BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Guru pembelajar Online | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Guru Elektronik – Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang akan kita bahas kali ini. Peralihan premium ke pertalite ataupun pertamax sudah sampai ke masyarakat konsumen di daerah-daerah. “Cuman nambah Rp. 450 dapetin PERTALITE 90 Oktan lebih irit dan tarikan enteng” begitu bunyi banner yang saya lihat di salah satu SPPBE PT Sinar Mulia Muara Sentosa SUMUT tempat lokasi saya tinggal.

pertalite berkualitas

Harga bbm industri Pertamina didaerah Sumatera Utara Rp. 6900.00.- merupakan kampanye peralihan premiun kebahan bakar pertalite atau pertamax sudah sampai ke masyarakat konsumen di daerah-daerah terpencil seperti Tanjungbalai.

Jika kita cari tahu apa saja bahan bakar alternatif pengganti bensin sebagai alternatifnya sebenarnya banyak mulai dari BIODIESEL. Etanol, Nitrogen cair, Liquefied Petroleum Gas (LPG), Hidrogen energi Kimia, air bahkan Urine dan kotoran binatang atau manusia juga bisa.

Contoh bahan bakar alternatif pengganti benzin ini yang ramah lingkungan yang di pasarkan secara massal adalah pertalite dan pertamax. khususnya para pengguna motor maupun mobil masih menggunakan Pertamax, pertalite, solar dan biodiesel. Karena BBM jenis itu yang sering ada di Pertamina.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Jika ada yang bertanya apa sih sebenarnya pengertian bahan bakar alternatif itu ? mungkin kamu bisa googling aja dan banyak artikel mengenai bbm alternatif yang ramah lingkungan. Kalau diluar negeri sih, seperti negara India dan Bangladesh transportasi sudah menggunakan baterai dan gas. Hal ini karena saya sendiri sudah pernah berkunjung ke negri Hindustan ini untuk belajar Dakwah.

Selama perjalanan tersebut sebagai guru teknik saya merasa kagum dengan teknologi yang mereka gunakan padahal sepengetahuan saya kedua negara ini adalah negara miskin apalagi Bangladesh, Tetapi untuk teknologi kendaraan dan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan negara mereka lebih dahulu menerapkannya, heheh..

SPBU negeri itu telah menyediakan isi ulang gas layaknya premium dan bahan bakar lain.

Sedangkan untuk cash baterai ada tempat tersendiri. Kalau di Indonesia seperti di daerah saya sendiri di Tanjungbalai belum ada SPBU yang menyediakan isi bahan bakar gas untuk kendaraan. Kalau untuk masak kita tinggal ganti tabungnya saja.

Kendaraan di India dan Bangladesh sudah menerapkan motto bbm ramah lingkungan. Sedangkan di negeri kita bahan bakar yang ramah lingkungan untuk kendaraan selain biodiesel sekarang mulai di populerkan yaitu pertamax dan pertalite. Karena kendaraan bertype bensin bisa langsung memilih bbm berkualitas ini tanpa harus mengubah desain mobil.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Info pertamina terbaru Pertamina menghadirkan pertamax turbo yang Research Octane Number (RON) minimal 98 semula di lengkapi Ignition Boost resep (IBF). Pertamina kembali menegaskan komitmen untuk menerapkan kebijakan menggunakan bahan bakar minyak yang ramah lingkungan ini dengan produk pertalite dan pertamaxnya. Ditambah lagi komitmen bahwa bbm di Indonesia harus satu harga di seluruh daerah di Indonesia. Pertamina (Persero) menyerukan penggunaan bahan bakar terbaru yaitu Pertamax Turbo untuk kendaraan berteknologi tinggi.

Mengingat perkembangan teknologi mesin kendaraan bermotor semakin canggih seperti penggunaan compressor, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi. Walaupun untuk kalangan masyarakat kendaraan jenis seperti itu belum meluas.

pertamina solusi

Jadi secara langsung yang mengetahui performa jenis bbm Pertamax Turbo ini masih kalangan menengah keatas. Saya sendiri masih menggunakan pertalite sebagai pengganti premium untuk bahan bakar mesin mobil kijang tahun 98. Selain harganya tidak terlalu jauh dari premium juga lumayan ringan suara mesin pastinya.

Masyarakat awam masih banyak belum mengenal betul pengganti premium ini. Saya sendiri mengenal pertamax dan pertalite ketika mengisi bbm di SPBU karena sudah tidak adalagi premium sedangkan tangki kendaraan sudah kosong. baca : Go To Medan, Penabalan Nama Kemanakan, Pertamina Minim Premium

Awalnya masih aneh melihat minyak di pinggiran pasar yang berwarna-warni hijau dan biru karena setau saya premium berwarna kuning. Lama kelamaan, mau tidak mau, suka tidak suka penggunaan pertalite sebagai penggnati premium sudah menjadi kebiasaan. Hal ini karena premium memang sudah hilang di beberapa SPBU besar di Tanjungbalai. Tetapi anehnya di Pertamini alias pertamina kecil rumahan masih ada menyediakan bbm dengan jenis premium ini.

pertamina-solusi-bbm-berkualitas-dan-ramah-lingkungan

BBM Ramah Lingkungan

Berbicara BBM ramah lingkungansebenarnya banyak alternatif pilihan. sebut saja salah satunya adalah listrik sebagai bahan bakar alternatif. Pernah mendengar mobil listrik, motor listrik bahkan kereta api listrik ? Untuk motor listrik bahkan sudah diproduksi oleh beberapa produsen kedaraan. Harga terjangkau, bahan bakar murah, emisi kendaraan rendah bahkan tidak ada menjadikan alasan listrik sangat layak dijadikan bahan bakar alternatif. Tetapi pengguna kendaraan yang bertenaga listrik di Indonesia masih lebih sedikit dibanding kendaraan dengan bahan bakar minyak. Sehingga Pertamina menyiasati dengan pertalite bagi kendaraan bermotor yang bermesin dengan tenaga minyak.

Masih zaman ngandalin BBM murah tapi membuat polusi lingkungan ? ayo beralih ke bahan bakar berkualitas dengan harga terjangkau pertalite pastinya !

BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau

Dengan menggunakan BBM yang memiliki oktan tinggi dan berdasarkan harga untuk masyarakat pasti terjangkau secara tidak langsung sudah berpartisipasi menyelamatkan lingkungan. Dengan tingkat polusi udara yang ditimbulkan bisa diminimalisir dengan peggunaan pertalite ini. Sehingga alam tetap asri sejuk dan nyaman untuk dinikmati.

Apa sebenarnya oktan tersebut ? Jika kita ingat kembali pelajaran kimia SMA maka dikenal bilangan oktan yaitu bilangan yang menggambarkan besar tekanan yang bisa diberikan sebelum sebuah bahan bakar seperti bensin terbakar secara spontan. Jika di tilik di dalam sebuah mesin motor, udara dan bensin yang bercampur yang kesemuanya dalam bentuk gas akan ditekan oleh sebuah piston sehingga menghasilkan volume yang sangat kecil dan selanjutnya akan dibakar oleh percikan api yang dalam hal ini diperoleh dari kerja sebuah busi. Adakalanya campuran udara-bensin juga dapat terbakar secara spontanitas sebelum percikan api dari busi keluar.

pertamina bahan bakar ramah lingkungan

Pada keadaan campuran udara-bensin terbakar karena tekanan yang sangat tinggi bukan karena percikan api dari busi mobil, disinilah akan terjadi istilahnya knocking atau pukulan di dalam mesin. Akibatnya mesin cepat rusak, sehingga keadaan ini sekuat mungkin harus bisa hindari. Kehadiran Pertalite yang memiliki oktan lebih tinggi dari bensin merupakan solusi dari knocking ini.

Apasih yang membedakan antara bahan bakar Premium, Pertamax, dan Pertalite ?

1. Angka oktan

Yang membedakan bbm satu dengan yang lain adalah angka oktan yang dikeluarkan berdasarkan research octane number (RON) pastinya. Semakin tinggi nilai kadar oktan BBMnya maka semakin bagus kekuatan kompress Bahan bakar tersebut terhadap mesin kendaraan. Residu sisa pembakaran pada mesin kendaraan bisa diminimalisir.

Nilai oktan paling rendah adalah Premium yakni hanya 88. BBM jenis ini paling populer di Indonesia. Pada umumnya, Premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti: mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain.

Pertamax yang merupakan hasil pengolahan minyak bumi dengan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya memiliki nilao oktan 92. Lebih bagus dibanding premium untuk kesehatan kendaraan berdasarkan angka oktan bbm tersebut. Untuk perkembangannya ada bbm Pertamax plus dengan nilai oktan lebih tinggi yaitu 95 yang telah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pengguna bbm jenis ini kendaraan yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.

Sedangkan untuk pertalite yang sering digunakan para supir taxi memiliki angka oktan sebesar 91 karena pertalite ini sendiiri hasil proses percampuran antara premium dan pertamax.

Untuk mengetahui besaran oktar masing-masing BBM yang beredar di Indonesia bisa dilihat dari tabel dibawah.
Beberapa bilangan angka oktan untuk BBM :

kategori-bbm Indonesia

2. Warna cairan

Untuk warna, sebelumnya saya juga bingung saat jenis pertalite dan pertamax pertama kali beredar di kota Tanjungbalai. Bertanya juga sih dalam hati itu minyak apa kok ada yang warna merah, hijau kan biasanya kuning saat saya melewati penjual minyak bbm secara eceran. Setelah kendaraan saya beralih ke pertalite yang ternyata percampuran antara premium dan pertamax biru hijauan merupakan warna pertamax.

Oh ya, jangan lupa juga untuk membaca artikel BJGP-Rizal yang lain tentang review artikel Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Pokoknya stay tune terus di web cekgurizal dijamin penuh informasi deh..

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme