Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Heroiknya Massa Aksi Bela Islam 212 Jakarta

Sebenarnya saya tidak ikut hadir di arena aksi bela  Islam (2) 411 dan 3 saat 211 kemaren. Tetapi dengan melihat di media massa yang betul menampilkan keadaan sesungguhnya sudah  cukup melinangkan air mata ini melihat perjuangan saudara seiman ini. Belum lagi dari teman-teman saya yang langsung memberikan video streaming ataupun chapture-chapture spesial keadaan yang sedang berlangsung. Melihat dan membaca status dari teman teman yang ikut aksi langsung saja membuat hati ini bergetar apalagi ikut langsung ke TKP.

aksibelaislam212

aksi-bela-islam-212

Berapa banyak yanga hadir ? Apa  juta orang atau 4 juta orang ? Anda sendiri yang bisa memperkirakan jumlah aksi super damai 212 kemaren. Untuk menjadi bukti sejarah bahwa aksi demonstrasi terbesar dan paling damai yang pernah ada di Republik Indonesia ini. Berikut ini saya copas pengalaman dari status yang ikut aksi langsung.

Sesuai labelnya, Aksi 212 beneran damai alias super damai. Sejatinya Aksi 411 juga sangat damai. Dan ini tidak mudah, apalagi kalau ditilik dari jumlah massa yang masing-masing aksi mencapai lebih 2 juta orang (cek Google Earth). Ramai tapi relatif damai.

Ya, ini aksi bermartabat. Boleh diadu dengan unjuk rasa manapun sedunia sepanjang sejarah, termasuk negara-negara maju yang ngakunya lebih demokratis. Adakah seramai dan sedamai ini? Kapolri saja mengakui, tak satu pun pohon tumbang. Dinas kebersihan sampai takjub, kok bisa serapi ini?

Selama ini penyaluran aspirasi oleh massa identik dengan kekerasan dan kerusuhan. Nah, Aksi 212 dan Aksi 411 mengubah mindset pesertanya. Ramai tapi relatif damai. Tertib. Boleh dibilang, Revolusi Mental (Perubahan Mindset) terjadi di sini.

Lebih jauh, sebenarnya nilai-nilai Nawacita pun seperti aman, demokratis, melibatkan daerah, menghargai kebhinnekaan dan restorasi sosial, diam-diam sudah tertuang di Aksi 212 ini.

Bayangkan 2 juta lebih massa berkumpul di Monas dan sekitarnya. Begitu massa bubaran, eh sampah juga ikut ‘bubaran’ alias bersih. Teramat banyak orang yang berlomba-lomba mungutin sampah. Ini sebuah restorasi sosial, bukankah selama ini masyarakat kita dikenal ‘masa bodoh dengan sampah’? Belum lagi yang bagi-bagi makanan, ini serasa di Nabawi dan Masjidil Haram.

baca juga : Go To Medan, Penabalan Nama Kemanakan, Pertamina Minim Premium

Heroiknya, Aksi 212 lebih membludak daripada Aksi 411. Padahal menjelang aksi sudah ada fatwa haram dari seorang tokoh, fatwa bid’ah dari seorang ulama, stigma makar dari polisi, tebar selebaran dari helikopter, boikot transportasi dari aparat, eh tetap saja lebih membludak. Meluber sampai Istiqlal, Thamrin, serta Tugu Tani.

Serunya lagi, para politisi tidak diberi panggung di sini. Males juga distempel tunggang-menunggang. Massa kan bukan kuda atau menunggu lebaran kuda, hehe. Paling tahunya cuma patung kuda, hehe.

Dan keajaiban kecil pun terjadi. Ketika panitia mulai kuatir peserta akan dehidrasi, keletihan, dan kekurangan air wudhu, eh tiba-tiba ada kejutan: hujan turun di menit-menit menjelang Jumatan. Ya Allah, Engkau memang The Best Planner!

“Rasain kehujanan!” tukas si hater. Hehe, dia tidak tahu bahwa insya Allah: Jumat + Hujan + Jamaah = Makbul.

Ust. Arifin Ilham ketika tampil di awal memang sengaja meminta hujan sebagai tanda terkabulnya doa. Namun, meskipun hujan, massa tak bergeming. Masya Allah. Saya yakin akan beda ceritanya kalau kampanye politik atau konser musik. Dihujani begitu, pastilah massa akan kabur terbirit-birit.

Lihat pula Surah Anfal 11, hujan seperti itu diturunkan untuk menyegarkan jasad dan meneguhkan kedudukan. Bukankah hujan sedemikian juga pernah diturunkan ketika Perang Badar?

Flashback sejenak. Saat Isra Miraj, Nabi Muhammad bersua dengan malaikat yang sangat ahli soal hujan (lihat Al-Mustadrak Syeikh An-Nuri, jilid 5), bahkan mampu menghitung jumlah tetes air hujan yang tercurah sejak manusia pertama sampai manusia terakhir!

Namun tahukah Anda apa kelemahan malaikat ini? Ternyata, ia tidak mampu menghitung jumlah pahala yang tercurah saat umat Nabi Muhammad berkumpul di suatu tempat dan menyebut-nyebut nama Nabi Muhammad! Masya Allah, bukankah ini juga terjadi di Aksi 212?

Maka beberapa ustadz pun memaparkan:

  • Aksi 411 bagai Sa’i, berjalan dan berlari-lari kecil.
  • Aksi 212 bagai Wukuf, duduk diam tak banyak bergerak.
  • Boleh dibilang, kedua aksi ini mirip manasik haji terbesar sepanjang sejarah dunia (sekaligus sholat jumat terbesar sepanjang sejarah NKRI). Toh lengkap, ada zikir dan shalawat, ada pembimbing lapangan juga bagai muthawif. Plus ada sedikit desak-desakan karena ramainya massa, hehe.
  • Yang nggak ada cuma Melempar Jumrah. Wah, bahaya nih kalau sampai ada lempar-lemparan dalam Aksi 212. Hehe.

“Ah, hanya orang-orang tolol yang hadir di situ. Buih!” tukas si hater. Oya? Bukankah presiden, menteri, kapolri, dan panglima turut hadir, selain kyai-kyai dan habib-habib? Hehe, tololkah mereka? Nggak dong. Mohon maaf, saya pun bisa menunjukkan doktor-doktor (S3) dan miliarder-miliarder yang juga hadir, yang insya Allah jauh lebih cerdas dan jauh lebih kaya daripada dirimu wahai hater. Catatlah, mereka itu gelombang, bukan buih.

Manakala umat tidak memegang media dan kekuasaan, yah mau gimana lagi. Terpaksalah Aksi 212 dan 411 digulirkan. Ter-pak-sa. Namun, bagaimanapun juga keberhasilan ini, kita harus menjauhkan diri dari sikap ujub dan riya. Kembalilah fokus pada tujuan utama. Semoga Allah memudahkan tercapainya tujuan utama ini. Aamiin.

aksi-bela-islam212

aksibelaislam-212

Versi Inggrisnya ini :

It was heroic, Action 212 action outnumbered the Action 411

Ippho Santosa :  2 million or 4 million people?

As the tagline indicated, Action 212 was truly conducted peacefully or super peacefully. In fact Action 411 was indeed also very peaceful. It was not easy at all considering each action reached more than 2 million people (please check Google earth). It was crowded yet peaceful.

It was a dignified action. You may compare it with any other demonstrations in the world history, including in those developed countries that claimed themselves as more democratic. Were they as crowded and peaceful as this one? The Chief of Police of the Republic Indonesian also admitted that not even a single tree fell down. Public Sanitary Department amazed on how neat it was.

Channeling the mass’ aspiration has been always associated with violence and unrest. Those Action 212 and Action 411 completely changed the mindset perception. It was crowded yet peaceful. Orderly. Mental revolution (mindset changing) occurred here.

Furthermore, “Nawacita”, Indonesian values such as security, democratic, local involvement, respect for diversity and social restoration have been embraced by this Action 212.

Imagine, over 4 million people gathered in Monas – National Monument – and it surroundings. When they dismissed, the garbage also ‘dismissed’ or clean. So many people were vying to collect garbage. It was a social restoration. Our people have been known as ignorance to garbage, isn’t it? Not to mention those people who distributed food for free. It was like Nabawi and Masjidil Haram.

It was heroic, Action 212 action outnumbered the Action 411. Even though there was a fatwa of haram (forbidden) from a public figure, a fatwa of bid’ah (innovation) from a scholar, a stigma of treason, dropping leaflets from helicopter, transportation boycott by police, it was still booming. People overflew up to Istiqlal, Thamrin as well as Tugu Tani. More than 4 million people.

It was more exciting, no politician were given a space on the stage. And a little miracle occurred. When the committee began to worry that people would be dehydrated, fatigue and no enough water for ablution (wudhu), suddenly there was a surprise: it rained in the minutes before Friday prayer. O Allah, You are indeed the Best Planner.

“Get you! You got caught in the rain!’ the haters said. They were not aware that In shaa Allah : Friday + Rain + Masses = Dua is being accepted.

In fact Ustadz Arifin Ilham prayed on the stage to have rain as the sign of the prayers being accepted. Even though it rained, people did not move. I believe the story would be different if it were political campaign or musical concert where people would dismiss if it rained.

Please check Surah Anfal 11, this kind of rain falls to refresh the body and strengthen the position. Similar kind of rain fell during the Badar war, right?

During Isra Miraj, when Prophet Muhammad met the Angel who is knowledgeable about rain (please check Al Mustadrak Syeikh An-Nuri vol 5), he even counted the numbers of rain drops from the first human to the last!

Do you kno what the angel’s weakness? He was not capable of counting the numbers of reward (pahala) given during the gathering of Prophet Muhammad’s followers in a place and mention the name of Prophet Muhammad! Ma Shaa Allah, it did occur during Action 212, right?

Therefore, some scholars described:

  • Action 411 was like Sa’i, walking and running slowly.
  • Action 212 was like Wukuf, sitting down silently without moving a lot.
  • It is arguably, both actions are similar to the biggest manasik haji (at the same time the biggest group of Friday prayers of the Indonesia history). It was complete, there were field supervisors just like muthawif, plus a bit of stampede due to large numbers of masses.
  • What we didn’t have was throwing pebbles (jumrah). Gee, it would be dangerous if people threw one another in the Action 212, hehehe.

“Ah, only the fools who attended the event,” the haters said. Really? Apart from the scholars and habib, wasn’t it that President, ministers, chief of police and commander were present there? Hehehe. Are they fools? Of course not. My apology, I can show doctors (PhD) and billionaire who attended. In shaa Allah they are far more intelligent and far richer than you are, O haters.

We, ummah, do not own media and power. We were forced to conduct Actions 212 and 411. We have to. However, despite the success of the event, we have to keep ourselves away from ‘ujub’(arrogant) and ‘riya’ (showing off). Focus to the main objective. May Allah help us to achieve the main objective. Amien.

If you are a muslim, you’d better write this kind of article. Do something. So that the world is aware of how heroic the action was. Otherwise, please share this article if you have not been able to write. Yes, please share. Salam from me, Ippho Santosa (No.1 Mega-Bestselling Author from Indonesia).

Sumber : https://www.facebook.com/MotivatorIppho/photos/pcb.1334312853277580/1334312733277592/?type=3

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme