pakar SEO sekarang menjadi salah satu pencarian uang secara online bagi seorang blogger. Biasanya jika ingin populer sebagai master seo anda harus berani unjuk gigi di berbagai event kontes SEO. Dari event ini biasanya Anda akan di bidik oleh para pencari jasa seo.

#12. Mendaftar di Sribulancer.com

Jika anda mendaftar di sribulancer.com adalah situs para pencari lowongan kerja dan pencari pekerja. Daftar saja disana maka setiap harianya akan anda dapatkan berbagai peluang pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya anda memiliki kemampuan seo maka akan ada job yang ditawarkan ke Anda. Seperti yang sedang saya kerjakan sedang mengoptimasi situs batu hajar jahanam dengan kata kunci : hajar jahanam dan jual hajar jahanam agar nangkring di Top google.co.id.

Masih banyak jenis pekerjaan yang disediakn disana anda tinggal pilih sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda beruntung maka anda akan diberikan job tersebut. Misalnya anda memiliki kemampuan cara mengedit  video, menulis artikel tertentu, desain template, membuat toko online dan masih banyak lagi pekerjaan yang ada di sribulancer.

Mudah-mudahan artikel tentang 12 Cara Membuat Blog Jadi penghasilan Tambahan dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk memanfaatkan blog sebagai media penghasilan online. Jangan lupa untuk membaca artikel Kontes SEO yang sedang berlangsung dengan keyword Cipto Junaedy.

Tambahan : Jika kamu mau klik iklan sendiri dengan surfing kamu bisa baca di PTC Paling Oke

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme