Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Air Terjun Simonang-Monang Nasibmu Kini

Liburan jeda semester ganjil tahun 2015 ini saya bersama rombongan Rohis SMK Negeri 2 Tanjungbalai mengadakan dakwah silaturahmi dan sekaligus meluangkan waktu untuk berkunjung di tempat wisata ini. Tetapi sungguh sangat jauh perbedaannya. Simonang-monang dahulu adalah tempat yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah hanya untuk melepas lelah bersama keluarga dialam yang penuh dengan bebatuan ini.

Siapa yang tidak mengenal air terjun simonang-monang, tempat wisata sahan yang populer tahun 90-an. Semasa kecil orang tua kami membawa kami ke tempat air terjun yang penuh dengan bebatuan yang besar dan licin. Seolah sebuah tempat yang penuh dengan keindahan alam yang alami. Berbeda dengan tempat wisata edukasi dan rekreasi di Jakarta yang ditata apik.

Saya bersama Ammar Alhafiz (my son)

liburan air terjun simonang-monangWisata Asahan Air Terjun Simonang-Monang, Nasib mu kini

Air Terjun Simonang-monang terletak di perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara. Ketinggian Air terjun Simonang-monang ini tidaklah terlampaui tinggi tapi lumayan lebar berkisar seputar 20 m saja tingginya. Sangat Disayangkan lokasi ini tidk terawat. Keadaan alamnya masih tetap seperti dahulu, air terjun yang deras tercurah dari tebing yang tingginya kurang lebih 15 meter. Batu-batu tua terhampar di sepanjang aliran air terjun. Di sekitar air terjun yang biasanya bisa direnangi dengan menggunakan balon atau ban dalam kini sudah mendangkal akibat tumpukan pasir yang terendap.

baca juga :

Menjelajah Hotel Murah di Jakarta

Jalan menuju tempat wisata simonang-monang ini dari dahulu sampai sekarang tetap tidak ada perubahan yaitu berupa jalan yang di timbun padas untuk pengerasan agar tidak licin. Suasana kebun sawit telah merambah areal wisata ini yang dahulunya adalah pohon hutan yang tinggi memang menyerampan. Tetapi sekarang sepanjang jalan samapai ke titik kumpul tempat parkir kendaraan sudah di tumbuhi oleh kebun sawit.

liburan air terjun simonang-monang
liburan air terjun simonang-monang

Seolah pemerintah tidak ambil pusing dengan aset daerah yang sangat bagus jika dikelola dengan baik. Pamor air terjun simonang-monang telah terkalahkan dengan tempat wisata asahan yang lain seperti PONOT dan BEDENG yang sama-sama menampilkan panorama air terjun. Hanya saja ketempat wisata yang baru ini akses jalan sangat bagus dan aspal tanpa lobang padas yang mengganggu.

Air terjun Simonang-monang nasib mu kini.. Walaupun demikian kenangan masa kecil kami masih terpatri di ingatan kami sebagai tempat berkumpul hari libur bersama keluarga dan handaitaulan.

Updated: March 19, 2018 — 2:24 pm
BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme