Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Apakah Search Engine Optimization (SEO) di tahun 2017 masih Ampuh ?

Okey bro, bicara tentang SEO gak ada matinya, beberapa teman ada yang bertanya bagaimana kondisi search engine optimization di tahun 2017, apakah teknik SEO di tahun 2017 masih ampuh, dan bagaimana teknik seo terbaru 2017 masih banyak lagi seabrek pertanyaan yang datang walaupun hanya sekedar bertanya atau cuma mendikte saya.seo-2017

Ilmu SEO tidak lekang dengan waktu atau zaman. Semakin banyaknya situs online maka persaingan secara SERP semakin menggila juga. Sebenarnya bicara tentang Search engine optimasi ini bukan kapasitas saya, mengingat saya  bukan master seo apalagi pakar seo. Tetapi dengan membaca perkembangan google dan mengaplikasikan berbagai informasi yang saya dapat maka saya sebagai blogger newbe menyimpulkan sedikit tentang Apakah Search Engine Optimization (SEO) di tahun 2017 masih Ampuh ?

Apakah tahun 2017 ini ditengah persaingan global dengan negara-negara ASEAN yang dikenal dengan MEA teknik seo masih bisa di aplikasikan dengan baik ?. Pertanyaan ini tentu bisa menjadi beragam, ada yang mengatakan teknik seo tidak berlaku lagi, ada juga yang berasumsi teknik seo dengan memanfaatkan google ads ataupun facbook ads semakin ampuh. Sebenarnya jawaban tersebut tergantung praktisi seo tersebut. Jika blogger tersebut pengguna google ads ataupun facebook ads tentu saja ia akan mengatakan bahwa seo harus di perkuat dengan kedua hal tersebut.

Terlepas dari berbagai pendapat para master seo ataupun pakar seo mengenai search engine optimization tahun 2017 tetap saya mengatakan bahwa mengoptimasi situs tidak lekang oleh zaman. Tidak ada musim seo ataupun tidak ada istilah teknik seo tidak berlaku lagi di tahun 2017. Semakin ketat persaingan online maka akan semakin banyak para pemilik toko online memanfaatkan jasa seo untuk mengoptimasikan situ toko onlinenya. Apalagi persaingan di tahun 2017 ini sudah lebih lebar dengan memasuki era MEA atau Afta istilahnya.

Teknik SEO 2015 yang Mesti Kamu Ketahui

Jika di tahun 2016 kemaren kita masih fokus menggunakan jasa google ads dan facebook ads maka di tahun 2017 ini sepertinya hal tersebut tidak berlaku lagi. Perlu tenaga ekstra untuk mengoptimasi website atau blog kita untuk bisa bersaing di SERP google. Siapa yang di TOP maka dia adalah penguasa produk toko online yang ia jual.

Selama anda terjun di dunia digital maka anda tetap menggunakan SEO untuk mengoptimasikan situs atau website anda terhadap mesin pencari google walaupun anda sudah menggunakan facebook ads maupun google ads sekalipun. Jadi perkembangan SEO di tahun 2017 bukan menurun tetapi semakin meningkat apalagi yang menggeluti kewirausahaan di bidang usaha online, sejak berlakunya MEA maka semakin berpeluang untuk mengoptimasikan situs dengan teknik SEO.

Jadi di tahun 2017 ini Anda harus benar-benar mengoptimasikan situs anda jika ingin tetap bersaing di pencarian google.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme