Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Mengecek Page Rank Artikel

Artikel tips seo kali ini akan saya kupas tuntas bagaimana mengetahui artikel yang telah mendapat pagerank oleh google.com. Untuk mengetahui pagerank sebuah blog atau website bisa langsung ke situs pagerank checker tetapi ketika menilik pagerank dari artikel anda tidak bisa menggunakan pagerank checker tersebut.

Apa sebenarnya manfaat mengetahui pagerank artikel ?

Sebenarnya pagerank adalah salah satu faktor untuk mencari backlink yang berkualitas. Pagerank sebuah blog ataupun website akan berbeda dengan pagerank artikel. Atau sering disebut blogger sebagai pagerank homepage dan pagerank artikel. Sebagai contoh :

http://www.bjgp-rizal.com/ –> link homepage

http://www.bjgp-rizal.com/2013/08/buku-karya-cipto-junaedi.html –> link artikel

Nah, Cara untuk mengetahui pagerank artikel ini, salah satu caranya adalah menginstall toolbar SEOquake di komputer kita. Untuk menginstallnya langsung aja kamu ke SEOquake – seo toolbar, plugin, seo extension for Mozilla. Cara mengecek pagerank artikel dengan menggunakan seoquake adalah yang paling banyak digunakan oleh blogger karena selain untuk mengetahui pagerank di pencarian google, kamu juga akan mengetahui alexa rank blog di serp google. Baca kembali postingan terdahulu Cara Cepat Merampingkan Rank Alexa Blog.

Setelah kamu melakukan install seoquake di toolbar mozilla atau chrome maka selanjutnya aktifkan dengan mengklik simbol  SQ yang ada diatas atau di toolbar mozilla kamu. Lihat sendiri perbedaannya jika kamu mengklik simbol Seoquake jika dalam keadaan aktif atau tidak aktif.

SEOquake Cara Mengecek Page Rank Artikel

Cara Mengecek Page Rank Artikel

Selanjutnya buka jendela pencarian google.co.id dan ketik :  site:bjgp-rizal.com www.bjgp-rizal.com, huruf yang berwarna merah kamu ganti dengan link homepage blog kamu. Maka akan muncul di pencarian google seperti ini :
Cara Mengecek Page Rank Artikel
Nah, dari data diatas kamu akan mengetahui artikel mana yang telah mendapat pagerank yang bagus di pencarian google. Biasanya jika homepage telah memiliki pagerank minimal 2 maka akan banyak memiliki artikel yang ber pagerank 0 dan 1 bahkan 2 dan 3. Semakin tinggi pagerank homepage maka semakin besar kemungkinan banyak artikel yang telah memiliki pagerank 1, 2 ataupun 3.
 
Tips SEO ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk memasang backlink di website sendiri sehingga kemungkinan artikel kita juga akan naik dengan memiliki backlink yang berkualitas. Jika pagerank artikel adalah milik blogger lain maka pemasangan backlink adalah dengan cara berkomentar di artikel yang bersangkutan.  
 
Untuk website sederhana BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik telah memiliki sekitar 1 artikel berpagerank 3, 13 artikel yang memiliki pagerank 1 dan memiliki kurang lebih 50 artikel yang berpagerank 0 sisanya status pagerank n/a.
Check Page Rank
Salah satu artikel yang sudah memiliki pagerank 3 adalah Perumahan Nuansa Alam Citra Indah Cibubur. Artikel tahun 2013 saat mengikuti kontes SEO citra gran. Sedangkan, 13 artikel yang sudah berpagerank 1 adalah sebagai berikut :
  1. Cashout Perdana dari EasyHits4U artikel kategori : online earning
  2. Pembayaran adf.ly ke-7 bulan Desember artikel kategori : online earning
  3. Pembayaran ke-2 dari PTC Incentria artikel kategori : online earning
  4. Pembayaran ke 5 dari adf.ly artikel kategori : online earning
  5. Workshop Go Blog SMK Negeri 1 Pulau Rakyat artikel kategori : Guru ngeblog online
  6. Pemenang SEO Kontes De Primaterra artikel kategori : Kontes SEO
  7. Cari Uang lewat ekiosku.com artikel kategori : Kontes SEO
  8. Pembayaran adf.ly ke-9 dan ke 10 artikel kategori : online earning
  9. Guraru Award 2012 artikel kategori : Guru ngeblog
  10. PTC Clicksia akhirnya di Tutup artikel kategori : online earning
  11. Buku Kriya Elektronika artikel kategori : Guru ngeblog, buku
  12. Buku Karya Cipto Junaedy artikel kategori : Kontes SEO, buku
  13. Evo-Electronic, Pusat Belanja Elektronik Online artikel kategori : Kontes SEO
Dari 13 artikel yang mendapat pagerank 1 diatas ternyata yang paling banyak mendapat PR adalah artikel tentang make money online yang memang tidak dilakukan optimasi seperti layaknya artikel yang berlabel kontes SEO. Dapat disimpulkan bahwa google lebih menyenangi artikel yang orisinil dan natural yang berkonten tentang menghasilkan uang dari internet.
 
Okey deh, mudah-mudahan Tips SEO Cara Mengecek Page Rank Artikel bermanfaat bagi kamu blogger yang menginginkan backlink dari artikel sendiri. Sampai jumpa dengan artikel selanjutnya.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme