Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Membuat Rangkaian Flip-Flop dengan beban Lampu 5 Watt

Guru elektronik – Berkreasi dengan rangkaian flip-flop kali ini dengan menggunakan tegangan 220 V beban lampu pijar 5 Watt. Baca kembali berbagai rangkaian flip-flop pada artikel terdahulu seperti flip-flop dengan IC 555 dan flip-flop dengan transistor. Rangkaian kali ini hasil modifikasi dari siswa saya yang bernama Wahyudi kelas XII teknik Audio Video yaitu Rangkaian Flip-Flop dengan beban Lampu 5 Watt.
Lampu 5 watt Flip-Flop

Cara membuat rangkaian flip-flop lampu 5 Watt adalah dengan menggunakan relay 12 volt. Rangkaian flip-flopnya sendiri adalah merupakan prinsip kerja dari flip-flop dengan transistor fcs 9013. Tetapi kali ini transistor yang digunakan adalah transistor TIP 31. Rangkaian dengan menggunakan beban lampu 5 watt ini merupakan rangkaian bertegangan 220 volt. Jadi harus hati-hati dalam perakitannya.

Berikut ini gambar skema Rangkaian Flip-Flop Lampu 5 Watt
 

Rangkaian flip-flop dengan beban lampu 5 Watt ini menggunakan kapasitor elektrolit yang nilai muatannya dapat diganti dari 47uF, 100uF sampai 220uF dengan tegangan 16 volt. Pergantian kapasitor ini mengakibatkan perubahan kecepatan pegerakan kaki relay 12 volt yang menghubungkan ke lampu pijar 5 watt sehingga berkedip secara bergantian. Semakin besar muatan elko yang digunakan maka akan semakin lama jeda waktu lampu 5 watt berkedip.

Dengan menggunakan stop watch berdasarkan analisa jika kapasitor diubah dengan muatan 100uF maka jeda kedip antar lampu terjadi sekita 3 detik. Jika menggunakan kapasitor elektrolit dengan muatan 47uF maka flip-flop kedua lampu terjadi sangat cepat.

Selain komponen elko pada rangkaian flip-flop ada juga komponen elko lain yang mengakibatkan ketidakstabilan flip-flop lampu 5 watt tersebut yaitu elko pada power supply. Jika menggunakan kapasitor dengan muatan 4700 uF maka perpindahan flip-flop lampu stabil tetapi jika elko diperkecil maka kecepatan lampu 5 watt tidak stabil. Oleh karena itu agar rangkaian ini bekerja dengan baik gunakan elko pada power supply sesuai dengan rangkaian diatas.

kontruksi relay 12 volt
Kontruksi Relay 12 Volt.
Bentuk fisik relay 12 volt
Bentuk Relay 12 Volt

Mudah-mudahan artikel Cara Membuat Rangkaian Flip-Flop dengan beban Lampu 5 Watt kali ini menambah kreasi kamu di bidang elektronik khususnya mengenai led dan lampu. Jangan lupa untuk selalu tetap update di blog BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik ini untuk perkembangan seputar dunia SMK khususnya teknik Audio Video.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme