Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Langkah-Langkah Pembuatan Robot Sederhana Tanpa Program

Artikel ini populer saat di publish pertama kali di portal ini. Pembuatan robot sederhana tanpa IC ini juga pernah saya berikan kepada siswa di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Hasilnya juga pernah saya pamerkan ketika Gebyar Pendidikan yang diadakan Dinas Pendidikan Tanjungbalai. Berikut ini kita akan tampilkan langkah-langkah pembuatan robot sederhana tanpa program hanya dengan menggunakan bahan bekas juga bisa. mudah2an dapat bermanfaat bagi pembaca portal online guru elektronika di BJGP-Rizal ini.

Step by Step pembuatan Robot Sederhana

Kebetulan dirumah banyak mainan yang rusak maklum banyak anak-anak, setiap kali rusak minta dibelikan lagi, iseng lihat-lihat instructables.com ada hal yang menarik dihalaman tersebut yaitu cara membuat robot sederhana. Disamping mudah untuk membuatnya, anak-anakpun akan senang jika memainkannya. Okey langsung aja deh saya ingin menjelaskan cara membuat robot sederhananya. Alat dan bahannya juga sangat mudah kita dapatkan yaitu dari bekas mainan yang rusak juga bisa. Daripada kita buang lebih baik kita manfaatkan, berikut ini alat-alat yang harus disiapkan :
a. Tempat Battre ukuran 2 battre (Battre Holder) 1 buah, bisa dibeli di toko elektronik
b. SPDT Switch/Micro Switch 2 buah,
c. Klip kertas secukupnya
d. Konektor terminal kabel (bisa juga tidak menggunakannya)
e. Dinamo (motor) mainan 2 buah, bisa kita dapatkan dari mainan yang rusak seperti mini 4WD (tamiya). Tapi dengan catatan dinamotor tersebut masih berfungsi/berputar/tidak rusak.
Hanya dengan modal kecil kita sudah punya mainan kreatif, canggih! hihihi…

  
 
 
 
 
 Sumber :http://www.instructables.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme