Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Merakit Rangkaian konversi bilangan biner menggunakan IC 7447 bcd to 7 segment

Materi ini sebenarnya lanjutan digital dasar. Setelah materi konversi bilangan biner ke desimal dengan metode harga tempat atau BCD 8421. Dalam praktik dasarnya untuk mengubah bilangan nol, satu biner tersebut dihubung ke sebuah display 7 segment melalui sebuah counter IC 7447.

Dari praktik sederhana ini kita bisa dengan mudah mengaplikasikan bentuk bilangan biner menjadi bilangan desimal. Dengan 4 buah saklar geser yang bersifat sebagai harga tempatnya atau BCD 8421 nya maka akan tampil sesuai dengan tabel kebenaran harga tempat tersebut.

Saklar geser yang ada ini akan bernilai Nol jika di geser kebawah dan bernilai satu jika digeser keatas. Dengan prinsip ini menggunakan BCD 8421 akan lebih gampang mengkonversi bilangan biner menjadi bilang desimal. Prinsip ini juga hanya bisa menampilkan angka 0 sampai dengan 9 seperti gambar tabel dibawah ini.

tabel harga tempat bcd 8421

Untuk mengubah bilangan biner dalam sandi BCD 8421 kedalam bilangan desimal yang akan ditampilkan oleh sebuah penampil seven segment (7 segment display). Penampil 7 segmen ini terdiri dari 7 buah segment yang diberinotasi dengan huruf a, b, c, d, e, f, dan g.
Rangkaian IC 7447 with 7 segment

Bisa juga ditonton hasil perakitan yang telah jadi mengenai rangkaian konversi bilangan biner menggunakan IC 7447 bcd to 7 segment di bawah ini dengan seksama. Dari video tersebut di praktikkan cara menggunakan rangkaian ini dalam menerapkan tabel kebenaran tentang bcd to 7 segment.

Tabel Kebenaran bcd8421 to 7 segment

tabel kebenaran bcd to 7 segment

Secara teori begini :

IC 7447, merupakan IC TTL  Decoder BCD to 7 Segment. IC ini berfungsi untuk mengubah kode bilangan biner BCD (Binary Coded Decimal) menjadi data tampilan untuk penampil/display 7 segment  yang bekerja pada tegangan TTL (+5 volt DC).

  • Jalur input data BCD, pin input ini terdiri dari 4 line input yang mewakili 4 bit data BCD dengan sebutan jalur input A, B, C dan D.
  • Jalur ouput 7 segmen, pin output ini berfungsi untuk  mendistribusikan data pengkodean ke penampil 7 segmen. Pin output dekoder BCD ke 7 segmen ini ada 7 pin yang masing-masing diberi nama a, b, c, d, e, f dan g.
  • Jalur LT (Lamp Test) yang berfunsi untuk menyalakan semua led pada penampil 7 segmen, jalur LT akan aktif pad saat diberikan logika LOW pad jalut LT tersebut.
  • Jalur RBI (Riple Blanking Input) yang berfungsi untuk menahan sinyal input (disable input), jalur RBI akan aktif bila diberikan logika LOW.
  • Jalur RBO (Riple blanking Output) yang berfungsi untuk menahan data output ke penampil 7 segmen (disable output), jalur RBO ini akan aktif pada sat diberikan logika LOW.

Dalam aplikasi decoder, ketiga jalur kontorl (LT, RBI dan RBO) harus diberikan logika HIGH dengan tujuan data input BCD dapat masuk dan penampil 7 segmen dapat menerima data tampilan sesuai data BCD yang diberikan pada jalur input.

IC 7447 biasanya dipasangkan dengan 7 segment common anode. Hal ini dikarenakan output untuk IC 7447 berlogika low.

Okey deh, berikut ini bahan untuk rangkaian seven segment menggunakan ic 7447 bcd to 7 segment diatas yang sudah kita jelaskan panjang kali lebar hehe..

saklar geser

saklar geser (4 buah)resistor

resistor 270 Ohm (7 buah)ic 7447

ic 7447
7 segment display common anode

7 segment display common anode

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme