Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

SEOTODIDAK, Mungkin Sebutan Untuk Portal Guru Elektronika

Sebenarnya jika ditanya darimana ane belajar SEO ?? jawabnya dari kontes seo yang pernah ane geluti beberapa tahun yang lalu. SEOTODIDAK, mungkin sebutan ini cocok buat portal guru elektronika.

Banyak yang menganggap ane jago dalam teknik seo, padahal itu semua ane dapatkan ketika surfing di google ditambah lagi pengalaman bermain dan ikut kontes seo yang kebetulan menang sehingga otak ane berputar, oh ternyata gini ya makanya biar bisa menang….

Berawal bermain kontes seo De Primaterra yang gak disangka-sangka bisa meraih posisi 17 dari 20 pemenang yang diumumkan. Kemenangan itupun hanya keberuntungan karena walaupun menjadi pemenang pada urut 17 bukan berarti artikel lomba seo ane berada di page 2 hahah.. tapi di page 9 kalau gak salah dahulu heheh..

Kenapa bisa begitu ?? wong dipage depannya banyak bukan artikel peserta jadi sampek deh ke page 9 yang kebetulan artikel ane nongkrong disono haha.. Tahun inilah otak ane mulai encer kenapa bisa menang?? dan terus belajar dengan blog para pemenang kotes seo. Mulai dari susunan artikel sampek bentuk template yang mereka gunakan.

SEOTODIDAK

Istilah seo onpagae dan offpage aseli ane gak mudeng, karena latar belakang keilmuwan ane bukan komputer tetapi elektronika jadul karena ane alumni UNIMED tahun 2004. Saat itu ilmu elektronik cetek bangets ditambah lagi dosenya parah.. eh sudahlah.. Bentar lagi hari guru selamat hari guru deh untuk kita semua yang berprofesi sebagai guru hehe..

SEO yang ane pelajari murni otodidak dari Mbah Google

Seotodidak bukan mau sombong atau apalah istilah para blogger yang suka sirik klo bisa naklukin si mbah. Tetapi memang ane belajarnya dari berbagai artikel yang berserakan di penjelajah google.

Sifat ane ya? kalau sudah ingin tau sesuatu bisa susah tidur sebelum yang menjadi penasaran ane itu terpecahkan. Bayangin aja ane sampai tidur larut malam klo sudah penasaran dengan yang berbau blogger. Pernah ane sampek pura-pura tidur waktu istri bagun jam 3 mau sholat tahajjud. Kalau gak bisa disemprot ane karena belum tidur selarut itu. hahahha..

Sebelum ane mengenal seo, sebenarnya ane mau punya blog yang dahulu di zaman ane tahun 2010 itu bergengsi bangets seolah istilah I’m Teacher and I’m Blogger. Kalau guru punya blog itu seolah-olah punya website yang dianggap kebanyakan guru berbayar. Padahal dahulu itu ane menggunakan blogcepot heheh.. alias gratis tis..

Sebenarnya ane berterima kasih sekali dengan rekan guru Ahmad Nur Ramadhan sebagai Inspirator ane ngeblog. Dahulu dia ngeshare blognya di facebook wuis keren bangets, ada kursor yang bergerak-gerak, berputar-putar, tulisan nama yang berapi-api, ada jamnya pokoknya keren bangets pada saat itu.

Jadi awalnya ane ngeblog untuk gensi-gengsian aja haha.. Sebagai seorang guru seperti mimpi bisa ngeblog. Isinya aja kayak diari aja, hari-hari ane nulis pengalaman dan berbagai kenangan yang ane rasakan dalam mengajar maupun dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga kecil ane.

Kemudian berjalannya waktu ane terus ingin tahu bagaimana menghasilkan uang dari internet. Bagaimana mendapatkan penghasilan secara online dari blog ini pertanyaan yang sering ane tanya langsung di pencarian google. Hasilnya, ane ikut berbagai klik iklan yang prinsip kerjanya cukup mengklik iklan yang disediakan dan berjalan beberapa detik kemudian recehan dollar akan mengalir. Dahulu ane pernah ikut salah satunya Incentria dan pernah beberapa kali payout. Elu tau berapa payoutnya ?? $ 1.01 bro .. gak percaya baca deh artikel ane terdahulu yang jadul tentang pengalaman mendapatkan uang dari internet dengan PTC.

Pembayaran ke-2 dari PTC Incentria (Update terbaru sudah ditutup)

Selain itu pernah juga Cashout ke-2 dari EasyHits4U ikut juga PTC Clicksia akhirnya di Tutup kesemuanya klik iklan yang memiliki waktu tertentu. Kemudian ane dikenalkan dengan cara mendapatkan uang dengan memendekan link alias motize links yang sampek sekarang masih ada yaitu adfly. Untuk model kayak gini ane selalu payout setiap tahun menjelang lebaran baru ane payout dari paypal.

Transfer Pembayaran dari Paypal ke BRI Sukses

Nah berjalannya waktu ane terus mencari tahu bagaimana menghasilkan uang dari internet selain klik iklan. Karena kalau cuma klik iklan keriting nih jari untuk klik iklan terus belum lagi paket internet kesedot hehe..

Terdengarlah kabar ada kontes menulis. Nah, dari sini ane ikut bagaimana menulis artikel biar dibayar oleh penyelenggara. Tetapi serapi apapun ane nulis kalau sang juri gak memilih ane tetap gak dapat juara haha.. Ane anggap kontes kayak gini gak fear karena tergantung selera juri masing-masing. Misal jurinya hobby elektronika pasti dia doyan elektronika kalau disuguhi puisi gak bakalan mau hehe.. Begitulah anggapan ane..

Beralih ikut lomba guru menulis di ACER Guraru diKontes ini dibutuhkan sebuah blog yang menjadi sarana interaksi belajar dengan siswa dan dukungan untuk memilih blog tersebut. Guraru Award 2012 ane di gelar karena portal guru pembelajar elektronika online ini terpilih sebagai pemenang penghargaan khusus.

Blog ini Penerima Penghargaan Khusus Guraru Award 2012

Tahun ini ane sebagai guru kreatif yang memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran online sampai ane menulis bukunya. Dikontrak oleh ACER selama satu tahun untuk mengisi dan aktif dalam media sosial milik acer yang dengan misinya : Guru melek IT.

Capek nulis artikel pembelajaran tetapi gak dapat uang karena kontrak sudah berakhir akhirnya berganti haluan. Mencari peluang lain dengan coba-coba ikut kontes seo yang katanya nih jurinya simbah google yang bisa kita lihat langsung siapa pemenangnya. Tinggal pastekan kata kunci yang dilombakan di google pencarian maka akan kelihatan artikel siapa yang nyembul di serp. Nah, ini ane anggap lebih fear karena si mbah gak bisa di sogok pake duit hahah apalagipake kemenyan…

Kontes seo inilah ane banyak belajar dari peserta lain apalagi sang master seo yang sudah menjadi langganan pemenang. Istilahnya silent reader ane selalu mengamati gerak-gerik sang master saat kontes berlangsung. Dari sinilah ane tau bahwa template itu bermacam-maca ada template seo freiendly adan template yang gak seo ada template header dynamic memperhatikan tag, H1, H2, H3 dan seabreg bahasa HTML yang ane mau muntah ngeliat titik komanya hahah..

Selanjutnya ane kebetulan ketemu diserp artikel yang gak ikut lomba tapi ada link si master seo disitu. Ane belum tau yang namanya anchor text yang ane tau link hidup yang klo diklik akan menuju link kita. Nah dari situlah ane terus ngikuti dimana si mastah ini nanam link ane ikut juga disitu, hehe.. yang terakhir diketahui aktifitas itu namanya nyepam hahah..

Dari situ ane buat kesimpulan sendiri berarti harus banyak-banyak masang link di blog lain nih biar bisa menang. Padahala ane gak tau kalau itu namanya blog dummy. Yang penting ane masang link di blog yang ane bisa pasang link sebanyaknya-banyaknya. Tidak cukup disiu, kemudian ane cari tau bagaimana cara mengintip link lawan heheh.. tinggal cek aja di google nanti pasti ketemu ..

Nah, seiring dengan waktu berjalan banyak kontes yang ane ikuti sehingga butuh waktu nyepam yang panjang. Sampai larut malam, kalau dahulu ane klik iklan di PTC sekarang ane nyepam alias seo offpage istilah kerennya. Karena keseringan nyepam sampek tidur kurang besok paginya ngajar lagi, tubuh jadi lemes dan lesu haha… Dan jreng … drop, ane opname di klinik akibat tekanan darah rendah. Bukan sekali bro, beberapa bulan kemudian kembali drop lagi opname hahaha…

Setidaknya ane 2x di Inpus di klinik karena terasa bumi ini berputar hahah.. Istilah kata orang tua, kalau mau pandai naik sepeda musti jatuh dahulu baru siapitu pandai haha…. Nah, jadi apa yang ane dapat sekarang ini bukan seperti membalikkan telapak tangan. Istilah blogger sekarang untuk mendapatkan penghasilan dari Internet cukup punya blogger terus nulis artikel dan dapet duit kkwkwkwk… se simple itu mikirnya.

Sehingga banyak temen yang mau belajar ngeblog nganggep sesederhana gitu, padahal ada 100 jurus yang harus dipelajari yang ane semuanya gurunya si mbah google. Ane bingung lihat kelakuan kids jaman now sudah diajari ilmunya, teknik agar top 1 di google, pelatihannya gratis, ngundang pakarnya lagi dari KIM Medan dan dikasih snack lagi tapi tetap juga otaknya gak jalan.

Kalau ane dahulu buka komputer sampek puluhan newtab tuh di jendela komputer ane. Soalnya belajar sekaligus praktik. tab satu praktik, tap yang lainnya artikel belajarnya. Bisa kebayang gak komputer itu peningnya hahah..

Jadi kesimpulannya, Semua itu butuh proses dan ketekunan. Jadikan hobby jadi penghasilan mulai dari sekarang, Jadi Guru menulislah, menulislah, menulislah yang baik biar disukai pembaca dan jangan lupa pelajari seo biar disukai mesin mbah google. Sekain eh salah sekian..

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme