Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Yuk Simak 10 Manfaat Ngeblog bagi Pelajar

Jika artikel terdahulu saya hanya menuliskan setidaknya 10 manfaat blog bagi guru tidak terlepas juga manfaat blog bagi sekolah dimana tempat guru blogger tersebut bekerja. Seperti saya sendiri sebagai guru di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.

Manfaat blog dalam pembelajaran online sudah pasti jika blog guru dikelola dengan baik oleh guru yang bersangkitan dan keaktifan siswa dalam mengikuti instruksi pembelajaran pastinya.

ngeblog pelajar

Masih banyak yang belum mengetahui tujuan ngeblog sebenarnya. Jika ditanya para blogger apa tujuan ia ngeblog pasti tidak terlepas dari sarana ajang hobby, gengsi, dan untuk mendapatkan finansial secara online.

baca juga :

  1. Cara Membuat Blog
  2. 12 Cara Membuat Blog Jadi Penghasilan Online

Manfaat Ngeblog bagi Pelajar atau Siswa

#1. NgeBlog Mengaplikasikan Literasi Online

Dunia pendidikan saat ini sedang gencar dengan istilah literasi sekolah. Apalagi ketika kurikulum 2013 di gulirkan. Dengan ngeblog maka dengan sendirinya siswa atau pelajar tersebut sudah mengaplikasikan literasi secara online. Sehingga amanat kurnas 2013 secara otomatis terlaksanakan.

#2. NgeBlog sebagai Sarana Mengasah Kreatifitas

Jika seorang pelajar menulis apa saja di blog pasti membutuhkan ide tulisan. Oleh karena itu, dengan ngeblog secara tidak langsung dapat meningkatkan kreativitas seorang siswa / pelajar saat menulis di blog. Terciptanya sebuah ide tulisan baik dari pengalaman maupun dari materi pelajaran dari guru atau sekolah. Semakin sering menulis maka keterampilan berpikir dan menulis semakin terasah baik tentunya.

#3. NgeBlog Sarana Dokumentasi Pelajar

Dengan ngeblog akan mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Baca Teknik dokumentasi video.

Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan, sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang mereka berhasil dokumentasikan.

#4. NgeBlog Menjadi Diary Online Pelajar

Sudah tidak asing lagi jika pelajar zaman dahulu selalu menuliskan unek-unek atau pengalaman hidupnya kedalam sebuah buku diary. Nah, ngeblog untuk saat ini menjadi sebuah diary online yang bisa dituliskan pelajar dalam kehidupannya, Selain tempat menumpahkan ide atau pelajaran. Ngeblog ini bisa dijadikan sebagai sebuah buku catatan online yang bisa dibaca semua orang. Siapa tau bisa terkenal seperti sang penulis blogger emak-emak dengan judul : My Stupid Boss yang sekarang diangkat kelayar lebar kisahnya dengan judul yang sama.

#5. NgeBlog Menjadi Sarana Penyaluran Hobby

Bagi pelajar yang suka produk teknologi, ia bisa menyalurkan hobinya dengan membaca dan menulis tentang produk teknologi tersebut. Apakah itu software atau hardware. Ia bisa membuat blog yang bertema sesuai hobinya.

Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni, kriya elektronika atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya menunjang bakat dan minat siswa.

#6. NgeBlog Menjadi Sarana Belajar Mandiri

Pelajar yang sering ke Internet sebenarnya jika tujuannya untuk menggali informasi ataupun materi pelajaran maka sebenarnya pelajar tersebut sudah belajar secara mandiri. Hanya saja jika tidak diatur waktunya maka akan terjebak pada kesibukan bermain online. So, Ngeblog harus ada niat untuk mendatangkan manfaat ya ?!

Ngbelog Belajar Mandiri

Istilah pembelajaran online sebenarnya cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswaMisalnya seorang guru memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.

#7. NgeBlog sebagai Sarana Penghasilan Online

Sebagai manfaat penghasilan online ngeblog bukan hanya untuk pelajar tetapi guru juga. Bagi siswa mencari uang jajan tambahan. Siapa tahu ketika tulisan di blogger tersebut memiliki banyak pengunjung maka  akhirnya blog juga dapat digunakan untuk mencari uang secara online oleh siswa. Bagaimana caranya ?! bisa dibaca artikel saya terdahulu tentang Cara Membuat Blog Jadi Penghasilan Online. Contoh kecil, Pelajar dapat menempatkan iklan di blognya, atau memasarkan produk yang anda miliki untuk dijual di blog. Jadi intinya anda jadikan sebuah blog menjadi tempat berjualan secara online.

#8. NgeBlog Menambah Konten Positif di Internet

Istilah Internet positif dan internet sehat tidak terlepas dari peran pelajar saat ngeblog. Pelajar sebagai remaja, penuh rasa ingin tahu dan ingin mencoba. Internet menyediakan segalanya. Jika online untuk hal-hal tidak perlu, tentu sama saja membuang masa muda. Apalagi jika membuka situs situs tertentu. Nah, menjadi blogger berarti pelajar harus berusaha mengepost blognya. Ia akan fokus mengelola blognya dan mencari bahan yang relevan untuk konten blognya.

#9. NgeBlog Media Aktualisasi Diri

Bagi seorang guru ngeblog semakin menambah prestice sebagai seorang guru yang memiliki situs pribadi. Begitu juga kehadiran blog bagi siswa juga bisa menjadi aktualisasi dirinya sehingga dikenal orang lain. Apalagi para pelajar remaja, pada dasarnya ada hasrat aktualisasi dirinya yang tidak tersalur. Dengan blog, Seorang pelajar tidak mesti menulis namanya di tembok atau meja kelas. Cukup memberi alamat blognya. Ia sudah mampu mengaktualisasikan dirinya bukan pada orang yang duduk dimeja. Atau orang yang baca tulisan ditembok sambil menyumpahi. Tapi melalui dunia maya yang luas dan positif

#10. NgeBlog Sarana Memperluas Pergaulan Pelajar

Dengan blog pelajar akan dapat menemukan teman baru. Apakah itu di dunia maya, atau bahkan dari sekolah lain. Perkembangan dunia teknologi telah menjadikan berbagai hal/kegiatan, menjadi serba online. Mulai dari berjejaring sosial, berburu berita, mencari berbagai hal (musik, ebook, video, gambar, sofware dll), hingga media bisnis, belanja online, dan lain sebagainya. Yuk Gabung di Group Belajar Elektronika Online.

Di zaman dahulu, pergaulan remaja terbatas. Paling, dengan tetangga atau dekat rumahnya. Sekarang, di zaman modern pergaulan semakin luas menembus jarak. Modelnya, lebih pada hobi. Misalnya anak motor, anak band, anak pecinta alam dan seterusnya. Tentu blogger punya komunitas. Seorang pelajar yang menjadi blogger, akan berpeluang besar bergaul sesama blogger senusantara. Dengan itu, ia punya lebih banyak teman dan bisa berbagi pengetahuan.

Anda dapat berbagi di blog. Sehingga teman atau orang lain dapat melihat apa yang telah Anda pelajari. yang pasti akan lebih menguntungkan, karena itu merupakan sebuah pahala karena anda telah berbagi.

Nah, ternyata ngeblog bukan hanya bermanfaat bagi guru tetapi juga bermanfaat bagi pelajar. Yuk ngeblog dan nikmati hari-hari mu…

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme