Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

5 Bisnis Mudah dan Menguntungkan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah!

Kamu pasti pengen kan dapet uang jajan tambahan? Apa lagi kamu sedang menjalani kuliah di luar kota yang jauh dari rumah, mau tidak mau kamu harus pintar me-manage uang jajan, agar tidak habis diawal bulan. Nggak mau kan uang jajanmu habis cuma karena hal sepele seperti fotokopi, atau nongkrong sama temen?

Banyak contoh bisnis sambil kuliah bisa dilakukan sebagai mahasiswa pemula mencari bisnis tanpa modal sepertinya mustahil apalagi bisnis rumahan yang bisa menguntungkan sehingga biaya anak kuliahan bisa gratis. Apasaja sih bisnis anak kuliah modal kecil dan bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan sehingga menambah uang saku.

Pasti kamu pernah kepikiran buat kerja, tapi karena jadwal kuliah yang masih sangat padat, kamu jadi berpikir dua kali untuk kerja. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu coba dan menghasilkan uang tambahan lho. Dan dijamin nggak bakal menyita waktu belajar dan waktu kuliah. Kegiatan usaha ini bisa kamu lakukan di kost maupun di kampus. Inilah 5 kegiatan usaha yang bisa kamu coba. Yuk, simak sama-sama!

  • Jasa Membersihkan Sepatu

Shoes Cleaner via idolaqiu.com
Jasa untuk membersihkan sepatu memang sudah sangat menjamur dikalangan anak muda. Bisnis ini banyak diminati karena mudah dan tidak memerlukan modal yang banyak. Untuk kamu yang peduli dengan kebersihan, kamu bisa coba membuka jasa membersihkan sepatu.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebih Rp100.000,- untuk membeli cairan pembersih sepatu yang bisa kamu temukan di internet maupun di toko-toko yang menyediakan jasa untuk membersihkan sepatu. Biasanya mereka juga menyediakan cairannya sekaligus agar kamu bisa melakukannya sendiri dirumah.

Untuk cara membersihkan sepatu, kamu bisa belajar secara autodidak dengan menontonnya di Youtube tentang cara membersihkan sepatu. Biasanya tarif per-pair sepatu untuk deep clean atau membersihkan secara keseluruhan bisa mencapai Rp 50.000,- dan unyellowing sole atau menghilangkan warna kuning pada rubber sole biasanya dibandrol dengan harga Rp 30.000,-.

Baca, 8 Tips Ini Untuk Mendulang Rupiah dari Internet!

Bayangkan keuntungannya, bila dalam sehari mendapat 4 pairs sepatu untuk dikerjakan. Dan kamu tidak perlu repot untuk menyewa tempat untuk membuka jasa ini, karena bisa melakukannya di kamar kost. Lumayan buat jajan dan tabungan, kan?

  • Jasa Pembuatan T-shirt

Pabrik Kaos Sablon via www.sablon-kaos.com

Kampus selain untuk kegiatan perkuliahan pasti juga banyak kegiatan organisasi juga, kan? Ini adalah peluang bisnis bagi kamu yang berminat dalam usaha konveksi. Event kampus biasanya membutuhkan seragam untuk panitianya, kamu bisa membuka jasa design kaos sekaligus menyediakan kaos dan sablonnya.

Di zaman yang modern ini sudah bukan hal yang susah untuk mencari pemasok kaos polos. Kaos polos dijual mulai dari Rp 20.000,- per kaos tergantung jenisnya. Dan untuk jasa sablon biasanya dihargai mulai dari Rp 15.000,- tergantung tinta yang digunakan dan jumlah warna pada gambar.

Kamu hanya perlu mencari supplier kaos yang terpercaya dan jasa sablon saja. Kamu bisa memasarkan usaha dengan membuat pamflet yang bisa kamu tempelkan di tempat-tempat atau ruang informasi di kampus. 

Kamu juga bisa memasarkan dari mulut ke mulut kepada teman atau kamu bisa menyebarkan broadcast message menggunakan jejaring sosial.

Kamu cukup mematok minimal order. Dan bila orderan memenuhi target, kamu bisa memulai produksi dengan memberikan data pesanan kepada jasa sablon yang sudah dipilih sebagai rekan. Mudah dan tidak menyita waktu, kan?

  • Berjualan Makanan untuk Bekal

Bekal Makanan via kokiqq.co

Untuk kamu yang gemar memasak, manfaatkan hobi jadi sebuah usaha yang menguntungkan. Jika kost kamu menyediakan dapur untuk bersama, manfaatkan dapur ini untuk ruang produksi. Kamu bisa memasak menu yang ingin dijual dalam lunch box bekal.

Box makanan banyak di jual di toko plastik. Kamu bisa membeli sesuai yang diinginkan dan dengan harga yang terjangkau. Hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah packaging. Packaging yang menarik akan banyak diminati. Apalagi sasaran usaha kamu adalah mahasiswa yang tidak memiliki waktu untuk sarapan karena malas membeli makan.

Kamu bisa melakukan pemasaran melalui jejaring sosial yang, seperti Path atau Line. Kamu hanya memproduksi makanan sesuai dengan banyaknya order aja agar tidak merugi dan membuang makanan yang tidak laku.

Transaksi dilakukan di kampus saat kamu kuliah. Jadi, saat jam pergantian kuliah atau jam kosong menunggu kuliah selanjutnya, kamu bisa bertemu dengan pembeli.

  • Minuman dalam Kemasan

Minuman Botol Instagram via kokiqq.org

Yap! Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan adalah menjual jus buah dan susu segar dengan berbagai varian rasa. Kamu memerlukan botol untuk packaging agar terlihat lebih menarik.

Botol-botol plastik ini bisa dengan mudah kamu dapatkan diberbagai toko plastik atau kamu bisa membelinya di toko online yang menjual berbagai macam jenis dan bentuk botol. Botol ini bisa kamu isi dengan susu segar atau yang paling gampang adalah jus buah atau sayur.

Kamu cukup membeli sayur dan buah segar di pasar. Untuk resep, kamu bisa menemukannya di situs makanan atau majalah. Kamu bisa membuka dan memasarkan produk melalui jejaring sosial dan kamu cukup memproduksi sesuai dengan order-an.

Kamu tidak perlu membuka toko untuk berjualan, cukup bawa produk ke kampus untuk bertemu teman-teman yang sudah order minuman ini. Simple, kan?

  • Jasa Party Planner

Party Planner via fashionbydux.us

Party planner adalah jasa yang menguntungkan. Kamu bisa mematok harga Rp 50.000,- per orang. Kamu cukup menggunakan modal kurang lebih Rp 150.000 untuk membeli balon helium, pita dan pernak-pernik lainnya. 

Akan sangat menekan biaya pengeluaran apabila kamu mempunyai printer untuk mencetak kartu nama untuk undangan, pernak-pernik hiasan untuk cupcakes sesuai tema yang diminta konsumen dan untuk table set yang diletakkan dibawah piring.

Untuk cupcakes, kamu tidak usah repot membuatnya. Kamucukup membeli beberapa cupcakes di bakery shop. Untuk hiasan, kamu cukup membelinya sekali aja. Karena bisa kamu gunakan untuk pesta ulang tahun lainya, seperti cake tray, vas bunga dan lainnya.

Usaha ini sangat mudah dan jasanya sangat banyak diminati dikalangan anak kuliah. Party planner untuk 5 orang biasanya dihargai kurang lebih Rp 300.000,- sampai Rp 500.000,- tergantung konsep yang diminta. Menyenangkan, kan? Kamu bisa berkreasi
dan mendapatkan uang dari usaha sendiri. 

Diatas adalah contoh dari 5 usaha yang bisa kamu coba untuk menambah uang jajan kuliah. Bila usaha kamu berjalan dan berkembang, kamu bisa meminta kepada orangtua untuk tidak memberikan uang jajan karena kamu sudah bisa mendapatkan uang dari hobi dan usaha sendiri.

Hasilnya bisa kamu tabung untuk membeli barang kesukaan atau untuk liburan kesuatu tempat. Lakukan usaha yang mudah dan tidak mengganggu jadwal kuliah dan belajar kamu.

Kamu bisa melakukan close order bila sedang banyak tugas kuliah dan bisa membuka order-an lagi ketika kamu sudah tidak sibuk. Selamat berwirausaha dan jangan menyerah yaa, guys!

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme