Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

8 Ide Bisnis Ini Bisa Kamu Tekuni untuk Menambah Uang Jajanmu!

Okey bro, kali ini akan kita bahas peluang usaha yang akan memberimu uang tambahan jika kamu menenkunin ya dengan sungguh-sungguh. Jangan hanya berangan-angan menjadi PNS aja seperti Guru Online ini heheh.. Masih banyak peluang usaha di luar sana jika kamu sungguh-sungguh maka kamu akan sukses. Oke deh lanjut 8 ide peluang usaha yang akan menambah pundi uang mu.

Memulai usaha bagi sebagian orang terutama mahasiswa sangatlah sulit. Banyak hal yang harus dipikirkan dengan matang. Apakah kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Selain itu, terkadang kamu juga harus rela berkorban jika memilih untuk memulai bisnis sendiri. Salah satu hal yang membuat kebanyakan orang kesulitan memulai usaha adalah pertanyaan “Mau usaha apa?” atau “Mau dapat modal dari mana untuk memulai usaha? Duit jajan aja masih minta orang tua…..”. Memang hal-hal tersebut yang harus dipikirkan jika ingin memulai usaha tapi bukan berarti kamu nggak bisa membuat usaha sendiri. “Di mana ada usaha yang keras di situ ada jalan”.

Jangan sampai kamu terlalu memikirkan mau buat usaha apa tapi nggak ada pergerakan dari kamu. Coba aja usaha yang sederhana nggak mesti harus yang langsung gede ‘kan? Well, semua butuh proses. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Bisnis Online Shop

Bisnis Online Shop

Siapa sih yang nggak tahu dengan online shop? Pasti kamu sudah akrab dengan toko online ini atau se-nggaknya sudah pernah dengar ‘kan? Yups, bisnis yang hanya bermodalkan vivo smartphone terbaru ini sudah banyak banget tersebar di sekeliling kita. Ada yang dari Indonesia sendiri dan ada juga yang dari luar negeri. Produk yang ditawarkan pun bermacam-macam dan hampir semua yang orang-orang butuhin dijual di online shop.

Kalau tertarik dengan usaha ini kamu hanya butuh gadget dan media sosial untuk mempromosikan barang jualan kamu. “terus modal buat beli barang jualannya dari mana? nggak usah takut, kalau kamu sama sekali nggak ada duit buat dijadiin modal kamu bisa jadi reseller atau dropshipper barang-barang yang dijual oleh online shop lain. Gampang ‘kan? Kamu nggak perlu ke kantor atau semacamnya. Berleye-leye dikamarpun kamu sudah bisa menghasilkan uang. Yang jelas harus jujur yah! Biar usahanya berkah.

2. Bisnis Jualan Barang Bekas

Bisnis Jualan Barang Bekas
Barang Bekas via www.kokiqq.co

Setiap orang pasti punya barang yang sudah tidak terpakai seperti sepatu, tas, pakaian, handphone, laptop dan sebagaianya. Daripada memenuhi kamar lebih baik barang-barang tersebut kamu jual, kan lumayan menghasilkan uang dan tidak memerlukan modal.

Tapi kamu harus selektif juga jangan asal jual aja. Pilih barang-barang yang memang masih bagus dan layak pakai. Kamu bisa tawarkan ke teman kamu atau kalau barangnya memang banyak kamu bisa buka lapak tuh di pasar mahasiswa.

3. Membuat Aksesori Dari Barang Bekas

Membuat Aksesori Dari Barang Bekas

Daur Ulang Barang Bekas via www.tipsiana.com

Selain untuk dijual, kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kamu dan menyulapnya menjadi barang yang lebih berguna. Usaha ini biasanya disebut mendaur ulang sampah yang masih layak pakai. Nggak butuh modal kok. Cukup mengumpulkan barang-barang bekas yang menurut kamu bisa dijadikan handcraft (kerajinan tangan). Yang dibutuhin cuma kreatifitas aja. Semakin kreatif barang yang kamu buat akan semakin banyak peminatnya.

Kamu bisa membuat aksesori-aksesori yang lagi ngetrend sekarang seperti kalung, cincin, bandana, ataupun tas-tas yang unik. Lumayan loh uang yang dihasilkan dari bisnis seperti ini. Mungkin aja kan dari usaha yang hanya kecil-kecilan kedepannya bakal jadi bisnis yang besar. Nggak jarang kok banyak anak muda yang menekuni bisnis seperti ini dan haislnya emang lumayan.

4. Bisnis T-shirt

Bisnis T-shirt

Bisnis yang satu ini lagi maraknya digandrungi oleh anak muda. Dengan modal kreatif aja kamu sudah bisa buka bisnis T-shirt. “Tapi gimana caranya agar bisa bersaing dengan yang lain yang notabene udah punya nama di masyarakat?” emang nggak mudah untuk bisa langsung bersaing jika kamu baru pemula. Kamu harus mengerti dulu pasarnya seperti apa. Nggak usah mikir usahanya mau langsung gede, yang kecil-kecilan aja dulu. Promosikan ke teman-teman kampus, keluarga, teman nongkrong, temannya teman, temannya keluarga kalau mereka tertarik dan suka terus banyak yang order baru kamu mikir untuk memperluas usaha kamu.

Yang harus kamu tahu kalau mau memulai bisnis adalah semuanya butuh proses. Kalau kata-kata ini sudah kamu tanamkan dalam hati kedepanya sudah gampang kalau kamu menemui masalah di tengah-tengah usaha yang sedang kamu rintis. Well, kamu nggak boleh gampang nyerah. Nyari duit emang nggak segampang ngebalikin telapak tangan.

5. Bisnis Les Private

Bisnis Les Private

Nah, kalau bisnis yang satu ini benar-benar bisnis yang nggak memerlukan modal. Kalau kamu punya keterampilan di salah satu bidang pelajaran entah SD, SMP atau SMA bahkan perkuliahan pun kamu bisa mencoba bisnis ini. Selain untuk menambah uang jajan, bisnis ini juga mulia karena kamu akan membagi apa yang kamu ketahui dengan orang lain yang membutuhkan. Dapat uang dapat pahala juga.

Tapi, kalau kamu mau mendalami bisnis ini kamu benar-benar harus sabar. Kamu enggak pernah tahu orang yang kamu ajarin seperti apa. Mungkin aja mereka agak kurang dalam penguasaan materi di sekolah jadi kamu harus punya tenaga ekstra untuk menjelaskan materinya lebih detail.

Biasanya, guru private ini banyak dicari saat mendekati ujian nasional, ujian akhir sekolah dan juga ujian masuk perguruan tinggi. So, persiapkan dirimu guys!

6. Jasa Fotografi

Jasa Fotografi

Kalau kamu punya hobi memotret kamu bisa jadiin bisnis guys. Lumayan kan bisa menghasilkan duit dari apa yang kita senangi. Nah, kalau kamu ingin bergelut di bisnis ini setidaknya kamu sudah punya kamera. Itu sudah menjadi poin penting untuk menjadi seorang fotografer. Nggak mungkin dong kamu buka jasa fotografi tapi nggak punya kamera sama sekali.

Kamu bisa menawarkan jasa kamu ke teman-teman yang ingin mengabadikan momen dalam hidup mereka atau kamu juga bisa menawarkan ke keluarga jika ingin mengadakan acara. Tapi, kalau client kamu keluarga nggak usah minta bayaran yang tinggi, hehehe… Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan jasa kamu di media sosial. Banyak kok yang butuh jasa kamu. Apalagi sekarang ini nih sudah banyak banget yang pengen momen indah bersama teman, keluarga ataupun pacar diabadikan. Well, nggak susah kok kalau mau mencoba bisnis ini.

7. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Untuk bisnis yang satu ini benar-benar sangat dibutuhkan. Biasanya yang bergelut di bidang ini disebut “Desainer”. Sama halnya dengan fotografi, dengan keterampilan kamu yang bisa mengoperasikan perangkat lunak dan menjadi suatu bentuk desain kamu bisa mencoba bisnis ini. Yang dibutuhkan hanyalah kreativitas dan juga waktu luang untuk mengerjakannya. Kalau kamu yang sudah jatuh cinta dibidang ini pasti nggak butuh banyak alasan lagi untuk bisa mencoba bisnis ini.

Kamu bisa menawarkan desain-desain yang kamu buat ke perusahaan-perusahaan atau ke teman kamu yang pengen buat brand tapi nggak bisa ngedesain. Lumayan loh kalau hobi kamu bisa menghasilkan duit.

8. Jasa SEO dan Menulis Artikel

 Jasa SEO dan Menulis Artikel
Jasa seo via www.idolaqiu.com

Mungkin peluang ini banyak yang dilupakan oleh para mahasiswa yang juga doyan ngeblog seperti saya. Jika Anda memiliki skill yang mumpuni untuk menaikkan traffik sebuah website maka kamu bisa membuka usaha jasa seo. Tidak perlu kantor karena kerjanya juga online. Ane gak bisa seo bos ? masih ada cara lain yaitu dengan menjadi penulis bebas misalnya menulis tentang artikel kesehatan, gadget, kecantikan wanita, olah raga, agen bola ataupun situs bandarq masih banyak nice artikel yang bisa kamu jadikan sumber inspirasi.

Menulis artikel jika artikelmu unik lepas dari copypaste research maka artikel kamu layak untuk dilelalang. Minimal untuk jasa artikel 500 kata. Maka pundi-pundi rupiahmu akan bertambah pastinya.

Jadi, gimana nih? Sudah ada yang memikat hati kamu? Nggak usah berpikir terlalu lama guys, memulai meski gagal lebih baik dari pada nggak pernah memulai sama sekali. Selamat mencoba, yah!

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme