Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Pengalaman Tertipu Kontes SEO

Kontes+SEO+SCAM
Artikel kali ini judulnya agak ekstreme sebenarnya bagi penyelenggara Kontes SEO yaitu beberapa pengalaman bjgp-rizal dalam mengikuti lomba di search engine optimization. Kenapa kok bisa tertipu dalam kontes SEO ?! nah baca terus artikel berikut ini ” Pengalaman Tertipu Kontes SEO “

Merebaknya kontes SEO di Indonesia merupakan kabar gembira bagi blogger yang mencari peruntungan secara online melalui blog. Karena salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan mengikuti kontes SEO atau event blogging. Pengertian Kontes SEO sendiri sudah pernah kita bahas sebelumnya yaitu sebuah kontes atau lomba yang menggunakan kata kunci tertentu untuk mendapatkan posisi top di halaman Google. Kata kunci yang disebut keyword itu di tentukan oleh panitia kontes. Nah penilaiannya nanti adalah google yang menentukan dengan mengetikkan kata kunci yang dilombakan dalam pencarian google. Pemenangnya adalah artikel yang berada di nomor satu pada halaman pertama dan dialah yang menjawarai lomba tersebut.

Sebenarnya bagi blog yang memiliki iklan google adsense harus hati-hati untuk mengikuti lomba seperti ini, Menurut beberapa master SEO, Kontes SEO Melanggar TOS Google Adsense tapi berhubung blog Guru Elektronik ini tidak memasang iklan google adsense makanya kita tidak takut untuk mengikuti berbagai lomba SEO.

Penipuan Berkedok Kontes SEO

Dari berbagai kontes SEO yang pernah saya ikuti Pengalaman Ketipu Kontes SEO yang paling dikesalkan adalah panitia atau penyelenggara kontes yang hanya ingin mempopulerkan blog atau produknya dengan modal dengkul dengan memanfaatkan keluguan para blogger. Dua kontes yang pernah saya ikuti penyelenggaranya tidak bertanggungjawab alias ‘lari’ dengan cara link lomba di hapus dari postingan blog mereka seperti pada Lomba Seowaps Jasa SEO Penipu Terbaik di Indonesia. Setelah deadline tanggal perlombaan link lomba hilang dari peredaran mbah google dengan tulisan ” ma’af halaman yang anda cari tidak ditemukan

Ada lagi kontes yang melakukan penipuan dengan cara hanya mengubah tanggal dan deadline lomba, misalnya postingan awal deadlinenya berakhir pada bulan Mei ketika bulan Mei berakhir artikel tadi diganti dengan deadline bulan Juli tanpa pemberitahuan bahwa kontes tersebut diperpanjang. Sehingga ketika ada blogger yang baru berkunjung akan menganggap bahwa kontes tersebut baru dimulai. Padahal hanya akal-akalan si pemilik blog. Kontes seperti ini bisa kamu cek pada kontes Jakarta-Cyber4art.blogspot.com atau Jakart4art.com yang dikelola oleh Agung Laksono si Pecundang Kontes SEO. Baru-baru ini juga dia ikut dalam kontes SEO Batikpoker.com
penipu+seo

Penipuan yang berikutnya adalah dengan mengambil 10 pemenang lomba hanya pada halaman pertama di google searching. Bukan 10 peserta yang masuk di urutan google searching. Misalnya artikel lomba yang masuk di halaman 2 google adalah peserta lomba, padahal di halaman pertama tidak ada artikel peserta lomba sehingga panitia kontes tidak ada pemenang pada lomba tersebut. Perlombaan yang seperti ini pernah diadakan oleh makelar Citra Indah.

Padahal kontes yang serupa pernah  ikuti seperti Kontes diprimaterra.com dan anekahosting.com dengan artikel http://www.bjgp-rizal.com/2012/11/Deprimaterra.com-kawasan-industri-dan-pergudangan-eksklusif-dengan-penghijauan.html dan mendapat posisi 17 padahal bukan dihalaman 2 tetapi hampir dihalaman 8 pencarian google. Karena penyelenggara mencari 20 peserta sebagai pemenang walau mereka berada di halaman delapan google page. Hal ini karena dihalaman 1 hanya terdapat 2 link peserta lomba demikian seterusnya sehingga mereka mendapatkan 20 pemenang kontes. Begitu juga pada saat mengikuti lomba http://www.bjgp-rizal.com/2013/08/bjgp-rizal-menang-kontes-anekahostingcom..html panitia menetapkan 10 pemenang lomba bukan hanya dihalaman pertama google saja.

Baru-baru ini juga saya tertipu dengan kontes, setelah di umumkan ada 20 peserta blogger dan blog saya penjelajah blogger mendapat peringkat 15 dari 20 pemenang yang telah di tetapkan juri. Belum lagi proses pembayaran link pengumuman pemenang kontes telah di ganti dengan kontes tahap ke 3. Sehingga para pemenang tidak mengetahui kalau blognya terpilih sebebagai pemenang karena ujuk-ujuk link sudah berganti artikel.

Kontes SEO SCAM lain juga yang pernah saya ikuti adalah pada kontes SEO IDdetik com tetapi karena kontes ini terdeteksi sejak dini SCAM sehingga tidak sampai mengecewakan saya karena belum sempat di optimasi secara rutin. Kecurigaan bermula dengan hadiah yang di berikan 50 juta bagi pemenang pertama dalam kontes SEO ini, padahal situs IDdetik.com adalah situs forum yang baru berdiri. Bingung dari mana adminnya kasih hadiah apa mungkin dari sponsor ?

Kontes SEO lain yang terbukti SCAM adalah kontes SEO ProfitVirtual.com. Dari awal saya sudah mendeteksi bahwa situs ini SCAM karena dikelola oleh sales modal dengkul yang abal-abal. Template yang abal-abal buat kualitas foto tidak profesional tapi menjanjikan hadiah 50 juta rupiah,.. mikirr. Tapi tetap saja masih ada yang mengikuti kontes SEO ini. Setelah deadline habis link tersebut hilang dari peredaran google seperti kontes SEO sebelumnya si SEOWAPS si penipu.
kontes+seo+scam1
Template abal-abal profitvirtual.com sekarang sudah hilang dari peredaran google.com
kontes+seo+scam2
Template kontesseo profitvirtual.com yang sudah hilang dari peredaran google.com

Ada Kontes SEO yang sedikit menipulah mungkin bisa dikatakan, karena pemberian hadiah tidak sesuai dengan yang dijanjikan dengan alasan jumlah peserta yang tidak mencapai 100 orang. Padahal kontes tersebut berlangsung hampir tiga kali penundaan karena alasan jumlah peserta yang belum mencapai target. Kontes SEO BatikPoker.com yang pernah saya ikuti dan meraih peringkat 2 tetapi hadiah yang diberikan tidak sesuai dengan yang di janjikan pada peraturan kontes. Hadiah yang seharusnya 7,5 juta untuk pemenang kedua hanya diberikan Rp. 4.350,000,- Tapi daripada tidak dibayar ya apa boleh buat diterima aja. Baca kisah tersebut.

Tips untuk mengetahui penipuan Kontes SEO

Dari beberapa pengalaman saya dalam mengikuti Kontes SEO diatas maka sebelum para blogger mengikuti lomba maka ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini sehingga terhindar dari penipuan kontes SEO :

  1. Baca syarat dan aturan secara detail sebelum mengikuti lomba. Jangan sampai seperti lomba Citra gran dan evoelektronik pemenang hanya pada halaman pertama saja apalagi dengan kata kunci yang memiliki saingan ratusan juta di google wah, perjuangan yang membutuhkan tenagan untuk optimasi.
  2. Perhatikan periode lomba, mulai lomba, penutupan lomba dan pengumuman lomba secara seksama,
  3. Perhatikan link atau alamat postingan lomba tersebut, sesuaikan dengan awal dan deadline lomba, misalnya link lomba seperti ini http://www.bjgp-rizal.com/2012/12/seo-kontes-de-javu.html berarti artikel tersebut diposting pada bulan 12 tahun 2012, masak ngadain lomba dibulan agustus 2013 ?
  4. Analisis terebih dahulu apa dan siapa yang sedang dikonteskan dengan kata kunci tertentu untuk mengetahui apakah panitia tersebut sudah pernah ngadain yang serupa dan banyak yang komplain ? misalnya gunakan kata kunci Penipuan Kontes bla-bla….
  5. Cek dengan keyword Kontes SEO SCAM, Daftar Kontes SEO SCAM dan baca artikel disana apakah termasuk panitia kontes ‘disana’

Mudah-mudahan dengan telitinya kita dalam mengikuti kontes SEO, kita terhindar dari Penipuan Kontes SEO sehingga blogger jangan mau dibodoh-bodohi dengan memanfaatkan keluguan newbe para blogger. Simak juga kontes seo yang saya ikuti di akhir tahun 2016 dengan tajuk Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

Save

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme