Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Traffik tiba-tiba Meningkat Drastis ?

Hati-hati dengan Traffik yang tiba-tiba Meningkat Drastis 

Siapa yang tidak ingin traffik pengunjung meningkat hari demi hari. Setiap blogger pasti menginginkan pengunjung dengan traffik yang tinggi. Tapi apa yang terjadi jika traffik pengunjung adalah pengunjung misterius. Kedatangannya mengakibatkan blog kita seolah-olah melakukan pembelian traffik secara besar-besaran. Sehingga berdampak kurang baik bagi kredibilitas blog kita dimata google.com. Mempertahankan kualitas blog memang bukan dengan cara melakukan ‘beli’ visitor.
Traffik tiba-tiba Meningkat Drastis ?
 
Hati-hati dengan pengunjung antah berantah yang misterius ini, kedatangannya tidak dengan keyword tertentu. Tiba-tiba sudah masuk dalam daftar traffik pengunjung. Entah artikel apa yang dia incar karena posisi artikel populer tidak berubah secara signifikan walau kedatangannya 5x lipat seperti biasanya. Tidak banyak artikel yang membahas keanehan traffik pengunjung yang tiba-tiba meningkat drastis yang mengakibatkan dampak negatif bagi blog tersebut.
Traffik diatas adalah traffik pengunjung di dashboard blogger BJGP-Rizal bulan Maret ini. Pengunjung miterius datang pada hari Senin setiap minggunya. Dimulai tanggal 04 Maret, 11 Maret dan 18 Maret. Jika grafik ini benar maka besok tanggal 25 Maret pengunjung misterius ini akan hadir kembali.

Apa sebenarnya efek dari pengunjung misterius ini ?

Berikut ini cuplikan perbincangan saya dengan beberapa hari yang lalu dengan master SEO tentunya.

  • Ini Nes Tod II web yg paling bawah itu web apaan pak guru..
    tapi sumber utama.com n co.id artikel pak guru rata2 pejwan 
    12 Maret pukul 9:24 · Suka
  • Lihat Terjemahan
    12 Maret pukul 9:24 · Batal Suka · 1
  • Yusrizal Panjaitan Ini Nes Tod II, saya juga gak tau, padahal seingat kita gak pernah pasang bl di situs kayak gitu..
    13 Maret pukul 9:55 · Suka
  • Hafid Maulana itu yg doska-vserum itu kayanya web spam pa. Semacam pendatang trafik hantu gtu. Jngan di klik pa. Setau saya begitu hehe.
    15 Maret pukul 12:27 · Suka
  • Yusrizal Panjaitan apa pengaruhnya ya?? Hafid Maulana
    15 Maret pukul 17:29 · Suka
  • Ini Nes Tod II coba cari di forum google pak guru. biasanya banyak yg bahas begitu.
    15 Maret pukul 17:31 · Suka
  • Yusrizal Panjaitan oh gitu ya? nanti deh ku cari..
    15 Maret pukul 17:32 · Suka
  • Hafid Maulana katanya sih nanti dikira ‘beli’ visitor sma google, nanti blog kita di anggap spam juga.
    15 Maret pukul 17:48 · Suka
  • Yusrizal Panjaitan waduh,.. bisa gawat..
    15 Maret pukul 18:11 · Suka
  • Muhammad Haris Serahkan aja ama ahlinya. Wkwkwkwkwk……
    15 Maret pukul 19:24 · Batal Suka · 1
  • Yusrizal Panjaitan Muhammad Haris, bisa bantu??
    15 Maret pukul 20:35 · Suka
  • Muhammad Haris Kenapa tidak!!!!!!!!.
    15 Maret pukul 20:48 · Suka
  • Andika Putra sabar aja pak didiamin aja ntar normal lagi kok itu cma beberapa saat saja
    20 Maret pukul 13:50 · Suka
  • Yusrizal Panjaitan datangnya rutin tuh bro Andika Putra, seminggu sekali.. 4, 11, 18, minggu depan pasti tggl 25
    20 Maret pukul 14:00 · Suka
  • Andika Putra wah ada yang sirik tuh kayaknya pak sama konten anda takutnya nanti ngejatuhin anda tuh pak hati-anda dikira spam dengan adanya gerakan yang mencurigakan kya gtu.
    20 Maret pukul 14:02 · Suka
Ternyata traffik yang tidak wajar merupakan kiriman dari seseorang yang menginginkan blog kita anjlok. Hal ini bisa saja terjadi sebab blog ini saya ikutkan di berbagai kontes SEO Indonesia. Terbukti akibat traffik tidak wajar ini mungkin salah satu penyebab blog saudara Andika Putra yang mengalami traffik pengunjung yang tiba-tiba meningkat seperti blog ini tiba-tiba hilang dari peredaran google.
Padahal beberapa hari sebelumnya dia mendapat kabar traffik pengunjung blognya yang tiba-tiba melejit dan dalam tempo beberapa hari pula blognya hilang dari peredaran google.co.id. Bagaimana dengan blog kecil BJGP-Rizal ini ? Kenapa masih bertahan ? Padahal sudah 3 kali kunjungan misterius datang dengan ‘bala tentara’ traffiknya yang semakin banyak ? Entahlah, mudah-mudahan hummingbird masih senang dengan sari madu dari sebuah blog Pembelajaran Online Guru Elektronika ini. 
 
Traffik pengunjung meningkat drastis ? Jangan senang dulu, mungkin saja itu adalah ulah blogger yang melakukan kecurangan agar blog kita di banned permanen oleh google. Pengalaman ini saya temukan pada rekan blogger yang mengikuti kontes SEO. Kontes SEO adalah ajang bergengsi bagi blogger agar artikelnya berada dipuncak singgasana google dengan keyword tertentu misalnya Singgasana Hotels & Resorts Pilihan Akomodasi Terbaik di Indonesia atau Danmogot.com Toko online murah terbaik di Indonesia. Apa jadinya jika kontes tersebut diikuti oleh blogger yang doyan melakukan apa saja agar bisa menang dengan merugikan orang lain ?
Fenomena beberapa bulan yang lalu menjelang pengumuman kontes SEO Cara Meningkatkan Penjualan Online, google melakukan banned setidaknya ada 3 blog yang saya ketahui adalah dikelola oleh master SEO dan pakar SEO karena artikelnya selalu berada diposisi anyar di google.co.id. Alasannya belum tahu persis, kesalahan apa yang mengakibatkan blog yang biasa berada diposisi 1 google.co.id membuat google murka.

Inilah fenomena baru dalam kompetisi SEO, selama saya mengikuti berbagai ajang kontes SEO beberapa tahun ini. Biasanya yang sering kita lihat adalah melakukan copas pada artikel yang berada di halaman pertama pada sebuah blog yang tak bertuan. Sehingga kadangkala mengakibatkan blog kita turun kehalaman yang lebih jauh. Bahkan artikel copas malah bisa berada di posisi lebih tinggi dibanding dengan artikel aslinya. Kalau masalah seperti ini biasanya kita bisa melaporkan blog yang melakukan copas dengan mengirim note ke DMCA. Sehingga blog yang copas akan dihapus oleh google apabila bukti yang kita punya akurat.

Tindakan kecurangan lain dalam kontes SEO yang pernah saya alami adalah dihapusnya artikel pendukung yang berada di situs gratis penanaman backlink oleh blogger lain. Bukan itu saja link yang seharusnya menuju blog kita disabotase menuju blog lain yang merupakan kontestan SEO juga. Begitulah fenomena kontes SEO Indonesia. Jadi jangan senang dulu jika Traffik tiba-tiba Meningkat Drastis

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme