BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Guru pembelajar Online | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Guru Pembelajar di Era Digital : Memanfaatkan Blog sebagai Media Pendidikan Online

BJGP-Rizal Logo

Tidak dapat dipungkiri dengan hadirnya internet dan teknologi digital dalam kehidupan kita telah mengubah hampir seluruh aspek aktivitas kita sehari-hari. Mulai melakukan bisnis, melakukan penelitian, memilih hiburan bahkan yang hari ini sedang berkembang di dunia pendidikan yaitu pembelajaran berbasis  online  via blog.

Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan
Internet merupakan sumber informasi yang tak terbatas, baik yang negatif maupun positif. Namun semua tergantung pada niat seseorang ketika memanfaatkan internet. Banyak sekali yang didapat dengan hadirnya internet, khususnya pendidikan diantaranya: perpustakaan online, modul belajar, materi kuliah/sekolah, ensiklopedi, soal-soal latihan, dan masih banyak lagi ketersediaan informasi untuk pendidikan.

Oleh karena itu bagi seorang guru sudah selayaknya memanfaatkan jaringan internet sebagai media alat bantu untuk memberikan artikel pembelajaran, informasi dalam bentuk multimedia (animasi, audio, video, maupun gambar), dan latihan dalam bentuk soal-soal  online.

Blog sebagai Media Edukasi di Era Digital
Saya membuat blog www.bjgp-rizal.com dengan maksud untuk memberikan berbagai artikel pendidikan, bidang teknik audio video agar dapat diakses dan dimanfaatkan oleh pengguna atau pengunjung  yaitu digital natives pada umumnya dan khususnya siswa/i tempat saya mengajar di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.

Manfaat blog ini dapat diuraikan dalam dua sisi, yang pertama bagi pemilik blog sendiri atau admin dan yang kedua manfaat blog bagi pengguna internet atau digital natives yaitu masyarakat luas pada umumnya dan sisiwa/i saya pada khususnya.

Dari sisi pemilik blog atau admin manfaat yang didapat adalah mengasah keterampilan dalam bidang menulis, menambah ilmu, membangun image branding, peluang bisnis, bebas berekspresi dalam mengemukakan ide atau gagasan, dapat berinteraksi dengan oleh pengguna atau pengunjung  yaitu digital natives  memperoleh manfaat berbagai sumber informasi secara gratis misalnya mengunggah video, mengcopy materi pelajaran, menemukan solusi dari permasalahan yang dialami, manambah keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet.

Dengan adanya blog yang dikelola langsung oleh seorang guru maka pembelajaran berbasis online akan dapat berlangsung tanpa tersekat oleh ruang dan waktu. Memberikan konstribusi dalam menyebarkan bahan belajar berbasis online. Sehingga internet bukan digunakan hanya untuk mencari informasi, membuat email, mencari pertemanan, maupun hanya sekedar mencari aplikasi yang gartis saja. Didalam blog saya sendiri misalnya saya menampilkan hampir seluruh materi pembelajaran saya baik berupa artikel, video, gambar-gambar, soal-soal online, hasil karya siswa, forum sekolah sehingga warga sekolah khususnya dapat berinteraksi dengan saya baik dengan meninggalkan pesan email maupun pesan komentar.  Sehingga semua materi dalam blog saya dapat diakses di warnet-warnet dan bahkan melalui via handphone seluler atau mobile edukasi tanpa batas. Bahkan dalam proses pembelajaran saya memanfaatkan blog tersebut ketika proses belajar mengajar (PBM) berlangsung didalam kelas, ataupun diluar kelas.

Ditambah lagi dengan hadirnya media jejaring sosial hari ini, yang sangat dikenal masyarakat Indonesia  yaitu facebook semakin memudahkan saya untuk berkomunikasi,menyebarkan dan mensosialisakan informasi edukasi saya berupa blog tersebut kepada seluruh pengguna digital natives di Indonesia.

Penulis adalah pemenang Kontes Menulis GURARU 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme