Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Teknik SEO 2015 yang Mesti Kamu Ketahui

Teknik SEO 2015 yang mesti diketahui semua Blogger

Perkembangan SEO memang enggak ada matinya. Bahkan ada banyak strategi seo yang harus dikuasai oleh seorang Pakar SEO. Sebab google memang tidak konsisten dengan aturannya. Walaupun demikian, banyak praktisi SEO yang bisa kita jadikan rujukan untuk kita fokus dalam teknik seo tertentu di tahun 2015 ini.

Mungkin sebagian blogger sudah banyak mengetahui informasi dan tertarik dengan dunia blogging atas andil social media besar seperti Facebook, Twitter dan Google Plus. Saya sendiri terinspirasi dengan dunia blogging melalui facebook rekan yang men-share-kan link blognya di status facebooknya. Tahun ini sepertinya menjadi puncak dari geliat sosial media tersebut.

google seo yang harus diketahuiBagi para Blogger yang sudah malang-melintang di dunia blogging pasti mengetahui update algoritma google yang tidak konsisten alias selalu berubah-ubah. Misalnya beberapa waktu yang lalu ketika dilaunchingkan algoritma hummingbird terjadi perubahan besar-besaran pada traffik blog BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik ini.
Prinsipnya Rahasia SEO yang Harus Kamu ketahui agar traffik pengunjung adalah mengikuti perkembangan teknik SEO yang terus semakin rumit, detil, sehingga kita tidak akan ketinggalan dengan update algoritma google dengan search enginenya. Teknik SEO yang sudah lama dan usang diupdate algoritma-algoritma baru. Rekan blogger tidak bisa lagi menerapkan budaya komentar SPAM di situs ataupun artikel yang berpage rank tinggi.
Google Penguin sangat membenci aktivitas SPAM Komentar tersebut. Hal ini dapat kita saksikan ketika kontes SEO yang berlangsung akhir tahun 2014 kemaren, banyak para kontestan SEO terkena dampak swepping Panda dan Penguin ini. Akhirnya blog di banned oleh google karena melanggar ketentuan. Yang penting diketahui semua teknik SEO harus disesuaikan dengan perkembangan sekarang.
Semua blogger ingin agar postingan tampil dihalaman 1 SE Google. Dulu metode link building biasa diawali dengan melakukan analisis sederhana sebuah blog melalui pagerank toolbar; untuk melihat berapa pageranknya dan pagerank artikelnya. Tapi kini  sepertinya pagerank toolbar sudah mati. Karena beberapa waktu yang lalu, Desember 2013 kisah tentang pagerank ini tidak berguna. Tetapi, lagi-lagi google tidak konsisten ketika sebuah blog zombey yang berpagerank di tandingkan dengan blog zombey yang tidak memiliki pagerank tetap blog yang memiliki pagerank tinggi lebih sangar di SERP.
Walaupu telah dikabarkan fenomena pagerank ini telah mati alias tidak berguna, tetap saja pada akhir 2013 kemaren BJGP-Rizal naik berpagerank 2. So, teknik link buildingyang dianggap telah usang tetap saja terapkan walau tidak serutin sebelumnya.
Berikut ini Teknik SEO 2015 yang menjadi fokus SEO tahun ini.

  1. Mobile Friendly 
  2. Kecepatan Load 
  3. Profil Backlink 
  4. Konten yang Shareable 
  5. Konten yang Kaya

Mobile Friendly


Walaupun mobile friendly ini muncul di tahun 2011 Saya sendiri baru menerapkan pembelajaran berbasis mobile edukasi pada tahun 2012 saat pertama kali mengenal konsep mobile ini. Meski pada tahun 2011 Google telah mendorong website untuk mendukung perangkat mobile tetapi baru di akhir 2014 kemarin, Google memutuskan untuk menyampaikan secara nyata dukungannya melalui label “Mobile Friendly” yang disematkan di bagian bawah judul halaman pada hasil listing SERP dalam mobile search. Tujuannya untuk memberikan info kepada user perangkat mobile apakah website di dalam list tersebut bisa diakses dengan baik atau tidak.
Bagi blogger yang berplatform blogspot kamu bisa tetap menggunakan template seo friendly  tinggal melakukan setting di bagian dashboard > template kemudian pilih seluler untuk diaktifkan. Saya sendiri tetap menggunakan template seo friendly dynamic header dan mengaktifkan versi mobilenya. Untuk melakukan cek blog kamu sudah aktif mode mobile friendly bisa cek di pengujian situs mobile-friendly.
Oh ya, jangan lupa kalo kamu sudah menggunakan template responsif, matikan versi mobile, karena tidak ada gunanya. Mungkin ini pula yang bikin bingung browser mobile saat memproses template mana yang harus ditampilkan.

Kecepatan Load

Sebenarnya konsep kecepatan load merupakan strategi SEO sejak dahulu. Semakin cepat loadingnya maka akan semakin disenangi google bahkan bukan ahanya google yang suka. Pengunjung juga lebih menyukai loading yang ringan dibanding terlalu lama menunggu web terbuka akibat banyaknya widget yang akan di loading.
Poin-poin yang penting agar loading semakin ringan adalah : mengoptimasi gambar (kompresi), mengkompresi file javascript dan CSS, perhatikan script yang diambil dari luar seperti widget, apabila responnya terlalu lama, pindah hosting script tersebut ke yang lebih baik atau cari versi sejenis yang dihost di tempat lain. Dan masih banyak cara lain lagi yang bisa dilakukan untuk meringankan laoding.

Profil Backlink

Backlink adalah tolok ukur yang digunakan oleh algoritma bernama PageRank™. Ditemani oleh beberapa algoritma lain, salah satu yang paling populer adalah Penguin, kualitas profil backlink sekarang menjadi fokus upaya SEO. Dulu backlink bisa serampangan dibuat, dengan spam sana sini bisa menaikkan blog, tetapi untuk tahun 2015, profil backlink yang dibuat dengan cara seperti itu akan menjatuhkan SEO blog untung saja tidak sampai kena google sandbox.
Profil backlink adalah gambaran kualitas backlink yang dimiliki sebuah situs hal ini berdasarkan :

  1. Darimana saja backlink berasal,
  2. Kualitasnya,
  3. Jumlahnya (kuantitasnya),
  4. Variasi keyword-nya,
  5. Penyebaran backlink ke homepage dan halaman-halaman lain,
  6. dan Persentase nofollow vs dofollow-nya.

Jika (1) backlink berasal dari situs-situs berkualitas tinggi, (2) backlink memiliki variasi keyword bermacam-macam (tampak natural), (3) memiliki keseimbangan antara nofollow dan dofollow, (4) backlink ke homepage tidak terlampau parah jumlahnya dibanding dengan halaman lain, maka profil backlink sebuah website disebut authoritative atau memiliki legitimasi tinggi. Sebaliknya, jika (1) banyak backlink berasal dari situs spam, (2) direktori dan bookmark yang diragukan kualitasnya, (3) backlink hasil spam dan atau didapat dengan cara tidak wajar, (4) backlink memiliki variasi keyword dengan mayoritas sama persis atau hampir sama persis, (5) jumlah backlink ke homepage luar biasa banyaknya sampai ribuan sedangkan ke post cuma satu dua, dan (6) semua backlink dofollow atau katakanlah sekitar 90% dofollow, maka profil backlinknya rendah atau tidak memiliki legitimasi, serta rawan terancam penurunan ranking, bahkan penalti atau banned total.
Oleh karena itu, strategi spam kini sangat berbahaya. Meskipun social bookmarking, dan direktori masih ada yang legitimate, tapi anda harus lebih selektif lagi, bahkan sebaiknya mengurangi aktivitas bagi-bagi link di situs-situs demikian.
Memiliki link nofollow itu wajar, dan sudah semestinya. Jadi backlink dofollow dan nofollow itu berdampingan. Yang tidak wajar adalah ketika hampir semua backlink anda dofollow (katakanlah seperti tadi, 90% dofollow), maka backlink sobat justru mudah diendus sebagai tidak wajar.
Mengenai variasi keyword, sudah jelas keyword yang sama persis dan bertubi-tubi sebagai anchor text pada sebagian besar backlink juga menjadi salah satu sebab blog dimakan penguin.
Strategi terbaik? Bisa dikatakan saya sekarang jarang sekali melakukan link building dan lebih memilih menunggu mendapatkannya (link earning). Mendapatkan backlink adalah cara paling natural, dengan hasil backlink sangat berkualitas. Apa sih maksudnya?
Kalau saya link ke situs-situs berlegitimed dalam bentuk dofollow itu sah, tidak menjadi masalah. Mereka mungkin gak tahu, dan gak perlu tahu, saya link karena ingin link ke mereka karena memang harus merujukkan ke sana. Kalo saya link ke situs yang telah terpilih sesuai, saya tentunya tidak menjerumuskan orang, yang dikasih backlink mungkin akan dapat efek bagus, yang kasih juga punya efek bagus, karena blog tanpa link keluar itu blog mati. Link keluar akan semakin memberikan gambaran pada Google bahwa keduanya berkaitan dan relevan. Tapi memang harus hati-hati, jangan sampai situs spam atau phising di link, karena dangerous, men.
Konsep link earning. Kalo kita punya sesuatu informasi yang bagus, sangat bermanfaat, original, dan bisa menjadi referensi bagi rekan blogger yang membutuhkan sehingga kita kutipkan pada sebuah halaman, kemungkinan mendapatkan backlink seperti di atas sangat bagus. So, berkarya terus, asah terus kemampuan dalam menulis.

Konten Yang “Shareable”

Meski sinyal social (tweet, like, comment, plus one, share, dll) masih menjadi perdebatan hangat, antara berpengaruh atau tidak terhadap SEO, tapi ini menjadi satu tolok ukur penting. Konten yang “share-able”, atau yang memiliki kemampuan untuk di-share dan menjadi viral (menyebar kemana-mana) menunjukkan bahwa sebuah konten memiliki ciri kualitas tertentu. Selain itu, share di sini juga berarti linkback, atau pemberian backlink karena konten menjadi rujukan dari berbagai website lain. Ini kembali lagi ke poin 3.
Konten yang di-share seperti Minuman berenergi mungkin tidak secara langsung berpengaruh pada SEO, tapi menjadi indikator bahwa blog dan si Empu-nya memiliki daya bagi yang sangat tinggi. Sedikit lebih berat nih, konten demikian akan meningkatkan brand, baik pada web/blog, bisnis, maupun individu-nya. Konten seperti ini mengundang banyak hal: link back dari halaman web/blog lain (mendapatkan backlink dari situs lain secara natural), meningkatkan popularitas, dan memberikan otoritas pada blog sobat serta sobat sendiri.

Konten yang Kaya

Semua Master SEO Indonesia dan Blogger professional sudah tahu bahwa konten yang kaya menjadi kunci kesuksesan SEO. Sebenarnya konsep ini perlu diterapkan pada saat kontes SEO berlangsung. Kita tidak berbicara pada konten jenis lain (gambar, video, lirik, definisi kata, dll), tapi konten blog dan konten dalam bentuk tertulis lainnya, yang intinya melibatkan penuturan melalui tulisan. Jadi konten pendek, atau kira-kita kurang dari 250-300 kata tidak bisa disebut sebagai konten yang kaya. Meski ada, banyak sekali, konten pendek bisa menang di-SERP, saya pastikan tidak akan lama. Ini logis. Idealnya, konten yang kaya pasti melibatkan penulisan kata yang tidak sedikit. Semakin kaya, semakin banyak kata yang dibutuhkan untuk ditulis. Intinya, semakin banyak wawasan yang harus dibongkar dan disampaikan, semakin panjang sebuah konten. Dan ini yang paling penting: semakin kaya pula variasi kata-kata maupun keywordnya seperti Jasa SEO Murah.

Saya tidak menyebutkan bahwa konten harus panjang sampai puluhan ribu kata, tidak. Kalo mau gitu bikin buku saja. Yang saya maksud adalah jika memang harus dikatakan, katakanlah. Jangan terpaku pada “katanya” post yang cuma 250 kata saja bisa menang di SERP, post yang cuma beberapa kalimat aja bisa mendapat halaman satu, dan seterusnya.  Itu tergantung konteksnya. Kalo sobat cuma mau nulis soal download software, aneh kalo nulis sampai 2000 kata. Beda dengan ini, mungkin akan butuh lebih dari jumlah kata itu (dan lebih kaya): sobat bikin tutorial tentang menggunakan software itu, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan, lengkap dengan tips-trik-nya. Dan konten blog biasanya identik dengan yang ini, dan yang ini juga yang biasanya jauh lebih valuable. Dan sekali lagi, konten seperti ini yang jauh lebih share-able… Maka konten yang share-able akan lebih mudah mendapatkan apa? Betul, backlink natural.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme