Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Yuk, Workshop e-Learning EDMODO 2016 kota Tanjungbalai

Workshop e-learning merupakan aplikasi edmodo sebagai Guru pembelajar. Workshop elektronik learning yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Tanjungbalai diharapkan agar guru bisa belajar mandiri pada portal guru pembelajar online yang disediakan oleh Kemendikbud. Dalam portal resmi yang di keluarkan kedikbud ini sudah tersedia modul guru pembelajar sesuai dengan materi yang diampu guru.

edmdo

Edmodo merupakan situs sejenis jejaring sosial yang menyediakan berbagai sarana penyimpanan gratis yang bisa dimanfaatkan oleh guru. Aplikasinya mudah dan tidak terlalu sulit bagi guru yang suka dengan jejaring sosial seperti facebook. Karena bentuknya hampir samatetapi lebih banyak menyediakan ruang untuk sarana berbagi dan menyimpan gratis.

Daftarnya paling gampang kamu sebaiknya sudah login melalui akun gmail sehingga ketika kamu akan mendaftar tinggal melanjutkan dengan akun gmail tersebut. Gampang toh?? tinggal lengkapi aja data-data dan mulailah berbagi dengan guru-guru dan siswa diseluruh Indonesia. eh bukan hanya Indonesia lho ? tetapi dengan seluruh komunitas edmodo kita bisa berbagi. Nah bagi saya blogger, edmodo ini sangat bermanfaat sebagai tempat baru untuk pengujung blog saya heheh…

Sedikit materi tentang Workshop Edmodo :

Elektronik Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan adanya e-learning maka materi bisa menjangkau wilayah geografis yang luas, dapat melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan yang terakhir dengan adanya e-learning kita sebagai guru mendapt bantuan profesional secara online.

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.

Perkembangannya Pembelajaran Jarak Jauh :

Generasi 1 : Bahan ajar menggunakan jasa pos

Generasi 2 : .. belum sempat catet

Generasi 3 : .. belum sempat catet hihi..

Generasi 4 : berbasis web

Generasi : berbasis mobile

Cara login kesitus guru pembelajar onlinen di situs resminya https://gurupembelajar.id/ tersebut biasanya hanya bermodalkan username dan password yang sudah didata dari pengelola IT disekolah. Istilah guru pembelajar kemdikbud sebut sebagai guru pembelajar moda daring yang merupakan pengembangan kompetensi guru. Sebenarnya portal guru tersebut sebenarnya harus menyediakan perangkat yang dibutuhkan guru dalam proses pembelajaran. Website sederhana ini juga merupakan portal guru elektronik online yang diupayakan bisa dimanfaatkan dan diakses oleh guru dan siswa seluruh dunia umumnya dan Sekolah kita khususnya.

Peran Guru dalam Proses Belajar Mengajar

E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).

Bagi saya menggunakan blog sebagai media pembelajaran online sudah saya kenal sejak tahun 2012. Tetapi karena saya seorang blogger maka saya memanfaatkan blog tersebut sebagai sarana untuk berbagi dengan siswa. Bahkan dengan asiknya saya di dunia blogger pada tahun 2012 akhire kemaren saya menelurkan sebuah buku yang dititel : Mengelola blog sebagai media pembelajaran online.

buku mengelola-blog_sebagai-media-belajar-1

Apa yg dimaksud dengan e-learning

Kalau ditanya apasih yang dimaksud dengan e-learning itu ? langsung aja kamu surfing di google banyak sekali pengertian tentang hal tersebut. Contoh e-learning yang paling dasar bisa berupa multimedia yang merupakan awal dari perkembangan e-learning di indonesia. Sesudah multimedia berkembang dunia pendidikan terus melakukan inovasi dengan tidak terbatas dengan sebuah piringan hitam sajatetapi bisa terkoneksi dengan sebuah situs yang bisa diakses ke seluruh dunia. Setidaknya ada 10 manfaat ngeblog salah satunya adalah untuk e-learning.

Baca artikel saya terdahulu : http://www.bjgp-rizal.com/2013/05/10-manfaat-blog-bagi-guru-pembelajar.html

Nah bagaimana guru pembelajar apakah mereka termasuk e-learning ? sudah barang tentu. Karena guru saat ini harus sudah terkoneksi dengan dunia maya bahkan administrasinya saat ini sudah mulai di jaring dalam sebuah portal resmi. so, yuk mulai e-learning dengan edmodo dan dapatkan manfaatnya… heehheh…

1 Comment

Add a Comment
  1. edmodo memang asyik jika siswa dan gurunya memiliki pashion belajar e-learning..

    salam kenal pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme