Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Ngeblog untuk Pembelajaran Berbasis Online

Pembelajaran Online Guru Elektronik

Sebagai guru pembelajar elektronik, istilah e-learning dengan menggunakan blogger didapat karena seringnya berselancar di mbah google. Aktivitas ngeblog saya bermula sekitar tahun 2010 karena terinspirasi dari rekan guru blogger, baca artikel terdahulu : Inspirator BJGP-Rizal. Awal ngeblog niatnya hanya untuk iseng-iseng sebagai diary tempat menuliskan unek-unek selama menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari sebagai guru. Pada saat itu blogger belum saya gunakan sebagai Media Pembelajaran Online.

Sampai suatu ketika, saya bertemu sebuah website yang didedikasikan khusus untuk guru-guru Indonesia yang diberi title : GURARU, Guru Era Baru yang disponsori oleh Acer Indonesia. Dengan kemampuan otodidak di dunia blogging, mulailah saya Ngeblog untuk Pembelajaran berbasis Onlinememanfaatkan blog dalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan title BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik saya mulai pembelajaran e-learning dengan memanfaatkan blog sederhana ini. Berbagai gadget yang tersedia di blogspot saya fungsikan agar bisa dimanfaatkan oleh siswa saya khususnya. Agar lebih interaktif, saya juga melengkapi artikel dengan soal online maupun offline. Sehingga blog tersebut bisa diakses dimana saja, kapan saja baik guru, siswa maupun blogger. Selain sarana berbagi artikel blog ini juga bisa dimanfaatkan untuk menguji kemampuan siswa dalam materi yang saya sampaikan melalui quis online.

Belajar Elektronik Online di BJGP-Rizal

Pembelajaran Online saya ambil dari istilah e-learning. Interaksi antara guru dan siswa tanpa harus bertemu atau tatap muka secara langsung. Sehingga dengan adanya pembelajaran berbasis online mempermudah interaksi guru-siswa. Siswa dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian siswa dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dengan memanfaatkan blog untuk pembelajaran dengan meletakkan materi belajar secara online, lalu menugaskan peserta didik untuk mendapatkan (downloading) materi belajar itu sebagai tugas baca. Setelah itu siswa diminta untuk mengumpulkan laporan ataupun tugas sebagainya kembali ke guru juga melalui internet. Laporan beragam baik melalui pengiriman email, menulis di blog siswa ataupun print hasil Ujian Online.

Sebagai seorang guru yang mengampu mata pelajaran elektronik maka materi atau artikel pembelajaran yang saya posting di blog ini adalah artikel yang berhubungan dengan materi pelajaran yang saya ampu di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Sehingga semua materi pembelajaran saya dapat diakses secara berulang-ulang oleh siswa kapan saja dan dimana saja selagi masih ada jaringan internet.

ketika proses belajar mengajar saya memanfaatkan artikel di blog untuk menjelaskan pelajaran.

Secara umum artikel pembelajaran elektronik yang saya ampu saya himpun dalam kategori-kategori tersendiri. Kategori tersebut sebagai kata kunci untuk mencari artikel yang berhubungan dengan pelajaran yang saya sampaikan didepan kelas. Sehingga dengan adanya kategori artikel tersebut siswa dapat dengan mudah mengakses dari sekian banyak artikel yang ada di blog BJGP-Rizal ini.

Artikel e-learning di BJGP-Rizal

Kategori Bahan Ajar

#1 Teknik Digital Dasar

Materi yang terdapat dalam kategori ini adalah pelajaran mengenai teknik digital dasar untuk SMK. Konversi bilangan, gerbang logika, soal-soal latihan digital dasar sampai dokumentasi pembelajaran ketika praktik digital dasar saya ramu dalam kategori Teknik Digital. Dasar baca juga : Contoh Bahan Ajar : RPP Digital Dasar

#2 Komponen Dasar Elektronika

Materi berikutnya kategori komponen dasar elektronika. Pada kategori ini adalah kumpulan artikel pembelajaran mengenai komponen elektronika seperti : resistor, kapasitor, induktor dan cara menghitung nilainya. Power Supply dengan IC Penstabil

#3 Konversi Kaset Ke CD

Kategori konversi kaset ke CD merupakan kumpulan materi di kelas XI pada semester ganjil. Cara melakukan konversi kaset ke piringan cd dan memahami format audio. Tersedia juga latihan online dan offline untuk latihan pada materi ini.

#4 Bioskop Rumah

Materi dengan kategori bioskop rumah atau Bioskop Rumah adalah kumpulan bahan ajar mengenai konsep bioskop rumah, dasar-dasar suara surround, speaker surround, format suara surround dengan berbagai konfigurasinya. Instalasi bioskop rumah untuk berbagai alat audio video juga dijelaskan pada materi berkategori bioskop rumah.

#5 Kupas Tuntas Osiloskop

Osiloskop adalah alat bantu pengukuran elektronik. Pada postingan bertitle kupas tuntas osiloskop menjelaskan Cara Menghitung Besar Frekuensi pada Gelombang Osiloskop dan amplitudo dari gelombang osiloskop. Menghitung desiBel (dB) pada Penguat Audio Amplifier. Pada materi ini juga tersedia latihan berupa soal online sebagai uji coba pemahaman seputar penggunaan osiloskop.

#6 Pembuatan Dokumentasi Video

Materi pembuatan dokumentasi video adalah materi bagaimana membuat sebuah dokumentasi video melalui alt perekam gambar. Dengan menggunakan software ulead video studio. Dalam materi ini juga dilengkapi langkah-langkah untuk memulai pembuatan video editan. Dimulai dari membuat title animasi, efek video, edit audio atau suara dengan melakukan cutting. Pada pembelajaran ini juga disiapkan tutorial ideo untuk menggunakan ulead sebagai media pengeditan dokumentasi video. baca juga :  Tips Praktis Fotografi

#7 Aneka Rangkaian Elektronika

Rangkaian elektronika yang saya sajikan adalah rangkaian yang telah dilakukan uji coba sebelumnya sehingga berbagai artikel yang berkategori Aneka Rangkaian Elektronika seperti rangkaian lampu led berjalan, lampu 5 watt flip-flop, rangkaian lampu disco 5 watt, rangkaian papan nama berjalan.

#8 Robotic

Robotic adalah materi muatan lokal di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Proyek robotic yang pernah kami lakukan adalah robotic dengan menggunakan saklar SPDT. Artikel seputar robotic, cara pembuatan robot sederhana, dan video hasil praktik dapat dilihat melalui kategori robotic di blog ini.

 Kategori Soal dan Alat Peraga

#1 Soalku

Dalam kategori ini akan ditemukan semua kumpulan soal yang pernah dipelajari baik soal dalam bentuk offline maupun online.

#2 Soal Online

Kumpulan soal khusus yang dapat dikerjakan langsung dengan waktu tertentu dan siswa akan mengetahui nilai yang dia peroleh jika telah menyelasaikan soal yang diujikan. Pada label soal online ini pembelajaran dengan memberikan tugas dirumah dikerjakan melalui jaringan internet ataupun selluler yang hasilnya dapat diprint berupa sertifikat kelulusan. Berikut ini contoh soal online yang saya buat untuk e-learning

#3 Ujian Nasional

Ujian Nasional adalah kumpulan UN baik teori maupun ujian praktik kejuruan khusus mata pelajaran teknik audio video. Informasi seputar pelaksanaan ujian nasional juga saya share di kategori ini.

#4 Mediaku

Kategori mediaku merupakan kumpulan ini akan ditemukan semua kumpulan soal yang pernah dipelajari baik soal dalam bentuk offline maupun online.

#5 Alat Peraga

Kategori alat peraga tidak jauh berbeda dengan mediaku. Label ini untuk menyampaikan materi dalam bentuk video, slide power point multitester. Kumpulan alat peraga dapat dilihat disini.

#6 Modul Pembelajaran

Modul pembelajaran sebenarnya kumpulan bahan ajar yang saya sampaikan didepan kelas. Saya kemas dalam bentuk modul pembelajaran. Sehingga modul pembelajaran yang telah saya buat dapat dimanfaatkan oleh guru mamupun siswa untuk bahan referensi pembelajaran. Modul pembelajaran yang tercetak juga tersedia disini untuk dapat digunakan secara offline oleh siswa dengan harga terjangkau.

#7 Kriya Elektronika

Kriya elektronika merupakan kumpulan hasta karya elektronika berupa rangkaian audio seperti PCB amplifier, lampu, led, power supply dan lain-lain. Dilengkapi dengan skema rangkaian, PCB dan tata letak komponen. Untuk offline kriya elektronika ini juga telah saya buat dalam sebuah buku dengan judul yang sama Kriya Elektronika sehingga siswa dapat belajar melalui online via website atau selluer dan offline melalui buku yang saya terbitkan.

Kategori Video Pembelajaran

#1 Video Tutorial

Kategori video tutorial merupakan kumpulan video pembelajaran untuk mempelajari sesuatu dengan melihat lansung tekniknya melalui video. Video tutorial ini telah diupload ke youtube sehingga siswa dapat mendownload video ini dan dapat melihat secara berulang-ulang melalui cd player ataupun selluler dalam bentuk 3gp.

#2 Video Editan Karya Siswa

Kategori video editan ini merupakan kumpulan video hasil karya siswa dalam melakukan praktik pembuatan dokumentasi video. Video hasil editan siswa diupload ke youtube dan dijadikan postingan di dalam blog sederhana ini sebagai reward bahwa karya mereka dihargai dan di publish ke media sosial.


Dalam melakukan interaktif pembelajaran online saya juga memanfaatkan jejaring sosial facebook dan twetter sebagai sarana komunikasi. Khusus di facebook saya membentuk sebuah group khusus bagi siswa SMK Negeri 2 Tanjungbalai untuk aktivitas ngeblog pembelajaran di https://www.facebook.com/groups/369725736375326/ dengan title Belajar Jadi Guru profesional. Di Group jejaring sosial ini siswa lebih bisa langsung bertanya, berbagi link artikel ataupun mengekspresikan karya mereka disana.
Hampir semua guru dan siswa memiliki account facebook dan hampir setiap hari pula kita mengaksesnya. Kemudahan akses facebook adalah bisa diakses melalui handphone tanpa batas ruang dan waktu. Oleh karena itu komunitas di jejaring sosial facebook untuk Belajar Jadi Guru profesional saya bentuk. Dengan adanya komunitas facebook ini kita bisa gunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, menshare tugas dari blog, memberikan topik diskusi, melakukan uji kompetensi siswa, berkomunikasi dengan siswa bahkan memantau aktifitas siswa dalam memanfaatkan media ajar secara real time.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan terus berkembang. Sistem e-learning sebagai bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik dan media digital terus berinovasi. Inovasi selanjutnya dengan memanfaatkan mobile learning (m-learning) sebagai bentuk pembelajaran yang khusus memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi selluler atau android. Faktor pendorong yang semakin memperluas kesempatan penggunaan atau penerapan mobile learning sebagai sebuah kecenderungan baru dalam belajar, yang membentuk paradigma pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Pembelajaran Berbasis Mobile Learning

Blogspot memiliki kelebihan dalam tampilannya. Sistem e-learning berbasis web bisa diintegrasikan menjadi m-learning berbasis mobile. Cukup menambahkan kode ?m=1 diujung link maka website kita akan akan dapat diakses melaui handphone. Misalnya www.bjgp-rizal.com/ tampilan dalam bentuk website ketika kita tambah ujungnya dengan ?m=1 maka akan menjadi www.bjgp-rizal.com/?m=1 maka akan tampil dalam mode handphone baca : belajar makin asik dengan mobile edukasi

Skenario mengajar dan belajar perlu disiapkan secara matang dalam sebuah kurikulum pembelajaran yang dirancang berbasis online. Mengimplementasikan pembelajaran berbasis online bukan berarti sekedar meletakkan materi ajar pada web. Selain materi ajar, skenario pembelajaran perlu disiapkan dengan matang untuk mengundang keterlibatan siswa secara aktif dan konstruktif dapat proses belajar mereka.

Mengkombinasikan antara pertemuan secara tatap muka dengan pembelajaran berbasis online dapat meningkatkan kontribusi dan interaktifitas antar siswa. Melalui tatap muka ini sangat menunjang kerja kolaborasi secara virtual dan konvensional. Untuk pembelajaran e-learning yang saya praktikkan adalah tidak sepenuhnya e-learning. Sebab pertemuan tatap muka merupakan kewajiban bagi seorang guru.

Pemanfaatan blog sebagai sarana saling berbagi informasi, komunikasi, penyimpanan bahan ajar, dokumentasi pembelajaran dapat dimanfaatkan sekaligus oleh untuk e-learning walau tidak terstruktur secara formal dalam skenario pembelajaran.

Dari aktivitas ngeblog ini, saya juga telah menelurkan sebuah buku yang saya dedikasikan kepada guru dan siswa agar memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran online. Tanpa disadari dengan seringnya menulis dan bebagi di blog telah mengasah kemampuan saya dalam menulis. Buku khusus mengenai blogging ini saya beri judul Mengelola blog sebagai media pembelajaran online.
Ayo Guru Indonesia segeralah menulis …
Guru Indonesia Go Blog …
Salam Pendidikan

Baca juga :
http://www.bjgp-rizal.com/2011/11/daftar-isi-blog-bjgp.html
http://guraru.org/tentang/profil-pemenang/2012-2/yusrizal-panjaitan/
http://www.bjgp-rizal.com/2012/08/ngeblog-untuk-pembelajaran-berbasis.html

http://www.bjgp-rizal.com/2013/09/pembelajaran-online-guru-elektronik.html
http://www.bjgp-rizal.com/2012/07/bjgp-rizal-rumah-kecil-buat-siswaku.html
http://www.bjgp-rizal.com/2012/05/pembelajaran-berbasis-mobile-online.html
http://www.bjgp-rizal.com/2012/06/guru-di-era-digital-memanfaatkan-blog.html

 

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme