Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Merakit Led dengan Tegangan 9 Volt

Mengenal lampu LED (Light Emitting Dioda) – Dunia led semakin berwarna – warni, lihat saja ada banyak lampu penerang rumah berbasis led. Ini membuktikan bahwa led sungguh dianggap sebagai lampu hemat energi sehingga harga lampu led untuk penerangan rumah biasanya lumayan mahal.

Artikel seri rangkaian elektronika dasar masih seputar komponen elektronika yaitu seluk beluk Led. Penjelasannya di usahakan sesederhana bagaimana menghubungkan LED umum dengan kecerahan tinggi (20mA) ke berbagai power supply dan baterai yang berbeda.

Tegangan Lampu Led berdasarkan Warna

Banyak pertanyaan seperti berapa volt lampu led putih? Sebelum memulai, sangat penting untuk mengetahui voltase LED yang akan kita gunakan. Biasanya led merah memiliki tegangan sebesar 1.8V, warna putih dan biru antara biasanya 3V dan 3.7V, yang kuning umumnya 2V sedangkan yang berwarna hijau bisa mencapai 2V namun ada juga yang bertegangan 3.5V.

Untuk memastikannya mari kita mengukur voltase led secara langsung agar tidak meragukan. Cara yang paling sederhana adalah dengan baterai 9V dan resistan 1Kohm dan 1/4 Watt atau bisa juga 470 ohm.
Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan:

LANGKAH 1: Identifikasi kaki LED

Untuk mengidentifikasi polaritas sebuah led bisa dilihat dari gambar diatas. Kaki terpendek biasanya sebagai kaki katoda atau negatif. Sedangkan yang panjang adalah kutub positif atau anoda. Cara lain adalah dengan melihat bahwa di lingkar led, ada bagian kanan (ditunjukkan sebagai “tanda”), ini adalah negatif. Cara identifikasi ini bekerja untuk semua LED 3mm dan 5mm.

baca juga :

Cara Membuat Rangkaian Papan Nama Berjalan

LANGKAH 2: Kami menyiapkan rangkaian uji

Begitu kita tahu mana kaki yang positif dan negatif selanjutnya kita menghubungkan dengan sebuah resistor sebesar 470 ohm secara seri dengan kutub positif sebuah baterai yang bertegangan V. Sedangkan yang kaki negatif led disambung menghubungkan ke baterai negatif seperti yang dapat Anda lihat pada gambar diatas. LED harus menyala.

LANGKAH 3: Siapkan tester

 

Untuk mengukur nilai tegangan led kita akan menggunakan multitester baik yang analog maupun digital. Dalam pengujian ini kita memilih untuk mengukur tegangan DC dalam skala 20V seperti yang dapat kita lihat di gambar.

LANGKAH 4: Mengukur Tegangan

Lakukan pengkuran dengan posisi tegangan dc di kaki masing-masing mengarah yang ingin kita gunakan seperti yang terlihat pada gambar dan perhatikan nilai yang ditampilkan multitester tersebut.

Begitu kita tahu besar tegangan led maka kita bisa melakukan percobaan seperti gambar di bawah ini untuk menghubungkan beberapa led sesuai kebutuhan. Gambar modifikasi lampu led agar bisa dihidupkan dengan tegangan 9 volt ini bisa juga dengan 12 volt dengan mengubah beberapa resistor. Tunggu lanjutannya..

Contoh koneksi LED biru atau putih ke baterai 9V

Contoh koneksi LED merah atau kuning ke baterai 9V

Nah jika kamu sudah memahami seluk beluk rangkaian led dengan tegangan 9 volt maka kamu bisa berkreasi untuk membuat lampu hemat energi dari bahan led. Tinggal melakukan kombinasi led yang di seri-paralelkan seperti gambar keterangan diatas.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme