Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

RIP DMOZ: The Open Directory Project is closing

DMOZ dihapus, Gak tau kenapa Open Directory Project atau yang sering disingkat ODP ini dihapus. Direktori populer yang nama domain aslinya Dmoz = Directory.mozilla.org ini tanggal 14 Maret DMOZ telah resmi ditutup setelah hampir 19 tahun manusia mencoba untuk organize the web resmi ditutup. Padahal DMOZ dikenal sebagai sebuah direktori konten terbuka multibahasa dari World Wide Web yang setiap blogger pasti ingin terdaftar linknya disana.RIP DMOZ: The Open Directory Project is closing

RIP DMOZ: The Open Directory Project di TUTUP, Tetapi peraturan DMOZ yang super ketat karena yang meng-Approve bukan mesin seperti google tetapi langsung editor DMOZ yang suka rela menyeleksi tiap situs yang mau di daftar di DMOZ. DMOZ yang berdiri sejak bulan Juni 1998 sebagai “GnuHoo,” dengan cepat berubah menjadi “NewHoo,” yang merupakan saingan dari Direktori Yahoo pada saat itu. Yahoo telah menghadapi kritik sebagai situs direktori terkuat selama ini.

baca juga :

Saying goodbye to Content Keywords

Walaupun pernah terjadi peraturan yang super ketat itu hanya berlaku bagi orang luar sedangkan editor DMOZ bebas mensubmit situs mereka. Telah ada dugaan yang mengatakan bahwa editor sukarela ODP membuat keringanan bagi diri mereka sendiri yaitu mengirim dan menerima situs mereka sendiri, sedangkan orang lain harus bersaing dengan ketat untuk bisa terdaftar di situs mereka di ODP. Baca : Perdebatan dan kecaman DMOZ

Walaupun staf editor ODP dan editor meta telah meluruskan dugaan itu. Editor yang mempunyai kekuasaan untuk mendisiplinkan editor sukarela. Perdebatan kembali saat editor dicurigai kembali melakukakan hal yang sama pada 2003. Sehingga dikeluarkanlah fitur baru Public Abuse Report System oleh ODP sehingga masyarakat umum diperbolehkan umum untuk melaporkan dugaan-dugaan dari perbuatan yang dilarang bagi editor lewat sebuah formulir online tersebut.

Baca juga :

Bingung Cari Hosting Anti Suspend, ANti Banned ?! ini Solusinya

Ternyata sebuah perdebatan kembali mencuat, kali ini pada situs web forum diskusi internet bernama Webmaster mainstream, mengenai bug pengiriman situs web pada kategori-kategori di ODP yang bisa dikirimkan secara tak terbatas. Meskipun ODP telah menjelaskan secara jelas mengenai kebijakan situs ODP yang hanya memperbolehkan satu situs individu hanya boleh dikirimkan pada hanya satu kategori, Namun dugaan itu terbukti terjadi, setelah pada Oktober 2007, Topix.com, sebuah situs pembaca umpan berita yang dibuat oleh Rich Skrenta yang juga pembuat ODP, mempunyai 10.000 halaman yang terdaftar pada banyak kategori di ODP.

Terlepas dari perdebatan dan kecaman yang pernah melanda situs DMOZ ini, sungguh disayangkan jika situs yang sepopuler ini harus ditutup. Biasanya pedagang Domain akan melampirkan sumber backlink yang ada di DMOZ jauh lebih tinggi tarif harganya dibanding yang tidak terdaftar. Ini membuktikan bahwa backlink dari DMOZ sungguh kuat dan berpengaruh. Belum lagi para master seo biasanya mensubmit wwebnya di situs ini agar lebih bagus kualitas backlinknya.

Baca :

Cara Menang KONTES SEO : NEWBIE VS MASTER

RIP DMOZ : The Open Directory Project is closing semoga penggantimu bisa lebih bagus dan tidak super ketat heheh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme