Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Tips Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Kali ini blog guru online akan mereview sediki tentang tips mempersiapkan rumah dimusim hujan sehingga rumah minimalis sekalipun akan nyaman disaat musim hujan tiba. Rumah merupakan tempat berlindung dari terik matahari dan guyuran air hujan. Namun apa jadinya ketika musim hujan telah tiba terjadi beberapa masalah pada rumah anda sehingga anda tidak merasa nyaman berada di dalam rumah minimalis. Tentu hal semacam ini tidak ingin anda alami. Sebelum membangun rumah, pasti anda sudah mendesain atau memperhitungkan agar rumah anda dapat mengantisipasi hujan yang turun. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada hal-hal yang membuat anda kuatir berada di dalam rumah saat musim hujan. Untuk membantu anda supaya nyaman di dalam rumah ketika hujan turun.

tips%2Bmerawat%2Brumah%2BMusim%2BHujan

Berikut ini akan di ulas tips merawat rumah ketika musim hujan :

  • Periksa kondisi atap atau genteng rumah

Lakukan pengechekan atap atau genteng rumah ini minimal empat bulan sekali. Perhatikan apakah ada retakan atau kerusakan pada atap rumah anda. apabila ada keretakan segera lakukan perbaikan dengan menyambung atau merekatkan atap tersebut. Namun apabila kerusakan atap rumah anda sudah parah. Maka lebih baik anda mengganti atap tersebut. Periksa pula kondisi plafon rumah anda. apakah ada genangan air atau bekas air pada plafon tersebut. Segera perbaiki atau ganti palfon yang rusak. Sebab anda tentu tidak ingin ketika hujan turun tiba-tiba plafon rumah anda jatuh.

  • Periksa talang

Bersihkan talang dari sampah atau kotoran yang bisa menyumbat saluran air. apabila sampah itu tidak dibersihkan dapat menyebabkan air menggenang. Sehingga luber dan masuk ke dalam rumah. lihat pula kondisi talang rumah anda apakah ada yang bocor atau rusak. Apabila ada yang bocor maka segera lakukan perbaikan agar ketika sewaktu-waktu turun hujan anda tidak dipusingkan dengan masalah talang yang bocor. Penting juga untuk anda memerikssa keemiringan atap. Untuk atap asbes kemiringan yang dibutuhkan adalah 15 derajat sedangkan untuk atap genteng kemiringan yang tepat ialah 30 derajat.
Semoga dengan tips merawat rumah saat musim hujan di atas anda bisa merasa nyaman berada di dalam rumah ketika turun hujan.

Updated: January 13, 2017 — 5:31 am

2 Comments

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme