Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara membuat Speaker Biasa menjadi Speaker Bluetooth Sederhana

Guru Elektronika – Sebenarnya saat ini dengan adanya berbagai komponen portabel yang bisa memberikan sarana bluetooth seperti generic usb bluetooth audio dongle dengan sedikit kombinasi dengan perangkat hp android maka bisa memancarkan sinyal audionya ke bluetooth receiver untuk speaker aktif biasa. Bagi pemilik gadget seperti android fasilitas blutoth pasti sudah tersedia. Nah, daripada beli speaker bluetooth yang berkualitas dengan merk ternama plus pastinya harga lumayan mahal.

So, solusinya bagaimana kalau modif speaker kita menjadi speaker bluetooth sederhana dari speaker biasa dengan menjadikan android sebagai speaker bluetooth. Dengan mengubah speaker lama kita menjadi speaker bluetooth kita telah mengurangi pengeluaran kantong untuk membeli speaker bluetooth pastinya !? Tahu sendirikan harga speaker bluetooth, Nah apa saja yang dibutuhkan ?!  Cukup pasang saja  bluetooth audio adapter  pada speaker jadul kita. Yuk simak cara membuat rangkaian bluetooth..

Logitech Bluetooth Audio Adapter

Logitech Bluetooth Audio Adapter, Perangkat ini banyak di pasaran Indonesia dengan beberapa jenis. Sering juga disebut bluetooth receiver oleh pengguna bluetooth. Dengan audio adapter ini kita bisa mengubah speaker biasa menjadi speaker bluetooth.

Prinsip logitech bluetooth audio adapter ini adalah sebagai penerima sinyal audio dari hp android tanpa melalui kabel. Seolah-olah sebagai penerima wifi dan diteruskan ke perangkat suara yaitu speaker. Jadi sumber bunyi nantinya tidak terhubung secara kabel untuk mem-PLAY-kan musik ke speaker alias seperti wireless.

Logitech-Bluetooth-Audio-Wireless-Speaker-Adapter-Receiver-New-version

Adapter bluetooth ini dibandrol mulai Rp. 300.000,- sudah dilengkapi dengan port AUX jack 3.5mm dan RCA. Cara pakainya sangat mudah cukup hubungkan saja speaker jadul Anda dengan Logitech Bluetooth Audio Adapter yang kita beli tadi melalui kabel AUX atau RCA. Kabelnya sudah satu paket tersedia. Tekan tombol bluetoothnya, kemudian pair dengan perangkat Android atau vivo smartphone terbaru lalu mainkan musik favorit Anda dari sana, jadi deh rangkaian bluetooth sederhana.

TP Link HA100 Bluetooth Music Receiver

Nah, ada lagi alternatif pilihan bagi Anda yang bermasalah dengan harga Logitech Bluetooth Audio Adapter yang lumayan mahal. TP Link HA100 Bluetooth Music Receiver adalah pilihan lainnya dengan harga dibandrol sekitar  Rp. 200.000,-an telah dilengkapi fitur koneksi NFC yang mirip dengan Logitech.
TP Link HA100 Bluetooth Music Receiver

Generic Usb Bluetooth Audio Dongle

Mau mencari adapter generic yang lebih bersahabat dengan kantong ?? generic usb bluetooth audio dongle paling low price. Harganya sekitar Rp. 40. 000 – Rp. 90.000.- Dengan bentuk yang mungil seperti flashdisk ini mampu menerima sinyal dari berbagai perangkat android ataupun iPhone yang mengirim music. Tidak perlu ribet dengan rangkaian bluetooth speaker. Kenapa disebut generic !? Karena kebanyakan tak bermerk sob, namun ada juga beberapa yang diberi merk khusus (misalnya DMZ music).

Adaptor bluetooth generic tersebut umumnya berbentuk seperti flashdisk USB dan tidak dilengkapi dengan power supply (bisa pakai kepala charger hp Android atau port USB PC/laptop). Port yang tersedia hanya 3.5mm saja (bisa diakali dengan kabel 3.5mm to RCA bila speaker Anda tidak memiliki port 3.5mm).

Yuk Langsung aja liat langkah-langkah buat speaker biasa jadi speaker bluetooth kreasi kamu..

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

speaker biasa jadi spk bluetooth

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme