Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Buku Perekayasaan Sistem Antena

Download gratis buku elektronika kurikulum 13 terbaru. Kali ini e-book tentang rekayasa sistem antena untuk kelas XI semester 1 dan 2. Yuk langsung aja download melalui akun google drive mu.
Buku Perekayasaan Sistem Antena

Download disini Bukunya :

buku rekayasa antena kls XI Semester 1

buku rekayasa antena semster 1

buku rekayasa antena semster 2

Perekayasaan Sistem Antena merupakan mata pelajaran yang terdapat di SMK kejuruan teknik audio video pada rumpun elektrokomunikasi pada Silabus kurikulum 2013 SMK. Pada kurikulum sebelumnya materi tentang antena ini secara khusus belum ada paling bergabung pada materi radio dan televisi. Sistem antena pada saat itu tidak di kupas secara detail. Pada kurikulum 2013 ini sistem antena di bahas secara detail pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena.

Buku Materi dan Buku Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi

Bahan ajar Perekayasaan Sistem Antena adalah merupakan salah satu mata pelajaran dasar yang dibutuhkan dalam Teknik Elektronika Komunikasi dan merupakan dasar pekerjaan merencanakan, menerapkan dan pemasangan berbagai macam model antena, baik antena penerima maupun antena pemancar. Untuk itu pada pekerjaan ini siswa diharapkan dapat melakukan dan menguasai dengan benar karena akan menunjang pada proses pembelajaran berikutnya. Perekayasaan Sistem Antena merupakan salah satu bentuk dan alat bantu ajar yang dapat digunakan di bengkel pada saat siswa melakukanpraktik teknik antena. Dengan modul ini maka diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar yang berorientasi pada proses pembelajaran tuntas. Dengan modul ini diharapkan proses belajar mengajar akan menjadi program dan terencana untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pada siswa didik.

baca juga :

Materi dan Buku Perekayasaan Sistem Audio

Antena merupakan bagian penting dari suatu sistem komunikasi radio. Antena adalah suatu media yang berfungsi untuk memancarkan atau menerima gelombang elektromagnetik yang ada di medium udara. Frekuensi sinyal radio yang ada di udara dengan frekuensi yang beragam. Untuk memancarkan atau menerima sinyal radio tersebut diperlukan antena yang spesifikasinya disesuaikan dengan frekuensi sinyal yang akan diterima ataupun dipancarkan agar pada penerima mampu menerima energi sinyal sebaik-baiknya, atau mampu memancarkan energi sinyal radio secara maksimal.
Perancangan antena yang baik adalah ketika antena dapat mentransmisikan energi atau daya maksimum dalam arah yang diharapkan oleh penerima. Meskipun pada kenyataannya terdapat rugi-rugi yang terjadi ketika penjalaran gelombang seperti rugi-rugi pada saluran transmisi dan terjadi kondisi tidak matching antara saluran transmisi dan antena. Sehingga matching impedansi juga merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam perancangan sebuah antena Parameter parameter antena adalah hal yang sangat penting untuk menjelaskan unjuk kerja antena. Maka diperlukan parameter parameter antena yang akan memberikan informasi suatu antena sebagai pemancar maupun sebagai penerima.

Materi Perekayasaan Sistem Antena meliputi :

Propagasi radiasi langsung dan tidak langsung
serta Penguatan Antena.

Polarisasi antena dan distribusi arus dan
tegangan antena.

Pentingnya kesesuaian impedansi Antena
dan posisi ketinggian terhadap tanah. 

Lebar pita antena dan sudut pengarah
antena. 

Efek dari diameter penghantar antena. 
Pola radiasi antena dan sudut elevasi
antena 

Antena dipole setengah gelombang dan antena
tipe vertikal. 

Antena tipe T , L terbalik, Sloper dan
Dipole Vertikal 

Tipe antena Yagi.
Tipe antena Quad dan Loop. 

Buku pegangan Perekayasaan Sistem Antena dapat kamu Download disini klik skip ad dibagian pojok kanan atas untuk mendownloadnya secara langsung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme