Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Tips Praktis Fotografi

Teknik Praktis Pengambilan Gambar

Memotret dan fotografi sekarang sudah menjadi aktifitas yang dikenal banyak orang. Tak hanya fotografer profesional, dunia fotografi saat ini digemari oleh banyak kalangan dari berbagai usia dan profesi. Apalagi sekarang kita dengan mudah mendapatkan kamera digital murah dengan harga terjangkau. Sebagai seorang guru yang mengampu mata diklat Pembuatan Dokumentasi Video harus memiliki skill untuk pengambilan gambar ini. Sehingga hasil editan gambar siswa yang akan dijadikan video berbasis gambar akan memiliki estetetika dan tidak monoton. Pada artikel kali ini kita akan membahas Tips Praktis Fotografi
  • Teknik rumus 1/3

Tips paling dasar adalah teknik 1/3 ini. Di saat orang, kebanyakan mereka meletakkan objek utamanya di tengah gambar. Ini lumrah dilakukan, tetapi hanya akan menghasilkan foto yang biasa-biasa saja. Nah teknik 1/3 ini dengan meletakkan objek utama tidak persis ditengah gambar melainkan di posisi kira-kira 1/3 dari tepi gambar, secara horizontal atau vertikal. Hasilnya, gambar akan terlihat lebih dinamis sehingga lebih menartik untuk dilihat. Bukan hanya untuk objek utamanya, tetapi hal-hal lain.Teknik 1/3 ini bukanlah hak eksklusif’ fotografi, tetapi merupakan rumus umum yang banyak dipakai oleh oleh pelukis, tayangan televisi atau film. Perhatikan close up pemeran utama seringnya tidak berada di tengah gambar tetapi ditempatkan agak kepinggir kekiri atau kekanan di posisi 1/3 dari tetpi gambar.

minggu%252C+ammar+mo+pigi+t4+abi+besok
  • Teknik Framing

Teknik Framing yaitu menambahkan unsur frame atau bingkai didalam foto kita. Teknik framing ini akan memberi dua efek pada foto kita. Pertama, efek ‘kedalaman ruang’ seolah foto kita memiliki 3 dimensi. Sedangkan efek kedua, menggiring perhatian orang lain yang melihat kepada objek utama. Kedua efek ini akan membuat foto menjadi semakin menarik untuk dinikmati.

Teknik framing ini bukanlah menaruh foto kita didalam sebuah figura, tetapi menggunakan apa saja yang ada disekitar objek utama, misalnya dedaunan, jendela atau terowongan untuk dijadikan frame bagi objek utama.

frame2
5976485880_7a4f6466d6
  • Teknik Sudut Angle

Teknik Bird view adalah teknik pengambilan foto dari sudut pandang yang berbeda. Jika kita mengambil foto dengan posisi berdiri, sama persis dengan posisi dia saat mengambil gambar maka hasilnya akan biasa-biasa saja. Ada beberapa sudut pengambilan gambar misalnya memotret sesuatu dari bawah keatas akan menghasilkan foto dengan low angle view atau frog view. Memotret vertikal dari atas kebawah seperti memotret sekumpulan bunga dari atas kebawah secara vertikal akan menghasilkan bird view. Memilih sudut-sudut yang tidak biasa akan menambah nilai estetika pada foto-foto sehingga terlihat beda dan menarik.

Agar kualitas gambar juga semakin tajam ada baiknya gunakan kamera digital sony harganya lumayan walau bukan Kamera Murah tapi hasilnya sangat bagus memiliki pixel gambar yang besar dibanding kamera digital yang lain. Nah untuk memoles foto-foto agar menjadi lebih menarik misalnya untuk mempertajam tampilan objek utama, memberikan warna lebih (saturated), memberikan efek foto kuno atau jadul kamu dapat belajar menggunakan sofware olah foto atau berselancar di internet kamu akan mendapatkan aplikasi animasi gratis tanpa download.

Frog+View
Low+angle+view
praktik+sevens+egmen+counter+%25288%2529
praktik+sevens+egmen+counter+%25289%2529
praktik+sevens+egmen+counter
View+Bird

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme