Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Merakit Led dengan Tegangan 12Volt

Banyak yang bertanya bagaimana untuk menghubungkan led yang bertegangan rendah antara 1.5V s/d 3.5V sesuai dengan warna lampu led pastinya kesebuah tegangan power supply baik berupa baterai sepeda motor, baterai otomatis atau baterai Asam / Timbal.

Mungkin karena harga lampu led dc 12 volt lumayan mahal makanya banyak para pakar elektronik untuk membuat lampu led dc murah sehingga lampu led 12 volt untuk rumah semakin dibutuhkan masyarakat awam. Muncul banyak ide bagaimanacara merangkai lampu led dengan aki seperti ulasan kita berikut ini.

Jika kamu bisa mengembangkan prinsip dari ulasan lampu led 12 volt ini maka kamu bisa mengembangkan ide lain seperti lampu sorot led 12 volt ataupun membuat rangkaian led 12 volt super terang. Pasti bisa..

Nah artikel kali ini kita akan memberikan sedikit solusi dengan rangkaian lampu led dengan resistor pada tegangan 12V yang merupakan voltase yang sering kita gunakan seperti pada sepeda motor. Sebelumnya kita sudah membahas lampu led dengan tegangan 9 volt.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa lampu led dapat dibagi menjadi dua kategori besar yaitu :

Berdasarkan warna : yang pertama memiliki drop tegangan sekitar 2V dan merupakan bagian dari warna merah, kuning, oranye dan sebagian besar warna hijau.

Berdasarkan dengan voltase antara 3V dan 3.7V adalah LED biru, putih dan beberapa model hijau. LED kecerahan tinggi yang paling umum beroperasi dengan benar dengan arus sekitar 20mA, memiliki diameter 5mm dan transparan.

Jumlah lampu LED yang dihubungkan secara seri sebenarnya mempunyai prinsip pembagi tegangan. Sehingga untuk membagi tegangan agar tegangan yang mengalir pada lampu led sesuai dengan ketentuan led tersebut dibutuhkan resistor agar jatuh tegangan dari suplai dibagi ke resistor yang dihubung secara seri pula.

baca juga :

Cara Membuat Led Flip-Flop dengan IC 555

Berapa besar resistor yang akan diserikan dengan lampu led yang akan dihubungkan kesebuah catu daya 12V ?? dapat dilihat dari berbagai rangkaian yang ada di bawah ini sesuai dengan warna lampu led. Dengan voltase suplai 12V memungkinkan kita menghubungkan beberapa LED secara seri seperti yang dapat Anda lihat dalam gambar (sampai 3 LED biru atau putih dan sampai 4 LED merah, hijau atau kuning) kinerja dan penyederhanaan koneksi karena hanya membutuhkan satu resistor yang dihubung secara seri.

Contoh yang saya berikan dengan LED hijau mengacu pada model dengan voltase sekitar 2V. Ada beberapa model kecerahan tinggi yang membutuhkan voltase yang serupa dengan LED biru (mungkin terbuat dari bahan serupa).

Dalam kasus LED hijau ini, Anda dapat menggunakan resistor yang ditunjukkan untuk LED biru. Untuk memverifikasi karakteristik jenis LED yang ingin Anda gunakan, saya menyarankan metode yang saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Seperti pada artikel sebelumnya, rangkaian tersebut merupakan rangkaian yang telah diuji dan mengukur arus dengan nilai resistansi yang ditunjukkan pada gambar melalui pengukuran multitester.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme