Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Yuk Rakit Mini Microphone Paling Simple

Rangkaian mikropohe elektronik berikut ini paling sederhana dengan komponen yang sedikit dan harganya relatif murah. Bisa menggunakan dari headset bekas jika mic kondenser tidak ada dijual. Cara membuat mic karaoke ini sungguh sederhana tetapi kualitas teruji sangat bagus jika di inputkan ke sebuah amplifier yang berdaya besar.

Rangkaian ini sudah ada di buku saya berikut ini :

Buku Kriya Elektronika

Sebenarnya banyak alternatif cara membuat microphone dari barang bekas walaupun demikian microphone lebih peka dibanding mic kondenser biasa. Prinsip kerja micropon adalah alat pengubah gelombang suara menjadi gelombang elektronik berupa sinyal listrik.

Dengan rangkaian micropone sederhana di bawah ini gelombang suaramu akan di ubah menjadi sinyal-sinyal listrik yang kemudian di keluarkan melalui leadspeker.

rangkaian mikropon sederhana

Alat dan bahan yang di perlukan :

  1. Mic Condenser ; 1 buah
  2. Resistor 1 K ; 1 buah
  3. Elco 1 uF/50V ; 1 buah
  4. Baterai kecil 1,5V ; 1 buah
  5. Jack input ke Amplifier (plastik) ; 1 buah
  6. Kabel head secukupnya
  7. Timah,
  8. Solder,
  9. Toolset

bahan komponen mikropon sederhana

Untuk merakit sebuah rangkaian mic sangat sederhana bisa langsung di kerjakan dengan melihat rangkaian diatas. Masing-masing kaki komponen langsung dihubungkan tanpa menggunakan layout pcb karena komponen utamanya hanya 4 buah.

Lengkapi rakitan kamu dengan Mari Merakit Rangkaian Lampu Disko 5 Watt.

Perlu diingat dan diperhatikan bahwa mic yang akan dirakit ini adalah microphone yang bersifat mono. Kemudian saat melakukan penyolderan untuk kaki mic kondenser usahakan jangan terlalu lama. Condenser mic sangat sensitif dengan panas jika terlalu panas bisa mengakibatkan mic kecil itu akan terbakar alias rusak.

Kebanyakan praktik yang dilakukan sering rangkaian tidak work akibat penolderan mic yang kepanasan. Belum lagi kedua kaki mic ini terlalu rapat sehingga dibutuhkan perhatian khusus saat menyolder kabel di kaki komponen mic ini.

Nah, Jika selesai penginstalasian komponen sesuai dengan rangkaian diatas kamu bisa langsung menguji coba dengan mencolokkan ke sebuh amplifier. Cek, cek, cek… siap mulailah berkaraoke dengan mic sederhana mu…

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme