Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox

Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox

Siapa yang tidak takut jika blognya berstatus is possibly penalized or sandboxed by google!. Apalagi blog yang dikelola adalah catatan penting selama bertahun-tahun oleh blogger itu sendiri. Bagaimana sih Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox ?, berikut ini BJGP-Rizal.Com akan mengangkat topik seputar cara mengetahui seluk beluk si kotak pasir ini.

Perlu kita ketahui bahwa akhir tahun biasanya google melakukan ‘bersih-bersih’ dengan melakukan banned pada blog-blog yang dianggap melakukan pelanggaran yang tidak sesuai dengan TOS dari blogger. Hukuman tersebut mulai dari sandbox artikel sampai sandbox blog tersebut dan hukuman terakhir yang paling menyiksa adalah dilakukannya penghapusan secara permanen blog yang telah melanggar aturan mereka.
.
Pengertian Google sandbox sudah kita bahas sebelumnya dampak yang paling kontras terlihat saat mengetahui blog kita terindikasi sandbox adalah traffik tiba-tiba menurun secara drastis. Artikel biasa muncul di pencarian google tiba-tiba hilang tidak terindeks sampai dihalaman 20 google. Kisah seperti ini pernah saya alami 4 Artikel Kontes SEO bjgp-rizal Hilang dari Peredaran Google.com saat gencar-gencarnya kontes seo akhir tahun 2013. 

Bagi blogger seo yang doyan mengikuti event bergengsi seperti Kontes SEO maka istilah banned dan sandbox tidak asing lagi dalam benaknya. Hampir semua para Master SEO menggunakan teknik SPAM dengan meninggalkan komentar di berbagai paltform untuk mendongkrak artikel kontesnya.

Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox

Nah, bagaimana cara untuk mengetahui blog sudah di sandbox google.co.id ? Jangan takut kamu hanya tinggal masukkan link ke situs berikut ini :

  • ttp://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/. Situs ini bisa mengindeks blog yang terkena sandbox. Cukup masukkan link ke kotak yang disediakan kemudian tekan tombol check
 cek blog di sandbox 
Berikut ini indikator hasil analisis situs pengecek sanbox ini. 
  1. Deindexed – When your domain is completely removed from Google. Also known as Banned. (Domain dibanned oleh google.co.id)
  2. Penalized – When your domain or page still exists
    but none of your pages can be found through very direct search queries.
    This penalty can be automatic through the Google algorithm or manually
    applied by a Google Quality Engineer. (Domain masih bisa bernafas lega).
  3. Sandboxed – Your domain or page wasn’t Deindexed or Penalized, but the traffic you were getting from Google suddenly drops dramatically. (Domain masih bisa bernafas lega)
  • https://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm. Situs ini juga bisa mengindeks blog yang terkena sandbox. Cukup masukkan link ke kotak dan kata kunci menuju blog kamu. Selain mengecek link homepage situs ini juga bisa mengecek link artikel kamu. Selanjutnya isi penjumlahan angka yang diberikan sebagai tanda kamu bukan robot. Kemudian tekan tombol submit.
 cara mengecek blog terkena sandbox

Sekarang kita cek perbedaan penggunaan Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox di kedua situs ini .

no sandbox
Pengecekkan dengan menggunakan pixelgroove maka BJGP-Rizal.Com kelihatan OK alias tidak terkena google sandbox.

 

google sandbox bjgp-rizal

Pengecekkan BJGP-Rizal.com dengan menggunakan keyword : bjgp-rizal, guraru award, digital dasar, kriya elektronik, hias blog, pembelajaran online, rangkaian elektronik blog seorang guru elektronika ini masih aman dari fenomena google sandbox. Pengecekkan dilakukan di site https://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.html 

 

cek sandbox bjgp-rizal

Sedangkan ketika BJGP-Rizal.com di cek dengan menggunakan keyword lainnya seperti : guru blogger, kontes seo, Cipto Junaedy, soal online blog sederhana ini di indikasi terkena sandbox.

Begitu juga ketika saya melakukan pengecekkan link artikel yang menjadi TOP artikel setiap harinya dengan kata kunci mengedit foto secara online dengan link artikel : http://www.bjgp-rizal.com/2014/01/cara-mengedit-foto-secara-online.html, artikel ini juga berstatus : Your site still in google Sandbox

Padahal ketika saya keluar dan mengecek di jendela penyamaran firefox di pencarian google.co.id dengan kata kunci mengedit foto secara online maka artikel saya masih berada di posisi 1 pencarian google ini. Hal ini sangat jauh berbeda dengan pengertian sandbox dengan menyebutkan efek menghilangnya artikel di SERP google. Walau satu situs pengecek google sandbox menyatakan artikel yang kita posting terinfeksi sandbox mengapa masih masih berada di TOP pencarian google.co.id ?
cek mengedit foto secara online
Nah, dari berbagai illustrasi diatas maka rekan blogger bisa mengambil kesimpulan site mana yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengecek blog terkena sandbox atau tidak. Jangan terlalu tergesa-gesa untuk mengklaim bahwa blog atau artikel terkena kotak pasir google. Namanya juga mesin ciptaan manusia tetap ada kelemahan dan kelebihannya.

 

Mudah-mudahan Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox ini bisa menjadikan kita semakin mawas diri dan bijaksana dalam mengelola blog terutama sebagai guru untuk mengelola blog sebagai media pembelajaran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme