Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

10 Hobi Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu Untuk Memulai Bisnis!

Pernah dengar kalimat “Love what you do and do what you love”? Quote yang satu ini terdengar sangat menyenangkan ya guys? Kamu bisa loh menerapkan quote ini dalam kehidupanmu! Bagaimana caranya? Jadikanlah hobi kamu sebagai bisnis atau profesi!

Jika kita mengerjakan suatu hal yang disukai, energi positif akan mengalir, dengan begitu kita akan semakin semangat dalam mengerjakan pekerjaan. Untuk kamu yang sedang mencari ide bisnis, kamu bisa jadikan hobi sebagai bisnis! Berikut adalah beberapa contoh hobi yang bisa kamu kembangkan menjadi sebuah bisnis.

  • 1. Menulis

Writing via idolaqiu 

Jika kamu memiliki hobi menulis, ini jelas sekali bisa dijadikan suatu sumber penghasilan. Rata-rata kegiatan menulis dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, tapi sebenarnya menulis ini bisa kita jadikan sebagai sumber penghasilan utama loh guys. Kamu bisa menjadi seorang content writer, copy writer, atau jurnalis.Atau jika kamu suka menulis cerita, kamu bisa mengarang cerpenmu sendiri. Coba saja ajukan cerpen-cerpen hasil karya kamu ke koran atau majalah. Jika diterima, pasti kamu senang dong hasil karya kamu bisa dibaca orang lain.

Selain itu kamu juga mendapatkan honor dari tulisanmu. Jika kamu memang punya hobi menulis dan sangat berminat menjadi seorang pengarang novel, berjuanglah dan pegang komitmen untuk menyelesaikan tulisan kamu. Selain itu banyak-banyaklah membaca buku, karena dengan membaca buku kamu dapat memperluas sudut padang. Jika sudah siap semua, mendapat lampu hijau dari editor, dan buku kamu resmi diterbitkan, VOILA~ Kamu sudah menjadi seorang novelist! Jadi semangat terus ya!
  • 2. Blogging

Blogging via iblisqq

Siapa yang punya hobi nge-blog, ayo angkat tangan! Hihihi… Jaman sekarang, menjadi seorang blogger bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama loh! Profesi ini tergolong hal yang seru karena selain bisa memberi penghasilan untuk kamu, kamu juga bisa berbagi informasi dengan para pembaca. Cukup banyak orang-orang yang sukses mengawali karier mereka dari menjadi seorang blogger, contohnya: Evita Nuh, Diana Rikasari, Clara Devi, Stella Lee, dan masih banyak lagi blogger lainnya.
Awalnya mungkin susah ya untuk dapat followers atau reader untuk blog kamu, tapi jangan menyerah! Mereka yang sudah sukses pun mulai dari nol, mereka terus berusaha dan berkomitmen. Dari usaha dan komitmen inilah sekarang mereka bisa sukses. Perluas koneksimu, kamu bisa ikut event-event yang bertema sama dengan blogmu, contohnya: fashion, kuliner, travel, dan masih banyak lagi.
  • 3. Ikut Kontes SEO

Mereka yang sudah sering ngeblog dan surfing disana-sini akan mendapatkan informasi seputar ajang kontes seo dengan hadiah yang cukup besar. Setidaknya tiga tahun belakangan ini hampir setiap bulannya ada kontes seo yang berlangsung. Dengan mengikuti kontes tersebut hobby yang tukang spam atau menanam backlink akan banyak berguna.

Terserah mau ikut kontes seo apa aja banyak ragam tentang situs yang mengadakan kontes seo mulai dari situs bandarq terpercaya, gadai  terbaik, toko obat nyamuk HIT, mobil sedan corolla, portal berita agen bola terkini, sampai situs kuliner seperti martabak di Bandung dan ada juga contes hosting terbaik semi dedicated anti suspen

  • 4. Menggambar

Drawing via perx-injector.blogspot.com

Nah, buat kamu yang punya hobi menggambar, bisnis kamu pasti akan sangat menyenangkan! Kamu bisa menjadi seorang ilustrator dan menjual hasil karyamu di event-event kreatif. Zaman sekarang ini event-event kreatif sudah sering diadakan, seperti Catalys Art Market, Popcon, Comic Frontier, dan masih banyak lagi.
Kamu bisa unjuk gigi di event kreatif ini, selain berbisnis kamu juga akan mendapat teman baru. Selain menjadi ilustrator, kamu juga bisa membuka tempat kursus menggambar. Kamu bisa memulainya dari hal yang kecil dulu, seperti menjadi guru privat menggambar. Ingat, suatu hal yang besar selalu di mulai dari hal yang kecil.
  • 5. Membaca

Reading via www.caranyata.info/ 

Buat kamu yang suka membaca dan memiliki banyak koleksi buku, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka perpustakaan kecil. Perlu diketahui, budaya membaca di Indonesia ini persentasenya sangat rendah. Data yang diperoleh dari UNESCO menunjukan bahwa budaya membaca di negeri kita hanya mencapai angka 0,01 %. Bahkan tidak menyentuh angka 1 %. Nah, dengan membuka taman baca atau perpustakaan kecil ini, selain berbisnis, kamu juga bisa menumbuhkan budaya membaca dan juga berbagi ilmu untuk sesama.
  • 6. Memasak

Cooking via foodiedise.blogspot.com

Kalau dengar kata memasak, pasti tertuju pada usaha kuliner. Bagi kamu yang hobi memasak, selain usaha membuka rumah makan, kamu juga bisa membuka usaha catering. Nah! Bahkan manfaatnya bukan cuma satu saja kan. Kalau kamu tertarik untuk membuka usaha catering, selain kamu bisa menyalurkan hobi, kamu juga bisa membantu meringankan beban orang-orang yang super sibuk dan tidak sempat memasak. Dari usaha catering pula kamu bisa menerima pesanan acara-acara khusus seperti arisan, bahkan pernikahan!
  • 7. Kerajinan Tangan

Handycraft via foodforpr.blogspot.com

Untuk kamu yang punya hobi membuat kerajinan tangan, kamu bisa membuka bisnis mandiri dari hasil karyamu. Kamu bisa memasarkan kerajinan tangan kamu di event-event kreatif atau pameran, sekarang ini sudah banyak diadakan event atau pameran, jadi kamu bisa ikut berpartisipasi. Selain itu kamu bisa juga menjual hasil karyamu melalui media online.
Selain berjualan, kamu juga bisa membuka tempat kursus atau perkumpulan bagi sesama pecinta kerajinan tangan. Di sana kamu bisa bertukar ilmu, atau bahkan bisa buat event sendiri loh guys! Pasti seru bangetkan kalau bisa kumpul bareng orang-orang yang punya hobi yang sama kayak kamu.
  • 8. Merajut

Merajut via http://badroomhomedesign.blogspot.com

Ada yang punya hobi merajut? Merajut memang sudah jarang dilakukan oleh wanita-wanita jaman sekarang, tapi kegiatan yang satu ini bisa jadikan bisnis mandiri. Dari merajut kita bisa membuat macam-macam fashion stuff seperti scraft, cardigan, sweater, tas, dan masih banyak lagi. Hasil karya rajutanmu bisa dijual, bisa lewat online ataupun offline. Sekarang ini sudah banyak situs yang mau menampung usaha online, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba kan?
Selain menjual produk hasil rajutan, kamu juga bisa membuka kursus merajut. Bisa sharing ilmu untuk sesama. Siapa tahu sebenarnya teman kamu atau beberapa orang di luar sana ada yang tertarik untuk belajar merajut, tapi mereka nggak tahu mau belajar sama siapa. Kamu jadi bisa bantu mereka juga.
  • 9. Make-up

Make Up Artist via http://facialandbeauty.blogspot.com

Siapa yang suka dandan tunjuk jari! Hihihi…. Make-up artist ! Yap! Buat kamu yang punya hobi bersolek, profesi ini sudah pasti sangat cocok untuk kamu! Profesi yang satu ini cukup menjajikan loh guys. Bayaran seorang make-up artist freelance yang paling murah rata-rata Rp 250.000 per orang.
Nah, banyangkan apabila dalam satu hari kamu mendapat permintaan untuk merias  empat orang. Dalam satu hari kamu sudah mendapat satu juta rupiah, guys! Wah! Besar juga kan pendapatannya! So, buat kamu yang punya hobi ini, jangan ragu untuk menjadi make-up artist!
  • 10. Fotografi

Photography via fotofotonews.blogspot.com

Zaman sekarang ini fotografi sudah digemari banyak kalangan. Bisa kita lihat sekarang di Instagram banyak sekali orang-orang yang meng-upload foto yang berasal dari hasil jepretan smartphone mereka. Namun ada juga yang memang hobi memfoto menggunakan kamera DSLR. Nah, untuk kamu yang punya hobi fotografi, hobi ini bisa dijadikan usaha foto pra wedding, ulang tahun (biasanya sweet seventeen), event-event besar, atau bahkan kamu bisa juga buka studio foto minimal kamu memahami tips praktis fotografi terlebih dahulu.

Nah, sudah baca 10 hobi yang bisa jadi Inspirasi kamu untuk memulai bisnis kan ? semoga terinspirasi guys. Banyak loh orang-orang yang sukses berkarir dari hobi mereka. Kamu bisa mencontoh dan menyusul kesuksesan mereka. Jangan takut bertanya, perluas koneksi, terus berusaha, jangan cepat puas, dan pegang komitmen ketika sudah mulai berusaha. Good luck, guys!

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme