Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara manual Menentukan Sudut Elevasi Kemiringan Parabola

cSebenarnya untuk menentukan kemiringan sebuah parabola sehingga bisa menerima sinyal dari satelit pemancar banyak caranya. Ada yang menggunakan rumus atau tinggal mengikuti panduan manual book yang disediakan. Tetapi bagi para teknisi yang sudah malang melintang dalam pemasangan parabola baik yang baru mupun bekas, baik yang menggunakan satu lnb atau dua, baik lnb hotel ataupun lnb biasa cukup dengan menggunakan ruas jari menentukan sudut kemiringan parabola tersebut.

Dalam menentukan arah parabola ke satelit kita harus mengetahui posisi parabola satelit palapa d. Sebelum memasang cara pasang parabola jaring ada baiknya lihat kerataan tiang parabola mulai dari atas dan samping pastikan tiang tidak goyang yang sebelumnya sudah tahu cara pasang parabola 2 lnb. Ini bertujuan agar tiang benar-benar tegak lurus sehingga saat melakukan penyetelan tidak ada lagi masalah pada tiang parabola.

Pasang antena atau payung parabola lalu perhatikan bagian bawah parabola yang terdapat AS/poros harus mengarah ke posisi satelit parabola dari timur ke barat tentukan dengan kompas jika ada bisa juga melihat arah matahari terbit atauun tenggelam. Jika sudah pas lalu kencangkan baut dengan kuat dan tak usah diubah-ubah.

Untuk lebih jelas bisa dilihat dari video tutorial pemasangan kemiringan parabola dengan cara manual.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme