Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Koleksi Gambar Alat Peraga Pembelajaran

Alat peraga pembelajaran atau contoh media inovatif pembelajaran adalah sebuah alat bantu dalam menjelaskan materi yang akan disampaikan. Alat peraga bisa berupa gambar, simulasi elektronik, slide dan video tutorial. Berikut ini koleksi Alat Peraga Pembelajaran yang pernah saya buat selama menjadi guru elektronik kejuruan teknik audio video.

 

  1. Kartu biner dapat dibaca pada artikel makin asik belajar dengan kartu biner makin asik belajar dengan kartu biner dan cara pembuatannya baca di sini
  2. Sempoa Biner merupakan alat peraga pada materi konversi bilang biner ke digital.
  3. Video Tutorial Gerbang Logika. Media ini khusus menjelaskan prinsip gerbang logika dengan melihat tabel kebenaran dari praktik yang telah dilakukan.
  4. Jam digital, Media untuk teknik digital tingkat lanjut. Media ini saya buat pada saat masih mengajar honorer di SMK Muhammadiyah-10 Kisaran. Bekerjasama dengan siswa saya Heri Alim Lubis. 
  5. Pengenalan Komponen dasar elektronika. Media ini terbuat dari bahan bekas elektronik yang saya kemas menjadi sebuah alat peraga pengenalan komponen elektronika. Dalam alat peraga ini saya lengkapi dengan simbol untuk masing-masing komponen. Selain itu alat peraga ini juga saya jadikan simulasi untuk pengujian pengenalan komponen pada siswa.
  6. Power Supply dengan penampil seven segmen. Media ini sebenarnya power supply atau catu daya dengan penampil sebuah seven segmen sehingga setiap perpindahan tegangan akan menampilkan besar tegangan yang dikeluarkan.
  7. Simulasi Proses Pengiriman Sinyal. Alat peraga ini sebenarnya merupakan kriya elektronika dari rangkaian lampu led berkejaran. Dengan dimodifikasi sedikit maka rangkaian lampu led berkejaran menjadi sebuah media simulasi proses pengiriman sinyal
  8. Mikrophone mini. Alat peraga ini sebenarnya untuk praktik pembuatan mikrophon sederhana. Kendala praktik biasanya tentang biaya atau dana maka rangkaian ini dibuat seminimal mungkin sehingga biaya semakin murah.
  9. Wajan Phonic dari bahan bekas. Dengan memanfaatkan prinsip pantulan sinyal audio alat ini dibuat dari bahan bekas yaitu wajan atau tempat gonsengan. Rangkaian yang digunakan adalah rangkaian minimic.
  10. Alat penetas telur. Alat ini sebenarnya modifikasi dari rangkaian lampu dimmer. Di kemas dalam sebuah box penetas telur jadilah alat teknologi tepat guna sederhana yang masih perlu pengembangan lanjut.
  11. Moto Cell Tenaga Surya. Adalah peraga pembelajaran pada materi pembangkit tenaga surya. Dengan memanfaatkan lempengan foto sell kemudian dirakit menjadi sebuah tegangan yang dapat menggerakkan sebuah mobil mainan.
  12. … menyusul …

Tunggu koleksi Alat Peraga Pembelajaran lain yang akan saya share di blog Pembelajaran Online Guru Elektronik. Semoga kita menjadi guru yang kreatif dan inovatif dengan saling berbagi dengan menjadikan blog sebagai media pembelajaran online.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme