Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Yuk Simak Ulasan Apa itu Generator Surya !

Sebuah generator surya adalah beberapa modul surya yang dirangkai secara tertentu untuk menghasilkan tegangandan arus yang lebih besar. Sedangkan modul surya terdiri dari sel-sel surya yang terangkai secara seri atau parallel. Prinsip sel Surya yang bekerja berdasarkan banyaknya cahaya yang menyinari permukaan surya ini biasanya di rangkai agar menghasilkan tegangan dan arus tertentu. Sebagai energi terbarukan di masa mendatang solar sel terus dikembangkan untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan.
Generator Surya
Rangkaian modul surya seri : Modul surya yang dirangkai secara seri untuk meningkatkan tegangan sebuah generator. Dengan kata lain jika ingin menghasilkan tegangan yang lebih besar maka modul harus dihubung secara seri. Dengan dirangkai secara seri ini maka tegangan yang dihasilkan sebuah modul surya akan lebih besar dibanding secara paralel.
Rangkaian modul surya seri 
Rangkaian modul Surya paralel : Sebaliknya ketika modul dirangkai secara paralel biasanya untuk menghasilkan arus listrik yang lebih besar dari sebuah generator.
Rangkaian modul surya paralel

Rangkaian modul surya seri-paralel :

Modul surya juga dapat dirangkai kombinasi yang terhubung satu sama lain modul sel seperti rangkaian seri dan parallel. Dengan begitu rangkaian ini menjadi inverter yang dapat menghasilkan tegangan dan arus listrik yang lebih tinggi. Disamping itu rangkaian kombinasi seri dan parallel akan menghasilkan suplai daya yang lebih besar.
Rangkaian modul surya seri-paralel
Rangkaian modul surya kombinasi
Oleh karena itu, prinsip sebuah Generator Surya adalah kumpulan modul surya yang dihubung secara seri ataupun paralel agar menghasilkan energi yang lebih besar. Mudah-mudahan artikel singkat mengenai generator surya di website BJGP-Rizal.com, Pembelajaran Online Guru Elektronik ini bermanfaat bagi siswa saya di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme